Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, kedisiplinan guru dengan produktivitas guru SD di Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan / Lukman - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, kedisiplinan guru dengan produktivitas guru SD di Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan / Lukman

Lukman (2017) Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, kedisiplinan guru dengan produktivitas guru SD di Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan / Lukman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lukman 2017. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Komitmen Organisasi dan Kedisiplinan Guru dengan Produktivitas Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd (II) Dr. H. Sultoni M.Pd Kata Kunci gaya kepemimpinan kepala sekolah komitmen organisasi kedisiplinan guru produktivitas guru Kepala sekolah merupakan pemimpin pembelajar di sekolah serta pemegang tanggungjawab terlaksananya pembelajaran yang baik dari guru yang produktif. Segala pengaruh bimbingan dan pengarahan kepada guru harus meyakinkan dan memberi efek tumbuhnya komitmen guru untuk bisa melaksanakan tanggungjawab demi tercapainya tujuan bersama. Gaya kepemimpinan kepala sekolah harus dibangun melalui komunikasi yang baik bersahabat dan mendalam demi meraih jiwa guru untuk bisa berkomitmen membangun sumber daya sekolah dengan baik. Komitmen yang tinggi tercermin dari hadirnya sikap kedisiplinan guru dalam bekerja sebagai tenaga professional pendidik. Kedisiplinan guru akan berdampak positif terhadap peningkatan produktivitas guru. kepemimpinan kepala sekolah layaknya di bangun dari lembaga sekolah dasar sebagai cerminan untuk lembaga pendidikan diatasnya. Berdasarkan hal diatas maka perlu dikaji hal-hal yang bisa meningkatkan produktivitas guru dalam bekerja sebagai pendidik di Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. Variabel-variabel yang diduga mempengaruhi produktivitas guru meliputi faktor dari luar dan dari dalam guru yaitu Gaya kepemimpinan kepala sekolah komitmen organisasi kedisiplinan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah komitmen organisasi kedisiplinan dan produktivitas guru dan (2) hubungan langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kedisiplinan guru (3) hubungan langsung komitmen organisasi dengan kedisiplinan guru (4) hubungan langsung secara simultan gaya kepemimpinan kepala sekolah komitmen organisasi dengan kedisiplinan guru (5) hubungan langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan produktivitas guru (6) hubungan tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan Produktivitas guru melalui kedisiplinan guru (7) hubungan langsung komitmen guru dengan produktivitas guru (8) hubungan tidak langsung komitmen organisasi dengan produktivitas guru melalui kedisiplinan guru (9) hubungan langsung kedisiplinan guru dengan Produktivitas guru (10) hubungan langsung secara simultan gaya kepemimpinan kepala sekolah komitmen organisasi dan kedisiplinan guru dengan produktivitas guru. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif korelasional. Pengambailan sampel sebanyak 190 orang responden yang ditentukan secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Untuk mengkaji pola hubungan yang dibentuk menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program SPSS 18.0 For windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dipersepsikan sangat baik komitmen organisasi dan kedisiplinan guru berada pada kategori baik serta produktivitas guru berada pada kategori sangat baik (2) terdapat hubungan langsung Gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kedisiplinan guru (X3) dengan besar koefisien jalur (beta) 0 545 (3) terdapat hubungan langsung Komitmen organisasi dengan kedisiplinan guru dengan besarnya koefisien jalur (beta) 0 448 (4) terdapat hubungan secara simultan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi dengan produktivitas guru dengan koefisien sebesar 0 973 (5) terdapat hubungan langsung Gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan Produktivitas guru dengan besar koefisien jalur (beta) 0 459 (6) terdapat hubungan tidak langsung Gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan produktivitas guru melalui kedisiplinan sebesar 0 214 (7) terdapat hubungan langsung komitmen organisasi dengan Produktivitas guru (Z) dengan besarnya koefisien jalur (beta) 0 145 (8) terdapat hubungan tidak langsung komitmen organisasi dengan produktivitas guru melalui kedisiplinan guru sebesar 0 176 (9) terdapat hubungan langsung kedisiplinan guru dengan produktivitas guru (Z) sebesar 0 393 (10) terdapat hubungan secara simultan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah komitmen organisasi dan kedisiplinan guru dengan produktivitas guru besarnya koefisien determinan secara simultan adalah 0 982.penelitian ini berhasil mengkonfirmasi teori dan temuan penelitian sebelumnya mengenai hubungan dan pengaruh antar variabel dalam penelitian ini. Begitu pula dengan analisis sub structural mendukung teori dan penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini disarankan pihak yang terkait dalam penelitian ini sebagai berikut (1) hasil penelitian bisa menjadi rujukan untuk memberi dukungan berupa pengawasan dan bimbingan yang lebih dalam peningkatan kemampuan kepala sekolah serta guru. (2) kepala sekolah dasar yang ada di Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan perlunya mengoptimalkan peranan kepemimpinan kepala sekolah yang baik memotivasi peningkatan komitmen organisasi guru serta membangun budaya disiplin kerja bagi guru baik etos kerja maupun waktu Kepala sekolah harus bisa memanfaatkan sumber daya manusia yang ada disekolah dengan melakukan pembinaan dan pelatihan sehingga kemampuan dan kompetensi guru bisa merata Membangun hubungan yang positif dengan guru dalam merancang dan melaksanakan dan mengevalusi program sekolah demi memupuk komitmen organisasi semua guru membangun system kerja yang tinggi dengan kadar kedisiplinan yang tingi untuk peningkatan produktivitas guru dalam menjalankan tugasnya.(3) guru disarankan membangun komitmen organisasi yang tinggi demi terlaksana tugas yang diberikan menjadi teladan dalam pelaksanaan kedisiplinan baik etos kerja maupun waktu kerja Meningkatkan produktivitas dalam bekerja dengan memperhatikan segala kebijakan yang telah dibuat oleh pimpinan serta memiliki komitmen organisasi yang kuat untuk bisa memberikan prestasi yang terbaik bagi sekolah masing-masing (4) bagi peneliti lain dapat menjadikan hasil penelitian sebagai bahan rujukan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam lingkup manajemen pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57619

Actions (login required)

View Item View Item