Manajemen peserta didik pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (studi multi kasus di Taman Kanak-Kanak Islam Nur-Rahman dan Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Cimahi / Asri Ulfah Wulan Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen peserta didik pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (studi multi kasus di Taman Kanak-Kanak Islam Nur-Rahman dan Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Cimahi / Asri Ulfah Wulan Sari

Sari, Asri Ulfah Wulan (2017) Manajemen peserta didik pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (studi multi kasus di Taman Kanak-Kanak Islam Nur-Rahman dan Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Cimahi / Asri Ulfah Wulan Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Asri Ulfah Wulan. 2017. Manajemen Peserta Didik Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multi Kasus di Taman Kanak-Kanak Islam Nur Al-Rahman dan Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Cimahi). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Dr. H. Yusuf Sobri S.Sos M.Pd. Kata Kunci manajemen peserta didik lembaga pendidikan anak usia dini Pendidikan Anak Usia Dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang memiliki peran sangat menentukan. Pada usia ini seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan mulai dan sedang berlangsung. Perkembangan ini menjadi dasar bagi perkembangan peserta didik selanjutnya. Taman Kanak-kanak merupakan bagian dari pendidikan anak usia dini dan salah satu lembaga pendidikan formal yang perkembangannya harus mampu mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Kemampuan sekolah untuk mempertahankan keberadaan di tengah-tengah banyaknya pendirian lembaga pendidikan anak usia dini dapat dilihat dari perkembangan peserta didiknya yang didukung oleh prestasi-prestasi yang diraih. Pembinaan terhadap peserta didik menjadi peran yang sangat penting dalam pelaksanaan setiap program yang akan menentukan efektifitas tujuan sekolah. Untuk itu diperlukan manajemen peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta didik dan dalam prosesnya manajemen peserta didik harus dilakukan secara sistematis untuk mengefektifkan pencapaian tujuan sekolah. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina dan TK Islam Nur Al-Rahman Kota Cimahi dengan fokus penelitian meliputi (1) penerimaan peserta didik baru yang terdiri dari sistem penerimaan sistem seleksi dan sistem kelulusan (2) pembinaan peserta didik terdiri dari pembinaan akademik pembinaan non akademik dan (3) evaluasi terdiri dari evaluasi pembinaan dan tindak lanjut evaluasi pembinaan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sistem penerimaan peserta didik baru pembinaan dan evaluasi peserta didik pada lembaga pendidikan anak usia dini khususnya di Taman Kanak-kanak. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui dua tahap yaitu pertama analisis data kasus individu berupa reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan kedua analisis data lintas kasus dilakukan dengan mengkomparasikan temuan-temuan pada masing-masing kasus individu. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) penerimaan peserta didik baru pada lembaga PAUD meliputi (a) penerimaan peserta didik berpedoman pada petunjuk yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Cimahi dan pembentukan panitia PPDB terdiri dari beberapa unsur (b) waktu pembukaan pendaftaran PPDB disesuaikan dengan program yang telah ditetapkan sekolah dan (c) sistem seleksi dan kelulusan di TK Negeri menggunakan sistem konvensional dimana sekolah menerima seluruh anak yang mendaftar dengan usia minimal empat tahun dan untuk anak yang ABK sekolah hanya menerima anak yang termasuk kategori ringan sedangkan TK Islam Nur Al-Rahman menggunakan sistem seleksi dan kelulusan dengan tes observasi untuk melihat apakah peserta didik ABK atau tidak dan untuk mengetahui tahapan perkembangan anak (2) pembinaan peserta didik yaitu (a) pembinaan peserta didik melibatkan sumber daya dan semua unsur di sekolah berbagai jenis kegiatan pembinaan diantaranya dalam aspek akademik yang menstimulus seluruh perkembangan peserta didik sesuai dengan tahapan usianya dan dalam aspek non akademik seperti kegiatan pembiasaan disiplin ekstrakurikuler penanaman pendidikan karakter dan pembinaan keagamaan dan (b) terjalinnya komunikasi dan kerjasama orang tua dengan pihak sekolah sehingga proses pembinaan dan pemberian motivasi pada peserta didik dalam menstimulus perkembangannya berjalan dengan baik (3) evaluasi peserta didik meliputi (a) evaluasi pembinaan yaitu rapat koordinasi laporan penilaian guru mengenai semua aspek perkembangan peserta didik yang pada akhirnya akan dilaporkan kepada orang tua peserta didik sebagai bentuk tanggung jawab sekolah dan (b) tindak lanjut terhadap evaluasi dilakukan dengan cara pemberian reward jam tambahan untuk mempersiapkan peserta didik yang akan melanjutkan ke Sekolah Dasar kegiatan remedial peserta didik yang membutuhkan bimbingan kembali untuk menstimulus tumbuh kembang dan meningkatkan kemampuannya dan publikasi terhadap prestasi yang diraih peserta didik yang berdampak pada peningkatan motivasi belajar peserta didiknya. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan saran-saran kepada (1) Dinas Pendidikan Kota Cimahi sebaiknya lebih memperhatikan dan lebih intensif dalam mengadakan pembinaan dan pemberian fasilitas terhadap sekolah sehingga program sekolah yang akan dilaksanakan dapat lebih berkualitas yang akhirnya akan berdampak pada peningkatan prestasi peserta didik memberikan arahan pendampingan dan solusi yang berkaitan dengan program manajemen peserta didik dan menyediakan guru ABK untuk sekolah inklusi (2) Yayasan Nur Al-Rahman agar mendukung seluruh program-program kegiatan yang dilaksanakan sekolah untuk mewujudkan visi misi sekolah selalu melakukan monitoring agar penyelenggaraan sekolah berjalan dengan optimal sesuai dengan yang diharapkan dan sebaiknya memberikan apresiasi kepada peserta didik maupun pendidik yang berprestasi (3) Kepala TK Negeri Pembina yaitu (a) agar secara terus menerus mensosialisasikan sekolah sebagai sekolah inklusi sehingga masyarakat mengetahui bahwa sekolah menerima peserta didik ABK (b) agar sekolah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler sehingga sarana prasarana di sekolah bisa dioptimalkan untuk memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan minat bakat dan potensi peserta didik dan bagi Kepala TK Islam Nur Al-Rahman (a) agar secara terus menerus melibatkan semua komponen yang ada di sekolah dalam PPDB terutama guru agar perkembangan peserta didik dikenali sejak awal oleh guru (b) meningkatkan kegiatan non akademik yang lainnya dan (4) guru TK Negeri Pembina dan TK Islam Nur Al-Rahman sebaiknya program-program kegiatan pembinaan akademik dan non akademik peserta didik dilaksanakan secara berkelanjutan mengoptimalkan sumber daya agar tercipta pelayanan sesuai dengan tujuan sekolah dan (5) bagi peneliti lain melakukan penelitian lebih lanjut dan mengungkap lebih dalam tentang manajemen peserta didik dengan fokus dan latar yang berbeda untuk memberi data tambahan yang dapat memperkuat penelitian ini. ABSTRACT Sari Asri Ulfah Wulan. 