Hubungan kompetensi kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kelengkapan sarana prasarana dengan kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung / Muhamad Ramdan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kompetensi kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kelengkapan sarana prasarana dengan kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung / Muhamad Ramdan

Ramdan, Muhamad (2017) Hubungan kompetensi kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kelengkapan sarana prasarana dengan kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung / Muhamad Ramdan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramdan Muhamad. 2017. Hubungan Kompetensi Kepala Sekolah Motivasi Kerja Guru dan Kelengkapan Sarana Prasarana dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata Kunci kompetensi kepala sekolah motivasi kerja guru kelengkapan sarana dan prasarana kinerja guru. Penelitian ini bertolak dari permasalahan akan pentingnya kinerja guru dalam upaya peningkatan dan pengembangan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru perlu dicari demi peningkatan kualitas pendidikan tersebut. Diantara banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru antara lain adalah kompetensi kepala sekolah motivasi kerja guru dan kelengkapan sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan persepsi guru terhadap kondisi kompetensi kepala sekolah motivasi kerja guru kelengkapan sarana prasarana dan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan langsung hubungan tidak langsung dan hubungan simultan yang signifikan antara kompetensi kepala sekolah motivasi kerja guru dankelengkapan sarana prasarana dengan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.Rancangan penelitiannya menggunakan deskriptif korelasional.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 290 orang guru SD Negeri di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.Kemudian diambil sebagai sampel sebanyak 168 orang guru yang ditentukan dengan menggunakan formula Slovin dengan teknik proportional random sampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis deskriptif rerata menunjukan bahwa kompetensi kepala sekolah berada pada ketegori baik sedangkan motivasi kerja guru kelengkapan sarana prasarana dan kinerja guru berada pada ketegori sangat baik. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis jalur menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kompetensi kepala sekolah dengan kelengkapan sarana dan prasarana besarnya koefisien jalur (beta) 8 70 % (2) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara motivasi kerja guru dengan kelengkapan sarana dan prasarana besarnya koefisien jalur 40 6 % (3) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kompetensi kepala sekolah dengan kinerja guru besarnya koefisien jalur 1 4 % (4) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru besarnya koefisien jalur 3 2 % (5)terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kelengkapan sarana dan prasarana dengan kinerja guru besarnya koefisien jalur 50 9 % (6) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kompetensi kepala sekolah dengan kinerja guru melalui kelengkapan sarana dan prasarana sebesar 0 328 (7) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru melalui kelengkapan sarana dan prasarana sebesar 0 081 (8) terdapat hubungan yang simultan yang signifikan antara kompetensi kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kelengkapan sarana dan prasarana sebesar R square 75 4% (9) terdapat hubungan simultan yang signifikan antara kompetensi kepala sekolah motivasi kerja guru dan kelengkapan sarana prasarana dengan kinerja guru yaitu sebesar R square92 5%. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teoritis dalam memperkuat teori-teori dan temuan-temuanpenelitian sebelumnya serta berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan terutama dalam manajeman pendidikan. Hasil penelitian ini juga memberikan implikasi praktis terhadap upaya peningkatan kinerja guru dalam kaitannya dengan kompetensi kepala sekolah motivasi kerja guru dan kelengkapan sarana prasarana di SD Negeri Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Saran untuk pihak terkait (1) bagi Kepala Dinas Pendidikan Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung hendaknya dapat memberikan pembinaan dan pengembangan secara periodik dan terencana kepada para kepala sekolah sehingga kompetensi kepala sekolah bisa meningkat dan berkembang secara berkelanjutan (2) bagi KepalaSD di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung seyogyanya hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan yang tepat dalam pembinaan guru sehingga guru-gurunya mempunyai kinerja yang sangat baik serta dapat dijadikan sebagai acuan bagi pemenuhan kelengkapan sarana prasarana sekolah dan pembinaan motivasi kerja yang sangat baik dalam rangka terciptanya sekolah yang efektif dan efesien (3) bagi Guru SD di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung hendaknya hasil penelitian ini dijadikan untuk meningkatkan pemahaman ilmu pengetahuan tentang kompetensi kepala sekolah motivasi kerja guru dan kelengkapan sarana prasarana yang pada akhirnya pemahaman tersebut dapat meningkatkan kinerjanya (4) bagi peneliti lain hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dan semoga dapat memberikan sumbangan pada pengembangan sumber daya manusia khususnya dalam bidang manajemen pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57613

Actions (login required)

View Item View Item