Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (studi multisitus di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram Kota Nusa Tenggara Barat) / Satria Irwandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (studi multisitus di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram Kota Nusa Tenggara Barat) / Satria Irwandi

Irwandi, Satria (2016) Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (studi multisitus di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram Kota Nusa Tenggara Barat) / Satria Irwandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irwandi Satria. 2016. Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar ( study multi situs di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M Pd (II) Dr. H. Sultoni M.Pd Kata Kunci peran sekolah perilaku hidup sehat sekolah dasar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menemukan kerangka teori substantif tentang peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa Sekolah Dasar Negeri 6 Mataram dan SekolahDasarNegeri 41 Mataram.Berdasarkan konteks penelitian dapat dirumuskan fokuspenelitiansebagai berikut (1) Program sekolah yang mengandung muatan yang menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa (2) Peran personilsekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat siswa yang mencakup (a) peran kepala sekolah (b) peran guru (c) peran tenaga kependidikan (3) Sarana prasarana sebagai penunjang untuk menumbuh-kembangkan perilaku hidup sehat pada siswa di sekolah. (4)Strategiyang dipergunakan dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa disekolah. (5) Upaya sekolah memberikan reward dan punishment kepada siswa dalam menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Rancangan ini dipilih karena subyek pada situs penelitian memiliki karakteristik yang sama. Penelitian ini menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data yaitu (1) wawancaramendalam (2) observasipartisipan dan (3) studi dokumentasi. Data dianalisismelalui dua tahap yaitu analisissitus tunggaldan analisis lintas situs.Analisissitustunggaldilakukansecarainteraktifmelaluipengolahan data reduksi data pemaparan data danperumusankesimpulan analisislintassitusdilakukanmelaluitehnikinduksianalitik.Untukmenjaga keabsahan data dalam penelitian digunakan tiga kriteria yaitu (1) derajat kepercayaan (2)keteralihan dan (3) kepastian. TemuanPenelitianadalah sebagai berikut (1)Program sekolah sebagai usaha sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa dilakukan dengan mengadakan berbagai program yang mendukung usaha sekolah dalam menumbuhkembagkan perilaku hidup sehat tersebut berupa program operasi semut program sabtu bersih upacara bendera senam pagi doa bersama aubade dan program UKS. Program-program tersebut dilaksanakan sekolah secara terus-menerus dan sistematis agar tujuan yang diharapkan berupa perubahan perilaku pada siswa dapat tercapai (2) peranpersonilsekolah yang meliputiperankepalasekolahsebagaieducator(pendidik) kepala sekolah bereperan sebagai inovator kepala sekolah berperan sebagai motivator(pemberi motivasi) dan perankepalasekolahsebagai climator(penciptasuasana kondusif) peran guru sebagai pengajar pembimbing siswa pada kegiatan yang mendorong siswa dalammenumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sebagai motivator dengan memberikan penghargaan terhadap prestasi dan perilaku siswa dan sebagai evaluator dari perilaku hidup sehat siswa serta mengevaluasi tumbuh kembang anak melalui kegiatan penimbangan berat badan siswadanperantenagakependidikanyaitumemberikan pelayanan yang maksimal berupa pelayanan administrasi dan pelayanan teknis yang mendukung program sekolah tentang perilaku hidup sehat (3) saranadanprasarana yang dipakaidalammenumbuhkembangkanperilakuhidupsehatsiswaterbagimenjadisarana yang habispakaidandigunakan di dalamruangansertasarana yang tidakhabisterpakai yang digunakan di dalamruangandandiluarruangansedangkanprasaranaterbagaimenjadiprasarana yang langsungdigunakandalamupayamenumbuhkembangkanperilakusehatpadasiswadanprasarana yang tidaklangsungdigunakandalamupayamenumbuhkembangkanperilakuhidupsehatpadasiswa (4)strategi yang digunakan sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku sehat pada siswa adalah melalui pembelajaran di kelas dengan mengintegrasikan pengetahuan tentang perilaku hidup sehat didalam pelajaran terutama yang menyangkut tema pendidikan di kurikulum 2013 dan pembelajaran tentang lingkungan hidup (PLH) sebagai muatan lokal (5) penghargaan (reward) kepada siswa seperti pujian dan perhatian kepada siswa yang berperilaku hidup sehat disekolah sedangkan sanksi (punishment) diberikan berupa peringatan secara lisan dan memberikan sanksi yang bersifat mendidik dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkunga dan memberikan efek jera kepada siswa agar tidak mengulangi perbuatan tersebut Dari hasil penelitian tersebut diberikan saran-saran sebagai berikut (1) bagi kepala sekolah khususnya SD Negeri 6Mataram dan SD Negeri 41 Mataram adalah mengoptimalkan program yang dijalankan dengan bekerjasama dengan instansi kesehatan dan instansi lain yang terkait dan menjadi model bagi sekolah lain dalam program penumbuhkembangan perilaku hidup sehat. (2)Bagi Guru lebih meningkatkan peran sebagai educator dan pembimbing siswa dalam perilaku hidup sehat karena siswa butuh figur sebagai contoh.(3) Bagi orang tua agar selalu memberikan dukungan dalam kegiatan sekolah terutama yang berkaiatan dengan program kesehatan di sekolah sehingga tujuan kegiatan tentang perilaku hidup sehat ini dapat berdampak di rumah dan lingkungan tempat tinggal siswa. (4) Bagi Pemerintah disarankan agar program-program sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat di sekolah didukung pengadaan sarana dan prasarana serta pelatihan bagi personil sekolah.(5) Bagi kalangan Akademis khususnya para peneliti selanjutnya pada penelitian membahas tentang program dan peran personil sekolah sehingga disarankan untuk meneliti lebih lanjut tentang peran orang tua dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat di rumah dan penelitian tentang perilaku hidup sehat siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57593

Actions (login required)

View Item View Item