Kepemimpinan karismatik kepala sekolah dalam penerapan program penguatan pendidikan karakter peserta didik (studi multi kasus di MI Khadijah dan SDIT Insan Permata Malang) / Ahmad Syaiful Arif

Arif, Ahmad Syaiful (2018) Kepemimpinan karismatik kepala sekolah dalam penerapan program penguatan pendidikan karakter peserta didik (studi multi kasus di MI Khadijah dan SDIT Insan Permata Malang) / Ahmad Syaiful Arif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Arif, Ahmad Syaiful, 2018. Kepemimpinan Kharismatik Kepala Sekolah dalam Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik (Studi Multi Kasus di MI Khadijah dan SDIT Insan Permata Malang). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd., M.Si; (II) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan kharismatik kepala sekolah , penguatan pendidikan karakter Pendidikan yang baik diharapkan dapat meningkatkan kecakapan dan kemampuan yang diyakini dapat mendukung upaya manusia dalam mengarungi kehidupan yang penuh dengan ketidakpastian. Sekolah sebagai salah satu wahana pendidikan diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang cakap dan mampu dalam mengarungi kehidupannya dimasadepan. Kepemimpinan seorang kepala sekolah dalam dunia pendidikan sangatlah mempunyai pengaruh yang besar bagi sekolah yang dipimpin, khususnya sekolah berbasis Islam, salah satu model kepemimpinan kharismatik. Sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan karakter peserta didik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan program penguatan pendidikan karakter peserta didik di MI Khadijah dan SDIT Insan Permata Malang, yaitu; (1) perilaku kepemimpinan kharismatik kepala sekolah; (2) kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter; (3) cara yang dilakukan kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter yang ditanamkan; (4) nilai-nilai dalam penguatan pendidikan karakter. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian multi kasus tentang kepemimpinan kharismatik kepala sekolah dalam penerapan program penguatan pendidikan karakter peserta didik di MI Khadijah dan SDIT Insan Permata Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan holistik yaitu peneliti mencoba mengamati objek dengan konteks alami. Peneliti pergi ke lokasi penelitian untuk memahami dan mempelajari situasi serta mencatat fenomena yang terjadi di lapangan saat mengatahui kepemimpinan kharismatik dalam penerapan program penguatan pendidikan karakter di sekolah dan madrasah tersebut. Peneliti berusaha menjalin hubungan yang baik dari informan agar bisa mendapat informasi yang benar-benar real dan alami. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru. Data yang didapat dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dianalisis dengan analisis lintas kasus yang kemudian ditarik kesimpulan. Analisis data kasus individu dilakukan pada masing-masing objek penelitian, yaitu di MI Khadijah Malang dan SDIT Insan Permata Malang. Analisis data kualitatif adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah data menjadi satuan yang dapat dikelola, menemukan apa yang penting dan apa yag diperlajari, serta memutuskan apa yang dapat diceriterakan kepada orang lain. Analisis data lintas kasus merupakan proses membandingkan temuan- vii temuan yang diperoleh dari masing-masing kasus, sekaligus sebagai proses memadukan temuan-temuan kasus penelitian. Hasil penelitian ini memiliki; (1) perilaku kepemimpinan kharismatik kepala sekolah yaitu memimpin rapat, pidato, serta tausiyah dilakukan untuk penyampaian program serta menumbuhkan nilai religius, tauladan yang baik, ramah, merupakan contoh buat semua warga sekolah, ketaatan beribadah dan akhlak yang baik merupakan perilaku kepemimpinan kepala sekolah, menghargai pegawai merupakan perilaku kepala sekolah sebagai bentuk penghargaan, pengambilan keputusan yang tegas merupakan perilaku yang dimiliki pemimpin kharismatik; (2) kepemimpinan kharismatik dalam pelaksanaan program-program pendidikan karakter di sekolah yaitu berdoa sebelum masuk kelas dan ikrar oleh peserta didik, sholat sunnah dan wajib oleh peserta didik, GMS (Gerakan Makan Sehat) dan makan makanan ringan program karakter oleh pemimpin, peduli lingkungan, green school merupakan penciptaan lingkungan yang nyaman, tanggungjawab serta gotong royong oleh peserta didik; (3) cara yang dilakukan kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter yang ditanamkan yaitu rapat dengan para waka dan guru merupakan cara pertama kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter, penguatan dalam mata pelajaran atau bina kelas cara untuk menguatkan karakter peserta didik, GMS cara untuk penguatan karakter karena selalu menanamkan berbagai nilai karakter, kobinri (kontak bina mandiri) dan buku harian peserta didik bentuk penguatan melalui kerjasama dengan orangtua peserta didik; (4) nilai-nilai dalam penguatan pendidikan karakter yaitu nilai religius dengan beberapa program pendidikan agama Islam, nilai nasionalis bentuk kejujuran, tanggungjawab, serta kebangsaan oleh peserta didik, mandiri, kerja keras perilaku peserta didik, gemar membaca di perpustakaan kegiatan peserta didik ketika mendapatkan waktu luang, gotong royong bentuk perilaku peserta didik dengan temannya. Saran-saran yang dapat dikemukakan oleh peneliti yaitu: (1) bagi Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya memberikan bentuk apresiasi terhadap sekolah-sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan karakter, agar dapat mendorong sekolah lain supaya dapat meningkatkan peserta didik yang berkarakter baik; (2) bagi Kementerian Agama Kota Malang hendaknya memberikan bentuk apresiasi terhadap madrasah-madrasah yang menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan karakter, agar dapat mendorong sekolah lain supaya dapat meningkatkan peserta didik yang berkarakter baik; (3) bagi Kepala Sekolah/ Madrasah penelitian ini hendaknya mampu memberikan semangat dan inovasi untuk lebih memperbaiki pengelolaan pendidikan karakter di sekolah, memberikan gagasan-gagasan baru agar lebih terampil dalam menghadapi perilaku peserta didik, memberikan teladan kepada peserta didik terhadap perilaku yang berdasarkan pendidikan karakter; (4) bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan referensi dan informasi untuk menambah pengetahuan, juga sebagai bahan perbandingan dalam melakukan penelitian lanjutan antara sekolah umum, sekolah yang berbasis agama, dan sekolah yang berbasis pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57648

Actions (login required)

View Item View Item