2017. Pupil Management at Early Childhood Education Institutions (Multi Case Study In Islamic Kindergarten Nur Al-Rahman and State Kindergarten Pembina Cimahi City). Thesis Department of Management Education. Graduate Program of State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Dr. H. Yusuf Sobri S.Sos M.Pd. Keywords management pupil early childhood education institutions Kindergarten as one of early childhood education program subdivision and as formal educational institution should maintain the development due to shifting condition the increasing of enrolled students and the achievement attained by the educational institution is a criteria to assess whether or not they are able to maintain their existence. Administration of pupil personnel which aimed to develop the quality and quantity of administration of pupil personnel should be done systematically to optimize school objectives. This research was done in Kindergarten Negeri Pembina and Kindergarten Islam Nur Al-Rahman Cimahi focusing on (1) students admission administration selection and graduation system (2) the establishment of pupil personnel which has two folds academic aspect and non-academic aspect (3) evaluation which has two folds namely pupil personnel establishment evaluation and the follow up of pupil personnel establishment evaluation. The goal of the research is to describe pupil personnel administration in early childhood education program particularly kindergarten. The researcher will employ qualitative design with multiple case study observation in-depth interview and documentation will be uses as data collection techniques there are two stages in data analysis first individual case data analysis which covered data reduction presentation and data conclusion secondly cross case data analysis done by comparing findings among single case. The findings of the research showed 1) Admission of new students administration covered a) the decree of local educational board serve as a guidelines in admission program admission committee divided into different subdivision b) the opening of admission period refers to school program c)promotion system were employed in selection and graduation system of Kindergarten Negeri those who will accepted are four years old children another terms applied in admission program is children with special needs within low level are welcome to enrolled. while Kindergarten Islam Nur Al Rahman employs an observation test to determine whether their future students are children with special needs or the normal one it also to determine the level of development stages 2) pupil personnel development involved all resources and parties within the school it consists of academic activities and non-academic activities for instance all activities which stimulate the students development stages and habituation activity discipline indoctrination extracurricular activities character building and religious activities. (b) the integration of parents and school communication and relationship therefore the students development motivation giving process in stimulating their development runs well (3) pupil personnel evaluation covers (a) developmental evaluation coordination meetings teacher assessment report which covered all aspects of the students and will be reported to their parents as a part of school responsibilities. (b) the feedbacks to the evaluation are reward awarding extra hours as a preparation stage for those who would continue their study to elementary school remedial program for those who require admonition to stimulate their growth and development and increase the ability publication on students achievement it is expected to motivate students Based on findings the writer suggested to 1) The Office of Education should pay more attention yet intensively in providing guidance and provision of facilities to schools and provide regulation assistance and solutions related to student management programs and also provide teachers for children with special needs in inclusive schools 2) it is advisable that the Nur Al Rahman foundation to supports all programs implemented by the school to bring the school vision into reality to give more appreciation to the learners with achievement such as scholarships awarding 3) the principal of TK Negeri Pembina (a) constantly giving information to the public about the school policy which admit students with special needs (b) organizing extracurricular activities which in turn all school facilities can be optimize to facilitate students aptitude and interest TK Islam Nur Al Rahman (a) to be constantly in involving all school personnel in admission program especially teacher which has responsibilities to students development stages (b) increasing the non-academic activities 4) for Teachers in both schools it is advisable that the programs for the continuous development of the students should be carried out continuously in order to create optimum services to the students in providing a means to discharging the interest talents and potential of learners as well as the inculcation of the character in the school in accordance with the objectives of the school (5) for further researcher further research need to be done to reveal pupil personnel administration with various background and different focus to enrich the body of knowledge delivered from this research

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57618

Actions (login required)

View Item View Item