Integrasi muatan lingkungan alam dalam proses manajemen kurikulum dan pembelajaran pada sekolah berbasis alam / Zamhari Prastyo Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi muatan lingkungan alam dalam proses manajemen kurikulum dan pembelajaran pada sekolah berbasis alam / Zamhari Prastyo Hadi

Hadi, Zamhari Prastyo (2017) Integrasi muatan lingkungan alam dalam proses manajemen kurikulum dan pembelajaran pada sekolah berbasis alam / Zamhari Prastyo Hadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadi Zamhari Prastyo. 2017. Integrasi Muatan Lingkungan Alam dalam Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran pada Sekolah Berbasis Alam. Tesis Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin. M.Pd. (2) Dr. Mustiningsih. M.Pd Kata Kunci integrasi manajemen kurikulum pembelajaran sekolah alam. Sekolah alam sebagai salah satu bentuk sekolah berbudaya lingkungan merupakan salah satu model pendidikan yang berupaya untuk melakukan pengembangan pendidikan secara alami dengan konsep belajar pada lingkungan alam sekitar. Keberadaan sekolah berbasis alam memerlukan sistem manajemen kurikulum dan pembelajaran yang mampu menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. SD Alam Generasi Rabbani dan MI Bilingual Al Ikhlas adalah sekolah dan madrasah yang memilih untuk menjadi lembaga pendidikan berbasis alam. Pembelajaran pada kedua lembaga pendidikan ini memiliki ciri khas pembelajaran berdasarkan pengalaman langsung dengan memanfaatkan lingkungan alam. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menemukan teori tentang integrasi lingkungan alam dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran pada SD Alam Generasi Rabbani dan MI Bilingual Al Ikhlas. Fokus penelitian sebagai berikut (1) profil llngkungan alam pada sekolah dan madrasah (2) integrasi lingkungan alam dalam perencanaan kurikulum dan pembelajaran (3) integrasi lingkungan alam dalam pengorganisasian kurikulum dan pembelajaran (4) integrasi lingkungan alam dalam pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran (5) integrasi lingkungan alam dalam evaluasi kurikulum dan pembelajaran (6) dampak utama dan dampak pengiring hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian yaitu di SD Alam Generasi Rabbani (situs1) dan MI Bilingual Al Ikhlas (situs 2). Perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi merupakan teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penemuan penelitian lintas situs menunjukkan bahwa Pertama lokasi sekolah dan madrasah berada di lingkungan perdesaan dengan suasana alami di sekitarnya sekolah dan madrasah memiliki ruang terbuka hijau yang luas sehingga peserta didik dapat belajar di lingkungan alam sekolah lebih maksimal. Kedua pengembangan rencana pembelajaran berdasar KTSP dan Kurikulum 2013 penyusunan rencana pembelajaran.berbentuk plan to lesson atau RPP (teintegrasi muatan lingkungan alam). Ketiga secara organisasi kurkulum terdapat dua bentuk organisasi kurikulum. Yakni Integrated Curriculum (K13) dan Correlated Curriculum (KTSP) pengaturan jadwal kegiatan dan jadwal pelajaran sekolah dikembangkan melalui kalender akademik pengorganiasaian juga dilakukan dengan mengatur sumberdaya guru. Keempat pembelajaran dilaksanakan dengan menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran integrasi dengan lingkungan alam dilakukan pada semua mata pelajaran melalui melalui pembelajaran langsung dan berinteraksi dengan alam. Kelima sekolah dan madrasah melakukan evaluasi kurikulum dan pembelajaran melalui ualangan harian tertulis maupaun praktik yang didalamnya terdapat nilai-terintegrasi dengan muatan alam. Keenam dampak utama bahwa dari segi akademik peserta didik memiliki kemampuan menguasasi materi lebih baik sehingga output memiliki kualitas yang baik pula dampak pengiring banyak muncul pada segi aspek afektif dari peserta didik. Berdasarkan temuan penelitian diberikan saran-saran sebagai berikut (1) Bagi kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang disarankan memanfaatkan manajemen kurikulum yang terintegrasi dengan lingkungan alam dalam mengembangkan lembaga pendidikan yang dibina. (2) Bagi Kepala SD Alam Generasi Rabbani sebaiknya menjadikan penelitian ini sebagai pertimbangan dalam pengembangan program manjemen kurikulum dan pembelajaran pada tahun tahun berikutnya sehingga manajemen kurikulum dan pembelajaran yang terintegrasi lingkungan alam di sekolah dan madrasah dapat semakin baik. (3) Bagi Kepala MI Bilingual Al Ikhlas sebaiknya menjadikan