Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah (studi multisitus di SDBN Kauman I Malang dan SDN Kasin Malang) / Mochamad Salis Hanafi

Hanafi, Mochamad Salis (2019) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah (studi multisitus di SDBN Kauman I Malang dan SDN Kasin Malang) / Mochamad Salis Hanafi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanafi, Mochamad Salis. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah (Studi Multisitus di SDN Kauman I Malang dan SDN Kasin Malang). Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, M.Pd. (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S.sos, M.Pd. Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, prestasi sekolah Kuatnya peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan sekolah yang efektif dan berprestasi. Yang menjadi pokok permasalahan dalam kajian ini adalah bagaimana kepemimpinan kepala sekolah yang efektif menjadi faktor utama dalam meningkatkan prestasi sekolah karena kepala sekolah mempunyai posisi dan peranan penting dalam memelihara dan memperbaiki kualitas sekolah. Kajian tentang sekolah berprestasi menjadi perhatian peneliti karena dengan kepemimpinan yang efektif dapat menciptakan sekolah unggul yang ada dimasyarakat. Penelitian ini difokuskan pada usaha dan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam memberdayakan faktor-faktor pendukung dan upaya mengatasi kendala-kendala dalam meningkatkan prestasi sekolah. Fokus penelitian untuk (1) usaha kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah, (2) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah, (3) faktor-faktor yang mendukung keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah, (4) faktor-faktor kendala kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah, dan (5) upaya kepala sekolah dalam memberdayakan faktor-faktor pendukung dan upaya mengatasi kendala-kendala dalam meningkatkan prestasi sekolah. Pendekatan kualitatif dengan rancangan studi mutisitus yang digunakan dalam penelitian ini dengan kepala sekolah sebagai instrumen kunci. Situs yang menjadi lokasi penelitian ini adalah SDN Kauman 1 Malang dan SDN Kasin Malang. Sumber data penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis data multisitus. Peneliti melakukan pengecekan keabsahan penelitian dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Temuan penelitian serta analisis lintas situs, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kepemimpinan kepala sekolah yang efektif mempunyai ciri-ciri yang sama dengan kepemimpinan transformasional. (2) strategi kepemimpinan yang efektif untuk meningkatkan prestasi sekolah dengan cara memberdayakan seluruh potensi dan sumber daya yang ada disekolah melalui beberapa cara yaitu; (a) optimalisasi proses pembelajaran, (b) memberdayakan dan meningkatkan profesionalisme guru dan karyawan sekolah, (c) memberdayakan potensi siswa, (d) menjalin kerjasama dan kemitraan, (e) melakukan studi banding, dan (f) mengoptimalkan penggunaan fasilitas sekolah. Keenam strategi tersebut dilakukan bersamaan karena ada keterkaitan satu dengan yang lain, misalnya memberdayakan potensi siswa berarti juga memberdayakan potensi guru, fasilitas sekolah, dan optimalisasi pembelajaran. (3) faktor pendukung keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah antara lain adanya (a) Faktor sarana prasarana pendidikan di sekolah yang lengkap dan dikelola dengan baik, (b) faktor siswa yang unggul dan terseleksi serta mempunyai motivasi dan semangat tinggi dalam mengikuti kegiatan akademik dan non akademik, (c) faktor guru dan karyawan yang professional dan berkualitas di bidangnya, (d) faktor lingkungan yang kondusif serta adanya iklim kerja dan iklim belajar yang sehat dan kompetitif, (e) faktor dukungan penuh dari komponen sekolah, dan (f) faktor kerjasama dan kemitraan dengan orang tua, masyarakat, alumni sekolah, sektor bisnis, pemerintah, dan lembaga pendidikan internasional. Beberapa fator pendukung tersebut diberdayakan peran dan fungsinya dalam meningkatkan prestasi sekolah. (4) faktor kendala dalam meningkatkan prestasi sekolah antara lain; (a) siswa yang kurang disiplin di awal pelaksanaan model pembelajaran, (b) belum semua guru mahir dalam melaksanakan pembelajaran berbasis PPK, dan ada guru yang kurang sepaham dengan program kerja sekolah, serta kurangnya tenaga pelatih kegiatan ekstrakurikuler, (c) masyarakat yang kurang sepaham dengan inovasi yang dilakukan oleh pihak sekolah, dan (d) kurang luasnya lahan sekolah. Beberapa kendala tersebut diatasi dengan lebih mengoptimalkan faktor pendukung yang ada. (5) upaya kepala sekolah dalam memberdayakan faktor pendukung dan upaya mengatasi kendala dalam meningkatkan prestasi dilakukan dengan; (a) memberdayakan faktor pendukung dilakukan dengan mengadakan program kegiatan yang lebih aktif, kreatif, dan efektif dalam usaha peningkatan prestasi sekolah, dan (b) mengatasi kendala dalam peningkatan prestasi sekolah dilakukan dengan program Penguatan Pendidikan karakter (PPK), untuk guru yang kurang mahir oleh kepala sekolah selalu diikutkan workshop dan pelatihan agar menambah kemahiran guru, dan untuk lahan sekolah upaya yang diambil dengan menjalin kerjasama dengan pihak pemilik lahan. Penelitian ini memberikan gambaran satuan pendidikan berprestasi beserta kegiatan aktif dari para tenaga pendidik dan siswa. Kedua satuan pendidikan ini dapat dijadikan model dalam pengelolaan satuan pendidikan dasar yang sukses sehingga dapat dijadikan acuan dalam penyelenggaraan pendidikan yang baik dengan mempertimbangkan karakteristik satuan pendidikan misalnya tipe satuan pendidikan, letak geografis, keadaan social ekonomi masyarakat dan potensilainnya. Membantu untuk pengangkatan tenaga pendidik menjadi PNS sehingga meningkatkan kinerja dalam membantu meningkatkan prestasi satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57659

Actions (login required)

View Item View Item