Hubungan peran kepala sekolah, partisipasi masyarakat dan budaya organisasi sekolah dengan hasil akreditasi sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Lamongan / Agustin Hanivia Cindy - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan peran kepala sekolah, partisipasi masyarakat dan budaya organisasi sekolah dengan hasil akreditasi sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Lamongan / Agustin Hanivia Cindy

Cindy, Agustin Hanivia (2017) Hubungan peran kepala sekolah, partisipasi masyarakat dan budaya organisasi sekolah dengan hasil akreditasi sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Lamongan / Agustin Hanivia Cindy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cindy Agustin Hanivia. 2017. Hubungan Peran Kepala Sekolah Partisipasi Masyarakat dan Budaya Organisasi Sekolah dengan Akreditasi Sekolah Pada SMA Negeri di Kabupaten Lamongan. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Kata kunci peran kepala sekolah partisipasi masyarakat budaya organisasi sekolah akreditasi sekolah Salah satu faktor yang sangat menetukan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah berbagai unsur dinamis yang akan ada dalam sekolah itu sendiri dan lingkungannya sebagai suatu kesatuan sistem. Ada sepuluh faktor penentu terwujudnya proses pendidikan yang bermutu yakni (1) keefektifan kepemimpinan kepala sekolah (2) partisipasi dan rasa tanggungjawab guru serta staf (3) proses belajar mengajar yang efektif (4) pengembangan staf yang terprogram (5) kurikulum yang relevan (6) memiliki visi dan misi yang jelas (7) iklim sekolah yang kondusif (8) penilaian diri terhadap kekuatan dan kelemahan (9) komunikasi efektif baik internal maupun eksternal serta (10) keterlibatan orangtua dan masyarakat secara instrinsik. Penelitian ini mengkaji tentang mutu pendidikan terhadap aspek yang diduga dapat meningkatkan akreditasi sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Lamongan yaitu peran kepala sekolah partisipasi masyarakat dan budaya organisasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan langsung antara peran kepala sekolah dan akreditasi sekolah (2) hubungan langsung antara partisipasi masyarakat dan akreditasi sekolah (3) hubungan langsung antara budaya organisasi sekolah dan akreditasi sekolah (4) hubungan langsung antara peran kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah (5) hubungan langsung antara partisipasi masyarakat dan budaya organisasi sekolah (6) hubungan langsung antara peran kepala sekolah dan partisipasi masyarakat (7) hubungan langsung secara simultan antara peran kepala sekolah partisipasi masyarakat dengan budaya organisasi sekolah (8) hubungan tidak langsung antara peran kepala sekolah dan akreditasi sekolah (9) hubungan tidak langsung antara partisipasi masyarakat dan akreditasi sekolah dan (10) hubungan langsung secara simultan antara peran kepala sekolah partisipasi masyarakat dan budaya organisasi sekolah dengan tingkat akreditasi sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru sebanyak 790 orang dengan jumlah sampel sebanyak 260 orang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket tertutup dengan pengukuran skala likert. Analisis data menggunakan path analysis dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan path analysis diperoleh hasil penelitian (1) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara peran kepala sekolah dengan akreditasi sekolah (2) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan akreditasi sekolah (3) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dengan akreditasi sekolah (4) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara peran kepala sekolah dengan budaya organisasi sekolah (5) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan budaya organisasi sekolah (6) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara peran kepala sekolah dengan partisipasi masyarakat (7) terdapat hubungan langsung secara simultan yang signifikan antara peran kepala sekolah partisipasi masyarakat dengan budaya organisasi sekolah (8) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara peran kepala sekolah dengan akreditasi sekolah melalui budaya organisasi sekolah (9) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan akreditasi sekolah melalui budaya organisasi sekolah dan (10) terdapat hubungan langsung secara simultan antara peran kepala sekolah partisipasi masyarakat dan budaya organisasi sekolah dengan tingkat akreditasi sekolah. Terkait dengan hasil temuan dalam penelitian ini diberikan saran kepada (1) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan hendaknya hasil penelitian ini dijadikan bahan masukan dalam pengambilan kebijakan mengenai pengembangan produktivitas sekolah dan akreditasi sekolah melalui (a) pembuatan kebijakan yang menjamin bagi terciptanya budaya organisasi sekolah yang kondusif (b) mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat (c) membina kepala sekolah agar bisa menunjukkan bekerja dengan baik dan (d) mendorong semua warga sekolah untuk meningkatkan produktivitas dalam bidang pendidikan (2) Kepala SMA Negeri di Kabupaten Lamongan diharapkan hasil penelitian ini dijadikan bahan masukan dalam perbaikan kinerja dan peran kepala sekolah dengan cara mempertahankan aspek kinerja yang sudah baik dan meningkatkan aspek kinerja yang belum optimal. Kepala sekolah perlu mempertahankan budaya sekolah yang sudah baik serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun pendidikan. Kepala sekolah sebagai manajer pemimpin dan supervisor di sekolah dapat menetapkan strategi yang lebih baik untuk meraih prestasi sekolah dan akreditasi sekolah yang optimal (3) Bagi Masyarakat dalam hal ini komite sekolah disarankan untuk meningkatkan partisipasinya dalam pendidikan secara lebih aktif nyata dan luas. Peranserta tidak terbatas pada menghadiri rapat dan memberi bantuan finansial akan tetapi juga dalam bentuk memberikan masukan dan pendapat dalam rapat untuk menentukan beberapa kebijakan sekolah (4) Bagi Peneliti Lain Diharapkan melakukan kajian secara kritis terhadap persoalan yang menyangkut akreditasi sekolah khususnya pada aspek hubungan masyarakat (partisipasi masyarakat) dan kepemimpinan (peran kepala sekolah) agar semakin banyak dan komprehensif sumbangan pemikiran tentang teori bagaimana menggerakkan partisipasi masyarakat serta peran kepala sekolah dalam bidang pendidikan. ABSTRACT Cindy Agustin Hanivia. 