Strategi peningkatan mutu pendidikan melalui pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan pada SMA Swasta di bawah penyelenggaraan perguruan tinggi negeri / Nabila Murti Karlinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi peningkatan mutu pendidikan melalui pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan pada SMA Swasta di bawah penyelenggaraan perguruan tinggi negeri / Nabila Murti Karlinda

Karlinda, Nabila Murti (2017) Strategi peningkatan mutu pendidikan melalui pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan pada SMA Swasta di bawah penyelenggaraan perguruan tinggi negeri / Nabila Murti Karlinda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karlinda Nabila Murti. 2016. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pemenuhan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada SMA Swasta di bawah Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Negeri. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Huda A. Y. M.Pd (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Kata kunci strategi peningkatan mutu pendidikan standar pendidik dan tenaga kependidikan Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan komponen yang tak dapat dipisahkan dari keterlaksanaan pendidikan. Pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di sekolah itu sendiri. SMA Laboratorium UM dan SMA Brawijaya Smart School merupakan sekolah swasta terakreditasi A yang terletak di kawasan perkotaan Kota Malang. Walaupun banyak sekolah lain yang juga memiliki akreditasi A sekolah ini tetap menjadi sekolah yang banyak diminati oleh masyarakat di sekitar wilayah Kota Malang. SMA Laboratorium UM berada di bawah naungan Universitas Negeri Malang dan SMA Brawijaya Smart School berada di bawah naungan Universitas Brawijaya Malang yang mana kedua perguruan tinggi tersebut memiliki akreditasi A. Strategi-strategi khusus diterapkan oleh sekolah dalam hal memenuhi standar pendidik dan tenaga kependidikan. Hal tersebut menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menemukan kerangka teori substantif tentang strategi peningkatan mutu pendidikan melalui pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan pada SMA Laboraorium UM dan SMA Brawijaya Smart School. Berdasarkan konteks penelitian dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut (a) standar pendidik dan tenaga kependidikan (b) kekuatan dan kelemahan dalam pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan (c) peluang dan ancaman dalam pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan (d) strategi peningkatan mutu pendidikan melalui pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Pendekatan kualitatif merupakan suatu paradigma penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa perilaku orang atau suatu keadaan pada tempat tertentu secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dibagi menjadi dua tahap yakni analisis data dalam situs dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tiga kriteria dalam menjaga kebenaran hasil penelitian yakni kredibilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil temuan lintas situs menunjukan (a) standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi kualifikasi akademik kompetensi sehat jasmani dan rohani mempunyai kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan dan memiliki kemampuan tambahan sesuai dengan kebutuhan sekolah (b) kekuatan yang dimiliki sekolah yaitu sebagian besar pendidik dan tenaga kependidikan telah memenuhi standar kualifikasi akademik sebagian pendidik memiliki kualifikasi akademik melebihi standar yang ditetapkan sebagian berusia muda memiliki potensi memiliki jiwa kompetitif fasilitas sekolah memadai dana operasional sekolah mencukupi dan citra baik lembaga. Kelemahan yang dimiliki sekolah ialah masih terdapat pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi akademik tidak relevan sikap kurang disiplin manajemen waktu kurang baik dan munculnya beberapa sikap negatif (c) peluang yang dimiliki sekolah yaitu peran pemerintah dan lembaga swasta dalam penyelenggaraan program sekolah adanya kegiatan atau program pengembangan dari luar sekolah adanya bantuan dari stakeholder serta tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi. Ancaman yang dimiliki sekolah yaitu sulit mencari SDM yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan sekolah perubahan kebijakan pendidikan perkembangan IPTEK yang begitu cepat serta tuntutan dari masyarakat (d) strategi sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan melalui pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan yaitu menanamkan visi dan misi sekolah membentuk tim yang dapat menilai mengawasi dan memperbaiki mutu PTK mengadakan program pembinaan dan pemberdayaan memberikan kesempatan untuk mengikuti program pendidikan mengadakan kerjasama dengan stakeholder menerapkan reward dan punishment mengadakan monitoring penilaian dan evaluasi kinerja memperluas jaringan diluar sekolah meningkatkan pelayanan menciptakan budaya organisasi dan komunikasi yang baik memanfaatkan perkembangan IPTEK mengadakan musyawarah dengan masyarakat serta memberikan motivasi. Dari hasil temuan penelitian ini dapat diberikan saran-saran sebagai berikut (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang dapat membuat program-program yang lebih baik lagi berkaitan dengan pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan (2) Kepala Sekolah dapat lebih peka dalam melihat segala kekuatan kelemahan peluang dan ancaman dalam pemenuhan standar pendidik dan kependidikan sehingga dapat membuat strategi-strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah (3) pendidik dan tenaga kependidikan dapat lebih proaktif dalam mendukung strategi-strategi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan serta meningkatkan kesadaran diri untuk terus berkembang dan memiliki kualitas yang lebih baik (4) dosen di program studi manajemen pendidikan dapat memberikan informasi dalam perkuliahan mengenai strategi peningkatan mutu pendidikan yang tidak hanya berdasarkan teori namun juga berdasarkan kondisi ril yang terjadi di lapangan dan (5) peneliti lain dapat melakukan penelitian sejenis ataupun penelitian lanjutan yang menggali informasi secara lebih mendalam dengan pendekatan yang berbeda untuk dapat menambah khasanah dan keilmuan tentang strategi peningkatan mutu pendidikan melalui pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan. ABSTRACT Karlinda Nabila Murti. 