Implementasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dalam peningkatan profesionalisme guru di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang / Hari Suprayogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dalam peningkatan profesionalisme guru di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang / Hari Suprayogo

Suprayogo, Hari (2016) Implementasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dalam peningkatan profesionalisme guru di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang / Hari Suprayogo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suprayogo H. 2016. Implementasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang.Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (2) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd Kata kunci penilaian kinerja guru profesionalisme guru. Profesionalisme guru merupakan hal penting yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Upaya peningkatan profesionalisme guru harus dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh organisasi profesi guru. Salah satu cara untuk meningkatakan profesionalisme guru ialah dengan dilaksanakanya Penilaian Kinerja Guru (PKG). Dalam pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan mencari-cari kelemahan dan kelemahan guru tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional karena pada dasarnya harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Dengan dilaksanakanya PKG maka akan menemukan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya akan memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga profesional.Sehingga jika para guru sudah profesional maka tujuan peningkatan mutu pendidikan akan mudah terwujud sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dari pendidikan nasional negara kita. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan prosedur penilaian kinerja guru (2) mendeskripsikan komponen penilaian kinerja guru (3) mendeskripsikan manfaat Penilaian Kinerja Guru dalam peningkatan profesionalisme guru di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang. (4) mendeskeripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penilaian kinerja guru. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal yaitu mengungkap suatu kasus secara intensif mendalam mendetail dan komprehensif tentang implementasi penilaian kinerja guru dalam peningkatan profesionalisme guru dengan lokasi penelitian di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam (indepth interview) obeservasi partisipan (participant observation) dan studi dokumentasi (study of document). Data yang terkumpul dianalisis secara berulang dan mendalam dengan teknik analisis kualitatif. Pengecekan keabsahan data yang diperoleh dilakukan dengan menggunakan derajat kepercayaan (credibility) melalui trianggulasi baik sumber maupun metode. Hasilnya dapat diketahui bahwa Fokus (1) tentang prosedur penilaian kinerja guru meliputi tahap (1)Persiapan dengan mengadakan rapat sosialisasi dan penyusunan jadwal PKG(2) Pelaksanaan berupa teknik kunjungan kelas 3) Pemberian nilai berupa penskoran dan konversi nilai dan (4) Laporanberupa melaporkan hasil PKG ke kantor UPT Kecamatan dan Dinas Pendidikan Kota Malang. Fokus (2) tentang komponenpenilaian kinerja guru meliputi (1) Kompetensi pedagogik diantaranya (a) menguasai karakter peserta didik (b) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik (c) pengembangan kurikulum (d) kegiatan pembelajaran yang mendidik (e) pengembangan potensi peserta didik (f) komunikasi dengan peserta didik (g)penilaian dan evaluasi.(2) Kompetensi Kepribadian diantaranya (a) bertindak sesuai norma agama hukum sosial dan kebudayaan nasional (b) menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan (c) etos kerja tanggung jawab yang tinggi rasa bangga menjadi guru.(3) Kompetensi Sosial diantaranya a) bersikap inklusif bertindak obyektif serta tidak diskriminatif b) Komunikasi dengan sesama guru tenaga kependidikan orang tua peserta didik dan masyarakat. (4) Kompetensi profesional diataranya (a) penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (b) mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif. Fokus (3) yaitu manfaat penilaian kinerja guru diantaranya (1) untuk mengukur kemampuan dan cara mengajar guru (2) semakin meningkatkan kemampuan diri dalam berinovasi dan kreativitas mengajar (3) untuk kenaikan pangkat. Fokus (4) yaitu faktor pendukung dan penghambat bagi guru yaitu (1) Faktor pendukung meliputi (a) motivasi kepala sekolah (b) dukungan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (c) lingkungan kerja yang kondusif (d) kerjasama antar guru. (2) Faktor penghambat meliputi (a) pegawai dengan usia yang mendekati pensiun yang memiliki semangat kinerja yang menurun (b) keterbatasan waktu dalam menyiapkan bahan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada (1) Dinas Pendidikan Kota Malang supayahasil dari Penilaian Kinerja Guru (PKG) ini dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk menyaring Guru yang profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan Kota Malang.(2) Kepala Sekolah hendaknya memberikan penghargaan kepada guru yang memiliki nilai tertinggi PKG sebagai motivasi bagi guru lainnya. (3) Bagi Guru disarankan dengan adanya PKG maka kinerja guru semakin profesional(4) Pengawas disarankan berperan aktif dalam mengontrol pelaksanaan PKG diwilayahnya masing-masing. (4) Bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dan mengkaji lebih mendalam tentang Implementasi PKG di jenjang sekolah lebih tinggi (SMP SMA SMK) agar penelitian tentang PKG ini semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57608

Actions (login required)

View Item View Item