Pengaruh kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa (studi pada 3 (tiga) perguruan tinggi swasta di Kabupaten Jombang) / Erika Mei Budiarti

Budiarti, Erika Mei (2018) Pengaruh kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa (studi pada 3 (tiga) perguruan tinggi swasta di Kabupaten Jombang) / Erika Mei Budiarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Budiarti, Erika Mei. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan, Budaya Akademik, dan Citra Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada Perguruan Tinggi Swasta se-Kabupaten Jombang). Tesis, Program Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. A. Supriyanto, M.Pd, M.Si, (II) Dr. Asep Sunandar, M.AP Kata kunci: kualitas layanan, budaya akademik, citra lembaga, kepuasan mahasiswa Terdapat beberapa aspek yang dapat membuat suatu institusi pendidikan tinggi dapat diterima di masyarakat. Diantaranya yaitu aspek pemberian layanan pendidikan yang berkualitas, terlaksananya budaya akademik yang teratur (baik) dan terwujudnya citra lembaga yang positif. Apabila kondisi tersebut dapat tercapai oleh lulusan/output maka kepuasan atas pemenuhan kebutuhan berupa layanan pendidikan yang diperoleh dari lembaga yang telah dipilih oleh mahasiswa benar-benar dapat dirasakan sesuai dengan keinginan dan harapan mahasiswa sebagai customers utama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana gambaran kualitas layanan, budaya akademik, citra lembaga, dan kepuasan mahasiswa; (2) apakah terdapat hubungan antara kualitas layanan dengan budaya akademik; (3) apakah terdapat hubungan secara simultan antara kualitas layanan dan budaya akademik dengan citra lembaga; (4) apakah terdapat hubungan secara simultan antara kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa; (5) apakah terdapat hubungan antara tidak langsung antara kualitas layanan dengan kepuasan mahasiswa melalui variabel budaya akademik; (6) apakah terdapat hubungan secara tidak langsung antara kualitas layanan dengan kepuasan mahasiswa melalui citra lembaga; (7) apakah terdapat hubungan secara tidak langsung antara kualitas layanan dengan citra lembaga melalui variabel budaya akademik; (8) apakah terdapat hubungan secara tidak langsung antara budaya akademik dengan kepuasan mahasiswa melalui variabel citra lembaga; dan (9) seberapa besar sumbangan efektif kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta se-Kabupaten Jombang? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran kualitas layanan, budaya akademik, citra lembaga, dan kepuasan mahasiswa; (2) mengetahui hubungan kualitas layanan dengan budaya akademik; (3) mengetahui hubungan secara simultan antara kualitas layanan dan budaya akademik dengan citra lembaga; (4) mengetahui hubungan secara simultan antara kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa; (5) mengetahui hubungan secara tidak langsung antara kualitas layanan dengan kepuasan mahasiswa melalui variabel budaya akademik; (6) mengetahui hubungan secara tidak langsung antara kualitas layanan dengan kepuasan mahasiswa melalui citra lembaga; (7) mengetahui hubungan secara tidak langsung antara kualitas layanan dengan citra lembaga melalui variabel budaya akademik; v (8) mengetahui hubungan secara tidak langsung antara budaya akademik dengan kepuasan mahasiswa melalui variabel citra lembaga; serta (9) mengetahui besar sumbangan efektif kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta se-Kabupaten Jombang. Rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah rancangan penelitian kuantitatif yaitu penelitian dengan landasan filsafat positivism yang dilakukan dalam rangka meneliti populasi atau sampel tertentu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner melalui pengujian data secara statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Kesimpulan penelitian ini, yaitu: (1) gambaran deskriptif variable kualitas layanan, budaya akademik, citra lembaga, dan kepuasan mahasiswa mahasiswa dalam kategori sedang; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan budaya akademik; (3) terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara kualitas layanan dan budaya akademik dengan citra lembaga; (3) terdapat hubungan antara kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa; (4) terdapat hubungan antara kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa; (5) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan kepuasan mahasiswa manakala melalui variabel budaya akademik; (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan kepuasan mahasiswa manakala melalui variabel citra lembaga; (7) terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan citra lembaga manakala melalui variabel budaya akademik; (8) terdapat hubungan yang signifikan antara budaya akademik dengan kepuasan mahasiswa manakala melalui variabel citra lembaga; dan (9) besarnya sumbangan efektif dari kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta se-Kabupaten Jombang sebesar 45%. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini, dapat disarankan bagi: (1) Pimpinan PTS di Kabupaten Jombang, hendaknya perlu memberikan perhatian untuk lebih meningkatkan kualitas keempat variabel tersebut sehingga mahasiswa yang menjadi pelanggan utamanya dapat merasakan kepuasan sesuai dengan yang diharapkan; (2) Koordinator Program Studi Manajemen Pendidikan, disarankan dapat melakukan kajian ulang terhadap materi dalam penelitian ini sehingga penelitian ini dapat berguna dalam rangka menambah khasanah ilmu dan pengetahuan dalam bidang manajemen pendidikan; (3) Mahasiswa Manajemen Pendidikan, sebagai referensi tambahan bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian sejenis sehingga wawasan dan pengetahuan mahasiswa akan lebih luas dan arahnya adalah penelitian yang akan dilaksanakan lebih mendalam.; (4) Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Lain, menjadikan hasil penelitian dan tempat penelitian ini menjadi tolok ukur dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa di lembaganya sendiri agar lebih meningkat dilihat dari 3 (tiga) variabel yaitu kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga yang dipimpin; dan (5) Peneliti lain, melakukan uji teori penelitian ini pada latar, lingkup, waktu, dan karakteristik yang berbeda sehingga hasil penelitiannya semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57651

Actions (login required)

View Item View Item