Kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan budi pekerti berbasis budaya lokal (studi multi situs SDN Percontohan PAM dn SDN Unggulan Monginsidi 1 Kota Makassar) / Erfan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan budi pekerti berbasis budaya lokal (studi multi situs SDN Percontohan PAM dn SDN Unggulan Monginsidi 1 Kota Makassar) / Erfan

Erfan (2017) Kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan budi pekerti berbasis budaya lokal (studi multi situs SDN Percontohan PAM dn SDN Unggulan Monginsidi 1 Kota Makassar) / Erfan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erfan. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Budaya Lokal (Studi Multi Situs di SDN Percontohan PAM dan SDN Unggulan Mongisidi 1 Kota Makassar. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M. Pd (II) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudijanto W.W. M. A Ph.D. Kata Kunci kepemimpinan kepala sekolah implementasi pendidikan budi pekerti Kepemimpinan kepala sekolah yang kuat adalah kepemimpinan yang mampu membangun budaya dan proses organisasi yang baik serta menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif. Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin haruslah memiliki sifat dan kepribadian yang menonjol dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kepemimpinan kepala sekolah dapat dijadikan sebagai upaya dalam mendorong dan memotivasi dalam pengimplementasian pendidikan budi pekerti. Pengimplementasian pendidikan budi pekerti di sekolah adalah salah satu upaya dalam membina kepribadian peserta didik dan membiasakan peserta didik untuk berpola pikir bersikap berkata dan bertindak yang mencerminkan nilai norma dan moral luhur bangsa Indonesia yang tercermin dalam dimensi keagamaan kesusilaan kemandirian serta menciptakan suasana sekolah yang kondusif untuk berlangsungnya pembentukan budi pekerti yang luhur. Penelitian ini secara khusus berusaha menemukan karakteristik kepemimpinan kepala sekolah dan peran kepala sekolah dalam pengimplementasian pendidikan budi pekerti di sekolah. Fokus penelitian penelitian ini tertuju pada kepemimpinan kepala sekolah dalam pengimplementasian pendidikan budi pekerti di SDN Percontohan PAM dan SDN Unggulan Mongisidi 1 Kota Makassar. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah (1) karakteristik kepemimpinan kepala sekolah di SDN Percontohan PAM dan SDN Unggulan Mongisidi 1 Kota Makassar (2) peran kepala sekolah dalam implementasi pendidikan budi pekerti di di SDN Percontohan PAM dan SDN Unggulan Mongisidi 1 Kota Makassar dan (3) implementasi pendidikan budi pekerti di SDN Percontohan PAM dan SDN Unggulan Mongisidi 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu multi situs hal ini berdasarkan kesamaan karakteristik lokasi penelitian di SDN Percontohan PAM dan SDN Unggulan Mongisidi 1 Kota Makassar. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa dan dilakukan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpilan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan pengamatan triangulasi tersedianya referensi dan member check. Setelah data secara keseluruhan telah diperiksa data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis dalam situs dan analisis lintas situs. Temuan penelitian ini meliputi (1) karakteristik kepemimpinan kepala sekolah di SDN Percontohan PAM dan SDN Unggulan Mongisidi 1 Kota Makassar berlandaskan kepada nilai budaya dan falsafah lokal yang diyakini dan dijadikan landasan dalam berfikir dan bertindak yaitu taro ada taro gau sipakatau sipakalebbi sipakainge dan sipatokkong (2) peran kepala sekolah dalam pengimplementasian pendidikan budi pekerti di SDN Percontohan PAM dan SDN Unggulan mongisidi 1 Kota Makassar adalah sebagai kordinator dalam setiap program/kegiatan pendidikan budi pekerti di sekolah memberikan dorongan dan pengarahan memberikan penghargaan kepada siswa dan guru membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman menjadi teladan terhadap seluruh warga sekolah dan sebagai motivator dan (3) implementasi pendidikan budi pekerti di SDN Percontohan PAM dan SDN Unggulan mongisidi 1 Kota Makassar bukanlah sebuah mata pelajaran yang berdiri sendiri namun lebih diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran dan mata pelajaran yang relevan terintegrasi ke dalam kegiatan sehari-hari dan membangun komunikasi yang baik dengan orangtua siswa. Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan kepada (1) kepala sekolah agar lebih memperhatikan penekanan penggunaan alat-alat elektronik di sekolah dengan membatasi dengan memperbolehkan siswa menggunakan alat-alat elektronik pada waktu tertentu serta memberikan pengawasan dalam penggunaan alat-alat elektronik di sekolah (2) kepala dinas pendidikan kota makassar untuk membuat kebijakan yang mewajibkan agar setiap sekolah menciptakan terobosan baru dalam hal program/kegiatan menumbuhkan budi pekerti siswa di sekolah dan dalam hal kepemimpinan diharapkan agar memberi penguatan tentang karakteristik kepala sekolah agar dapat diaplikasikan dan dikembangkan di sekolah-sekolah lainnya (3) mahasiswa manajemen pendidikan terkait dengan hasil penelitian ini dapat memperdalam konsep-konsep tentang kepemimpinan dan pengimplementasian pendidikan budi pekerti di sekolah dan (4) peneliti lanjutan lebih mengembangkan penelitian tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam pengimplementasian pendidikan budi pekerti dari berbagai bidang agar bermanfaat dalam dunia pendidikan. ABSTRACT Erfan. 