2017. Relation Between Principal Roles Community Participation and Culture of School Organization with School Accreditation at State Senior High Schools in Lamongan District. Thesis Study Program of Management of Education Postgraduate program of State University of Malang. Supervisors (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Keywords role of principal community participation school organizational culture school accreditation One of the most decisive factors in improving the quality of education is the dynamic elements that will exist within the school itself and its environment as a unified system. There are ten factors determining the realization of qualified education process namely (1) the effectiveness of leadership of the principal (2) participation and responsibility of teachers and staffs (3) an effective teaching and learning process (4) programmed staffdevelopment (5) the relevant curriculum (6) a clear vision and mission (7) a conducive school environment (8) self-assessment of strengths and weaknesses (9) an effective communication both internal and external And (10) an intrinsic involvementof parents and community. This study examined the quality of education on the aspects that allegedly could improve the accreditation of schools in State High Schools in LamonganDistrict namely the role of school principal community participation and school organizational culture. This study aimed to determine (1) direct relationship between the role of school principals with school accreditation (2) direct relationship between community participation and school accreditation (3) direct relationship between school organizational culture and school accreditation (4) direct relationship between the role of the principal and the school organizational culture (5) direct relationship between community participation and school organizational culture (6) direct relationship between the principal s role and community participation (7) direct simultaneous relationship between the school principal s role community participation and school organizational culture (8) indirect relationship between the principal s role and school accreditation (9) indirect relationship between community participation with school accreditation And (10) direct simultaneous relationships between the principal s role community participation and school organizational culture with school accreditation. The approach used in this research is a quantitative approach. The population of this study was 790 teachers with a total sample of 260 people determined by cluster proportional random sampling technique. The collecting data used instruments in the form of closed questionnaire with Likert scale measurement. Meanwhile the data analysis was using path analysis with the help of SPSS programfor Windows version 16. Based on the results of descriptive analysis and path analysis it resulted as follow (1) on the role of principals most respondents answered strongly agree meanwhile on community participation most respondents answered agree on school organizational culture most respondents answered agree and on school accreditation most respondents answered strongly agree (2) there was a significant direct relationship between the principal s role and the school accreditation (3) there was a significant direct relationship between community participation and school accreditation (4) there was a significant direct relationship between school organizational culture and school accreditation (5) there was a significant direct relationship between the role of the principal and the school organization culture (6) there was a significant direct relationship between community participation and school organizational culture (7) there was a significant direct relationship between the principal s role and community participation (8) there was a significant direct simultaneous relationship between the school principal s role community participation and school organizational culture (9) there was a significant indirect relationship between the principal s role and the school s accreditation through school organizational culture (10) there was a significant indirect relationship between community participation with school accreditation through school organizational culture And (11) there was a significant direct simultaneous relationship between the school principal s role community participation and school organizational culture with school accreditation. In relation to the findings of this research it is suggested to (1) Head of Lamongan District Education Office Branch should use this research as inputs in policy making on school productivity development and school accreditation through (a) making policy to guarantee for the creation a conducive school organizational culture (b) encouraging the growth of public participation (c) providing training for principal in order to demonstrate a good work And (d) encourage all school elements to improve productivity in education (2) Head of Senior High School in LamonganDistrict it is hoped that the result of this research will be used as input material in improving the performance and role of school principal by maintaining good performance aspect and improving performance aspect that has not been optimum yet. Principals need to maintain good school culture and increase community participation in educational development. Principals as managers leaders and supervisors in schools can establish better strategies for achieving school and optimum school accreditation (3) For the community in this case the school committee is advised to increase its participation in education more actively real and broad. The participation is not limited to only attending meetings and providing financial assistance but also in the form of providing input and opinion in meetings to determine some school policies (4) For other researchers it is desirable to conduct a critical review of issues related to school accreditation particularly on the aspects of community relations (community participation) and leadership (the role of school principals) in order to provide more comprehensive contributions to the theory of mobilizing community participation and roles ofprincipal in education.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57629

Actions (login required)

View Item View Item