penelitian ini sebagai pertimbangan dalam pengembangan program manjemen kurikulum dan pembelajaran pada tahun tahun berikutnya sehingga manajemen kurikulum dan pembelajaran yang terintegrasi lingkungan alam di sekolah dan madrasah dapat semakin baik. (4) Bagi kepala lembaga pendidikan lain sebaiknya menjadikan penelitian ini sebagai gambaran tentang manajemen kurikulum dan pembelajaran di SD Alam Generasi Rabbani dan MI Alam Al Ikhlas sehingga dapat dijadikan acuan pada penyelenggaraan dan kurikulum baik negeri maupun swasta. (5) Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti berikutnya/peneliti lain yang ingin mengkaji lebih mendalam dengan topik dan fokus serta setting yang lain untuk memperoleh perbandingan sehingga memperkaya temuan-temuan penelitian sejenis. ABSTRACK Hadi Zamhari Prastyo. 2017. Integration of the Natural Environment in Curriculum Management and Learning at Natural-Based Schools.Thesis Study Program of Education Management Graduate Program State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin. M.Pd. (2) Dr. Mustiningsih. M.Pd Keywords Integration Management Curriculum Learning School Nature. Nature School is one of education s model that seeks to develop education naturally with the concept of learning on the environment. The existence of a natural school requires a curriculum and learning management system that can lead to be better learning. SD Alam Generasi Rabbani and MI Bilingual Al Ikhlas are schools that use nature in learning process. The objective of this research is to describe and find the theory about the integration of natural environment in curriculum and learning management at SD Alam Generasi Rabbani and MI Bilingual Al Ikhlas. Based on the research context it can be formulated in the research focus as follows (1) schools profile (2) integration of the natural environment in planning curriculum and learning process (3) Integration of the natural environment in organizing curriculum and learning process (4) Integration of the natural environment in implementing the curriculum and learning process (5) Integration of the natural environment in evaluating the curriculum and learning and (6) the impacts of learning outcomes. The approach used in this research was descriptive approach and used multisite as the design. Data collection procedures used in this research were interviews observation and documentation. This research was conducted at SD Alam Generasi Rabbani (site 1) and MI Bilingual Al Ikhlas (site 2). Extension of participation persistence of observation and triangulation were the technique to check the validity of data used in this research. The finding of the research showed that (1) the location of the schools are in rural environment with natural atmosphere. (2) used KTSP and 2013 curriculum (3) there are two forms of curriculum organization Integrated Curriculum (K13) and Correlated Curriculum (KTSP). The arrangement of schools activities and lessons is developed through academic calendars. (4) Learning process was conducted by making students as learning centers. Integration with the natural environment is done to all of subjects through direct learning and interacting with nature. (5) The schools evaluate the curriculum and learning process through written daily exams and practices in which there are natural content. (6) The main impact in terms of academic the students able to master the material as good as possible. Other impacts derived from the affective aspects of students. Based on the result above there are some suggestions which can be examined as follows (1) The Ministry of Religious Affairs (Kemenag) to use curriculum management that integrated with the natural environment (2) SD Alam Generasi Rabbani and MI Bilingual AL Ikhlas this research is expected to be considered in developing curriculum and learning management program the next year (3) Other educational institutions this research is expected to provide an overview of curriculum and learning management that integrates the natural environment (4) State University of Malang this research is expected to enrich the reference collection related to curriculum and learning management that is integrated with the natural environment (5) The result of this research can be used as a reference for the next researchers who want to examine with topics and focus and other settings to obtain more comparison.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57640

Actions (login required)

View Item View Item