2017. The Principal Leadership in Implementating Building Character Education Based on Local Culture (Multi Site Study in SDN Percontohan PAM and SDN Unggulan Monginsidi 1 Makassar City. Thesis Department of Management Education Graduate Program of State University of Malang. Advisors (I) Dr. H. Imron Arifin M. Pd (II) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudijanto W.W M. A Ph.D. Keywords the principal leadership implementation building character education The strong principal leadership is a leadership that able to build the culture and processes of the organization as well as creating a school environment that is comfortable and conducive. The principal as a leader must has the qualities and personality that stands out in performing their duties and responsibilities. The principal leadership can be used as an attempt to encourage and motivate the implementation of character education. The implementation of character education in schools is one of the efforts in developing the students personality and familiarize the learners to mindset attitude say and act which reflects the values norms and moral nobles of Indonesia nation which reflects in the religious dimension ethics independence and creating a conducive school atmosphere to the ongoing formation of noble character. This study is specifically trying to find the characteristics of principal leadership and the role of the principal in implementing the character education at schools. This study was focused on the principal s leadership in implementing the character education at SDN Percontohan PAM and SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar City. The focus of this study are (1) the characteristics of the principal leadership in SDN Percontohan PAM and SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar City (2) the role of the principal in implementing character education at SDN Percontohan PAM and SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar City and (3) the implementation of character education in SDN Percontohan PAM and SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar City. This study was used qualitative approach. The type of this study was multi-site it is based on similar characteristics of the location in SDN Percontohan PAM and SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar City. Techniques in data collection used in-depth interviews participant observation and documentation study. The collected data were checked and carried out data reduction data presentation and drawing conclussion or verification. Checking the validity of the data was done by increasing the persistence of observation triangulation the availability of references and member check. After the overall data have been checked the data were analyzed by using in-site analysis and cross site analysis. The findings of the study were (1) the characteristics of principal leadership in SDN Percontohan PAM and SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar City were based on the value of local culture and philosophy that were believed and used as a basis in thinking and acting that were taro no taro gau sipakatau sipakalebbi sipakainge and sipatokkong (2) the role of the principal in implementing character education in SDN Percontohan PAM and SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar City was as a coordinator in each program / activities of character education in schools providing encouragement and guidance giving reward to the students and teachers making the environment school to be comfortable being an example to the whole school community and as a motivator and (3) the implementation of character education in SDN Percontohan PAM and SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar City was not a subject that standed alone but rather integrated into the learning process and the relevant subject integrated into daily activities and establish communication with the students parents. Based on the findings it is advisable to (1) the principal to be more attention to the emphasis of the electronic tools use in schools by limitating and allowing students to use electronic devices at a certain time and provides supervision in the electronic tools use in schools (2) the head of education in Makassar City to create a policy that requires every school to create a new inovation in terms of program / activities that foster the students moral character in school and in leadership it is expected to provide reinforcement of the principal characteristics to be applied and developed in other schools (3) the students of management education related to the results of this study they can deepen the concepts of leadership in implementating character education at schools and (4) advanced researcher further develop the research on the principal leadership in some aspects of education field.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57616

Actions (login required)

View Item View Item