Irji'i, Slamet (2017) Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru (studi multisitus di SD Islam terpadu Darul Falah dan Firdaus Mojosari Kabupaten Mojokerto) / Slamet Irji'i. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irji i Slamet 2017. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Drs. H. Burhanuddin M.Ed. Ph.D Kata Kunci kepemimpinan visioner kepala sekolah profesionalisme guru Kemampuan dalam mengajak membimbing memberi motivasi dan menggunakan pengaruh kepada orang lain untuk mencapai tujuan sekolah merupakan kemampuan kepemimpinan yang dimiliki oleh kepala sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan pada penerapan gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru. Secara spesifik fokus dalam penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru (2) teknik kepemimpinan visioner dalam pembinaan profesionalisme guru (3) kendala-kendala yang dihadapi dan solusinya dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Terpadu Darul Falah dan Firdaus Mojosari dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjawab pertanyaan - pertanyaan peneliti. Dalam hal ini peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Dengan menggunakan studi multi situs. Proses pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi dan analisis datanya melalui dua tahap yaitu analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dilaksanakan dengan selalu memberi motivasi dan kesempatan kepada semua guru untuk selalu mengembangkan keahliannya melalui kegiatan profesional baik di dalam maupun diluar sekolah pemimpin visioner berperan sebagai panutan dan suri teladan tidak hanya bagi guru tapi bagi semua warga sekolah dengan membangun komitmen yang kuat dan memiliki integritas yang tinggi sesuai visi misi dan tujuan sekolah (2) teknik yang dilakukan oleh kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru meliputi (a) teknik orientasi bagi guru baru untuk memahami tentang sistem dan peraturan yang berlaku (b) teknik kunjungan kelas sebagai bentuk supervisi dan pembinaan terhadap profesi guru (c) teknik pertemuan pribadi digunakan untuk mendapatkan informasi kendala atau masalah para guru agar dapat dicarikan solusinya (d) teknik rapat guru untuk membahas tentang masalah-masalah yang menyangkut tentang aktifitas di sekolah secara menyeluruh (e) teknik penataran sebagai pengembangan memecahkan suatu masalah dan (f) teknik kunjungan antar kelas sebagai sarana untuk bertukar pengalaman antar guru (3) kendala yang dihadapi dan solusi untuk meningkatkan kinerja guru adalah kepala sekolah selalu berkoordinasi dengan pihak yayasan. ABSTRACT Irji i Slamet. 2017. Visionary leadership principals for developing the teaching professional. Thesis. The program education management Graduate state University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Drs. H. Burhanuddin M.Ed. Ph.D. Keywords visionary leadership principals teachers professional. The ability to involve guide motivate and influence members to achieve the school goals must be mastered properly by the principals.The study was carried out to investigate the visionary leadership style practiced to develop teachers profession. The purposes of the research are to (1) describe how the visionary leadership style employed by the principals in improving the teaching profession (2) constraints and their solutions to enhance teachers performance (3) techniques of the visionary leadership style in developing teachers competency. This research is done in primary schools of integrated Islamic Darul Falah and Firdaus by use qualitative approach design to answer the research questions. In this way the researcher has a key role or as an instrument. By use the study multy site. Data were collected through observation interviews and documentation and analyzing through two stages namely data analysis single site and analysis of data cross site. Results indicate that (1) the visionary leadership style of the principals to increase the teaching profession has been implemented through motivating teachers to participate in the whole school programs develop skills by joining the professional trainings both from internal and external. The visionary leader must have a role as a model both for teachers and community members. Build the strong commitment and high integrity of the whole school members. The principals always work base on the vision mission and the school purposes (2) constraints are solved through various solutions as well as the coordination with teachers and other school members. These were conducted to improve school performance (3) the techniques employed in this the visionary leadership model include (a) orientations for teachers in understanding school system and regulations (b) class visits to supervise teachers (c) individual conferences to obtain information or issues that teachers experienced in order to find their solutions (d) teachers meetings to discuss various school problems as well as administrative and academic issues (e) upgrading courses and (f) school visits as the means to exchange experiences of each school.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57631 |
Actions (login required)
View Item |