Arifuddin, Bagus (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dikolaborasikan dengan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Surya Buana Malang / Bagus Arifuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dikolaborasikan dengan Mind mapping yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII Semester II MTs Surya Buana Malang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan pengumpulan data menggunakan hasil observasi tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tipe jigsaw yang dikolaborasi dengan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas VIIB di MTs Surya Buana Malang. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata pre test siswa sebesar 62 2 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 38%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69 7 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 72%. Kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 90%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 25 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/576 |
Actions (login required)
View Item |