Strategi kepala SD, SMP dan SMA pada Yayasan Pesat dalam menyelesaikan konflik di Kabupaten Nabire Provinsi Papua / Abai Manupak Tambunan - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepala SD, SMP dan SMA pada Yayasan Pesat dalam menyelesaikan konflik di Kabupaten Nabire Provinsi Papua / Abai Manupak Tambunan

Tambunan, Abai Manupak (2017) Strategi kepala SD, SMP dan SMA pada Yayasan Pesat dalam menyelesaikan konflik di Kabupaten Nabire Provinsi Papua / Abai Manupak Tambunan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tambunan Abai Manupak.2017. Strategi kepala sekolah SD SMP dan SMA pada yayasan PESAT dalam penyelesaian konflik di Kabupaten Nabire Provinsi Papua. Tesis Progam Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Huda A.Y. M.Pd.(II). Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd Kata kunci Strategi Kepala Sekolah Penyelesaian Konflik Yayasan PESAT Keberadaan yayasan pendidikan sangat diharapkan bagi kemajuan dan perkembangan pendidikan di Indonesia akan tetapi tidak menutup fakta keberadaan yayasan pendidikan di wilayah tanah air rentan dan dapat saja berhenti sewaktu-waktu dalam upaya membantu serta bekerja sama dengan pemerintah dalam mewujudkan cita-cita pendidikan Indonesia. Faktor tutupnya banyak yayasan pendidikan dapat berasal dari berbagai kemungkinan baik dari faktor internal maupun eksternal yayasan seperti banyaknya konflik yang tidak terselesaikan kurangnya dana pembiayaan dan lain sebagainya. Salah satu yayasan yang sampai saat ini berkarya diujung timur tanah air di bumi Papua adalah yayasan Pelayanan Desa Terpadu (PESAT). Yayasan tersebut sudah bekerja sama dengan pemerintah kurang lebih 20 Tahun mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kecakapan dan kepiawaian tersebut tidak serta merta datang dengan sendirinya ditemukan berbagai strategi yang digunakan oleh kepala sekolah yang bekerja sama dengan yayasan dalam menjaga kondisi yang kondusif. pengelolaan konflik yang dilakukan kepala sekolah-kepala sekolah mampu menjadikan citra sekolah-sekolah di bawah naungan yayasan PESAT ungul dan menjadi sekolah favorit di Kabupaten Nabire Provinsi Papua. Fokus penelitian ini melihat bagaimana dan faktor apa saja yang mempengaruhi serta memberi dampak terhadap strategi kepala sekolah-kepala sekolah dalam Menyelesaikan konflik pada yayasan. Dengan rincian fokus sebagai berikut (1) Jenis-jenis konflik di SD SMP dan SMA pada yayasan PESAT (2) Peran kepala SD SMP dan SMA pada yayasan PESAT dalam Menyelesaikan konflik.(3) Strategi keluarga besar SD SMP dan SMA pada yayasan PESAT dalam Menyelesaikan konflik Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi dengan rancangan studi analisis Multi Situs dimana digunakan untuk mengembangkan teori dengan menggunakan beberapa situs. Pendekatan kualitatif fenomenologi dilakukan dengan mengungkapkan semua proses etik yang ada dalam suatu fenomena sosial dan mendeskripsikan kejadian kejadian proses sosial apa adanya dengan menguraikan interprestasi atau suatu pengalaman dan memberikan arti dari pengalaman yang dirasakan oleh orang-orang dengan instrumen utamanya peneliti sendiri dan lebih banyak mengungkap dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara (1) wawancara mendalam (2) Observasi (3) Studi dokumentasi. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (a) Reduksi Data (b) Penyajian Data (c) Penarikan Kesimpulan dan agar memperoleh keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan atas sejumlah kriteria tertentu peneliti akan menggunakan derajat kepercayaan (credibility) dalam pengecekan keabsahan temuan tersebut. Dari hasil paparan data penelitian di lapangan ditemukan bahwa kepala sekolah memilki peranan penting dalam terwujudnya kondisi kondusif tentram dan damai yang dapat meningkatkan prestasi dan mutu sekolah dengan strategi penyelesaian konfliknya dari paparan data penelitian juga ditemukan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi penyelesaian konflik kepala-kepala sekolah dibawah naungan yayasan PESAT yang lebih tepat telah menjawab fokus penelitian diantaranya (1) Jenis-jenis konflik yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan aktivitas sosial terjadi oleh berbagai macam sebab yang dilakukan individu dalam upaya mempertahankan berbagai macam perbedaan dan kepentingan jenis konflik tersebut diantaranya. a) Jenis konflik internal seperti konflik karena perbedaan kepentingan karena latar belakang perbedaan kepentingan karena perubahan nilai dalam organisasi perbedaan loyalitas pengabdian. b) Jenis konflik eksternal seperti jenis konflik karena perbedaan budaya sekolah dengan budaya masyarakat banyaknya paham pemisahan atau separatisme yang berkembang dimasyarakat. (2) Kepala sekolah-kepala sekolah selalu mendapat pembinaan dan pengajaran yang secara implisit juga terdapat pembinaan bagaimana menyelesaikan konflik berdasarkan nilai-nilai Kristen. Semua peran dilakukan tidak lepas dari gaya kepemimpinan dengan corak atau pengaruh kepemimpinan Alkitabiah seperti kepala SD Kristen Agape yang memiliki gaya kepemimpinan kemitraan berdasarkan kisah yesus bersama murid-muridnya kepala SMP Kristen Anak Panah yang terinspirasi gaya kepemimpinan Paulus yang demokratis serta kepala SMA Kristen Anak Panah yang terinspirasi dari gaya kepemimpinan Paulus yang parsitipatif. (3) Strategi keluarga besar sekolah dilakukan terkondisi dengan situasi yang mereka alami dengan bimbingan pengajaran tentang nilai-nilai Kristen yang mereka terima dianggap sebagai suplemen atau pemicu semangat yang membawa dampak positif dalam ketercapaian tujuan penyelesaian konflik. Adapun saran berdasarkan temuan-temuan penelitian ini adalah (1) bagi kepala sekolah agar mampu meningkatkan kepemimpinan yang efektif baik dalam penyelesaian konflik berdasarkan nilai-nilai Kristen (2) kepada yayasan agar kedepannya dapat mendirikan sekolah yang menyebar diseluruh wilayah Papua. (3) untuk guru kedepannya untuk menjadikan nilai-nilai kristen sebagai standar keprofesionalan pendidik di sekolah sekolah yayasan PESAT (4) untuk masyarakat kedepanya agar lebih berpartisipatif dalam menyekolahkan anak demi kemajuan masyarakat Papua (5) peneliti lain agar mampu melanjutkan penelitian tentang penyelesaian konflik oleh kepala sekolah dari perspektif nilai-nilai agama lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57617

Actions (login required)

View Item View Item