2016. Strategies in Improving the Quality of Education Through Fulfilment the Standards of Teacher and Education Personnel in Private Senior Secondary Schools under the Provision of State Universities. Thesis Department of Educational Management Graduate Program State University of Malang. Under Guidance of (I) Prof. Dr. M. Huda A. Y. M.Pd (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Keywords strategy quality of education teacher and educator personnel standards Teacher and education personnel are components which cannot be separated from the implementation of education. Teacher and education personnel have significant impact for education quality in school. SMA Laboratorium UM and SMA Brawijaya Smart School are private schools which have A accreditation and located in the middle city of Malang. In spite of many high school which also have A accreditation many people around the city still interest with those schools. SMA Laboratorium UM is under the auspices of State University of Malang and SMA Brawijaya Smart School is under the auspices of Brawijaya University. Both of universities has A accreditation too. The particular strategies were implemented in those schools for fulfilling the standards of teacher and education personnel as particular effort in improving the quality of education in schools. The aims of this study were to describe and find out the substantive framework theory about strategy in improving the quality of education through fulfilment the standard of teacher and education personnel in SMA Laboratorium UM and SMA Brawijaya Smart School. Based on the research context the focus of the research can be formulated as follows (a) standards of teacher and education personnel (b) the strength and weakness in fulfilment the standards of teacher and education personnel (c) the opportunity and threat in fulfilment the standards of teacher and education personnel (d) the strategy in improving the quality of education through fulfilment the standards of teacher and education personnel in order to improve the quality of education. This study used descriptive qualitative approach with multisite studies design. Qualitative approach is a research paradigm that used to describe phenomenon people behaviour or situation in certain place and in narrative form specifically and deeply. Interview observation and documentation are used in data collective technique. Data analysis divided in to two phases single-site analysis and cross-site analysis. While credibility dependability and conformability are implemented to check data validity. The findings of this multisite studies showed that (a) standards of teacher and education personnel were academic qualification competencies physical and spiritual health and desired ability to achieve national education goal (b) the school s strengths were most of the teacher and education personnel have achieved the academic qualification standard some teachers have academic qualification level higher than certain standard some of the teacher and education personnel were in young age category potential have a competitive spirit school s facility is adequate school s fund is sufficient and have a good school s reputation. The school s weaknesses were the academic background of some teacher and education personnel is not relevant with their subject less discipline do not have good understanding in time management have some negative attitude (c) the school s opportunities were the role of government and private sector in supporting the school s programs any empowerment programs or activities outside of school the supporting of stakeholder and people trust in school. The school s threats were the difficulties in finding qualified human resources appropriates with school s need the change of education policy the rapid development of information and communication technology and the society demand changes (d) the strategies in improving the quality of education through fulfilment the standards of teacher and education personnel in order to improve the quality of education were instils the schools vision and mission to all of citizens of school forms a team that can assess monitor and increase teacher and education personnel quality organizes founding and empowerment programs gives a chance for teacher and education personnel in following education program organizes cooperation with stakeholder establishes reward and punishment organizes monitoring assessment and evaluation in teacher and education personnel performance expands school s networking increases the school service creates a good organizational culture and communication utilizes the development of information and communication technology organizes discussion with society and giving motivation continuously. Suggestions are directed to (a) Head of Education Department of Malang City can make programs related to fulfilment the standards of teacher and education personnel to improve the quality of education (b) Head of school can be more aware in seeing the strengths weaknesses opportunities and threats in fulfilment the standards of teacher and education personnel in order to make effective strategies to improve quality of education (c) teacher and education personnel can be more proactive to support school s strategies in improving quality of education and also more aware in developing themself to have better quality (d) lecturers of educational management program can give information about fulfilment the standards of teacher and education personnel in order to improve the quality of education not only based on the theory but also based on the real condition in school (e) other researcher can do similar or continued research deeply with different approach to get more information about the fulfilment the standards of teacher and education personnel in order to improve the quality of education.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57623

Actions (login required)

View Item View Item