Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pembelajaran guru (studi multi situs di SMP Al-Izzah International Islamic Boarding School Kota Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Kabupaten Malang) / Zumrotul Azizah Chozin

Chozin, Zumrotul Azizah (2019) Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pembelajaran guru (studi multi situs di SMP Al-Izzah International Islamic Boarding School Kota Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Kabupaten Malang) / Zumrotul Azizah Chozin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Chozin, Zumrotul Azizah. 2018. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Pembelajaran Guru (Studi Multi Situs SMP Al-Izzah International Islamic Boarding School Kota Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Kabupaten Malang). Tesis , Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd, M.Si., (II) Dr. Ahmad Yusuf Sobri, S.Sos, M.Pd. Kata Kunci: keterampilan manajerial, kepala sekolah, kinerja, pembelajaran guru Keterampilan manajerial kepala sekolah adalah salah satu di mana bidang kemampuan dalam melaksankan proses pengelolaan dan pengendalian, membuat perencanaan, termasuk juga mengkoordinir terlaksananya program-program sekolah dalam upaya memperbaiki kualitas dari prestasi anak didik baik pada bidang akademik ataupun pada bidang non akademik. Kepala sekolah adalah tenaga pendidik memiliki tanggung jawab menjadi seorang pemimpin dalam suatu lembaga sekolah yang di dalamnya dilaksanakan kegiatan belajar mengajar, juga menjadi tempat antara guru dan murid dalam berinteraksi. Untuk melaksanakan tugas-tugas manajerialnya seorang kepala sekolah memerlukan tiga macam bidang keterampilan, yaitu: konseptual (conceptual skills), hubungan manusiawi (human skills) dan teknis (technical skills). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan keterampilan konseptual seorang kepala sekolah sebagai wujud upayanya dalam meningkatkan seluruh kinerja pembelajaran guru dalam sebuah sekolah yaitu SMP Al-Izzah International Islamic Boarding School Kota Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Kabupaten Malang. (2) mendeskripsikan keterampilan hubungan manusiawi yang dilaksanakan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja pembelajaran guru dalam sekolah di SMP Al-Izzah International Islamic Boarding School Kota Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Kabupaten Malang. (3) mendeskripsikan keterampilan teknis kepala sekolah dalam peningkatan kinerja pembelajaran guru di sekolah di SMP Al-Izzah International Islamic Boarding School Kota Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Kabupaten Malang. Sedangkan pendekatan yang dipakai untuk melaksanakan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data mencangkup 1) wawancara mendalam, 2) observasi partisipan, serta 3) studi dokumentasi. Agar perolehan data yang sudah dikumpulkan lebih dipercaya kemudian dilakukan tehnik keabsahan data ,adapun keabsahan data yang dipakai penulis pada penelitian ini ada tiga cara, yaitu: a).Triangulasi, b). Pengecekan Anggota (Member Checks), c).Meningkatkan ketekunan. Temuan penelitian di SMP Al-Izzah dan SMP Ar-Rohmah meliputi; (1) Kepala sekolah memiliki visi dan misi sebelum menyusun perencanaan sekolah sebagai pengarah untuk mengembangkan beberapa program misalnya Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) juga vii program lainnya. Berdasarkan data hasil evaluasi program yang sudah berjalan dalam pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan. (2) Dalam pengelolaan para pendidik dan staf lembaga pendidikan sebagai upaya pengoptimalan kinerja sumber daya manusia, kepala sekolah telah melaksanakan pembinaan-pembinaan secara bertahap sebagai upaya dalam peningkatkan mutu SDM sekolah. Selain itu kepala sekolah menyediakan fasilitas yang baik untuk pendidik dan tenaga kependidikan dalam peningkatkan kompetensi dirinya dengan mengadakan program pembinaan-pembinaan dalam pengelolaan sekolah, pengembangan dalam kurikulum serta pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang sudah ditentukan dalam tujuan pendidikan nasional. Seorang kepala sekolah juga senantiasa meningkatkan pelayanan belajar yang efektif dan inovatif melalui berbagai cara salah satunya melalui pengembangan perangkat pembelajaran yang terbaru. Selain hal tersebut kepala sekolah juga terus memberikan arahan untuk semua guru terus menerus sebagai upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip kurikulum yang sudah disepakati bersama dalam kegiatan-kegiatan sekolah. (3) Dalam mengelola sumber daya sekolah secara teliti dan tertib, kepala sekolah selalu mengarahkan pengelolaan administrasi pembelajaran guru secara teliti, tertib dan tepat waktu dan dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi guna meningkatkan kegiatan pembelajaran dan juga manajemen sekolah. Berdasarkan hasil penelitian di dua situs yaitu SMP Al-Izzah Kota Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Kabupaten Malang didapatkan beberapa saran untuk beberapa pihak, yaitu kepada: (1) Yayasan Al-Izzah Kota Batu dan Ar-Rohmah Putri Kabupaten Malang, sebagai upaya untuk peningkatan kualitas keterampilan manajerial kepala sekolah, yang dimulai dari tahap penerimaan, penyeleksian dan pelatihan keterampilan manajerial kepala sekolah menuju sekolah bersistem asrama (Boarding School) yang efektif dan berkualitas dan nantinya dapat berimplikasi pada peningkatan kinerja pembelajaran guru; (2) Kepala Sekolah SMP Al-Izzah Kota Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Kabupaten Malang, meningkatkan peran kepemimpinan dan keterampilan manajerial sebagai pemimpin, seperti keteladanan, mengkoordinasi, melakukan pengawasan dan memecahkan masalah, membangun kemitraan, etos kerja, tanggung jawab bersama dalam upaya peningkatan kinerja pembelajaran guru dan tujuan sekolah; (3) Guru SMP Al-Izzah Kota Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Kabupaten Malang, meningkatkan kualitas sebagai guru dengan upaya mengikuti workshop-workshop dan pelatihan-pelatihan keterampilan yang terkait dengan peningkatan proses belajar mengajar yang inovatif; (4) Peneliti lain, disarankan kepada peneliti setelahnya agar dapat melaksanakan penelitian lebih mendalam mengenai keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pembelajaran guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57658

Actions (login required)

View Item View Item