Maulidiyati, Novi (2016) Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah (studi multi kasus pada SDN Kejambon 2 dan SDIT Usamah Kota Tegal) / Novi Maulidiyati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maulidiyati Novi. 2016. ManajemenHubunganSekolahdenganMasyarakatdalamPeningkatanMutuPendidikan di Sekolah (Studi Multi Kasuspada SD NegeriKejambon 2 dan SDIT Usamah Kota Tegal).Tesis. Program StudiManajemenPendidikan PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Prof. Dr. I NyomanSudanaDegeng M.Pd. Kata Kunci manajemen hubungansekolahdenganmasyarakat mutupendidikan Hubungansekolahdenganmasyarakatmempunyaiperanpentingdalampeningkatanmutupendidikan di sekolah karenamasyarakatadalahstakeholders pendidikan yang memilikikepentinganakankeberhasilanpendidikan di sekolahdansekolahakandapatmemerankanfungsinyadenganmaksimalapabiladidukungolehsemuakomponen yang bertanggungjawabdalammenyelenggarakanpendidikan yaitukeluarga pemerintah danmasyarakat. Melaluiketerlibatanmasyarakat makakegiatanoperasional kinerja danproduktivitassekolahdiharapkandapatterbantu.Peranserta dukungan dansimpatimasyarakatterhadappeningkatanmutupendidikanakanmaksimalapabilasekolahsecaraproaktifdankreatifmengembangkanhubungankerjasama yang harmonisdansinergisdenganmasyarakatmelaluimanajemenhubungansekolahdenganmasyarakat. Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk (1) menguraikanperencanaanhubungansekolahdenganmasyarakatdalampeningkatanmutupendidikan (2) menguraikanpengorganisasianhubungansekolahdenganmasyarakatdalampeningkatanmutupendidikan (3) menguraikanpelaksanaanhubungansekolahdenganmasyarakatdalampeningkatanmutupendidikan dan (4) menguraikanevaluasihubungansekolahdenganmasyarakatdalampeningkatanmutupendidikan di SD NegeriKejambon 2 dan SDIT Usamah Kota Tegal. Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganrancanganstudi multi kasus.Data dalampenelitianinididapatmelaluiwawancaramendalam observasi danstudidokumentasi.Analisis data dibagidalamduatahap yaknianalisis data individudananalisis data lintaskasus. Hasiltemuanlintaskasusmenunjukan (1) perencanaanprogram/kegiatanhubungansekolahdenganmasyarakatdalampeningkatanmutupendidikan di sekolahmelibatkanseluruhpersoniltermasuk orang tuamurid komitesekolah danmasyarakat. Jikamasyarakattidakdilibatkandalam proses perencanaan makasekolahharustetapmensosialisasikan program/kegiatan yang telahdiputuskan (2) proses pengorganisasianhubungansekolahdenganmasyarakatdalampeningkatanmutupendidikan di sekolahdenganmenunjuk guru yang kompetensesuaidenganjumlah SDM yang adauntukmengkoordinirkegiatan yang berhubungandenganmasyarakatdanuntukkegiatantertentu dibentuktimkhususyagberanggotakan guru danperwakilan orang tuamuridmaupunmasyarakat (3) untukpelaksanaanhubungansekolahdenganmasyarakatdalampeningkatanmutupendidikan di sekolah kepalasekolahmelakukanberbagaicara sepertimemberikancontohteladan yang baik selalumemberipengarahandanmotivasi memberi bonus ekstra di luargaji memberikesempatankepadaparastafuntuklebihmengembangkankompetensinya danbahkan di sekolahtertentuadalebihbanyakcara yang dilakukan sedangkanuntuklebihmemotivasimasyarakat denganberusahaterbukadenganmasyarakatdalamsegalahal terutamapendanaanataudenganmembuatberbagai program/kegiatanuntukmengakrabkandiridenganmasyarakat dan (4) proses evaluasihubungansekolahdenganmasyarakatdalampeningkatanmutupendidikan di sekolahdilakukanbersamaolehpihaksekolahdanmasyarakat namun di sekolahtertentuevaluasihanyadilakukanolehpihaksekolah pihakmasyarakathanyamembantu proses evaluasi misalnyadengankuesioner sedangkankaitannyadenganpeningkatanmutupendidikan di sekolah indikatorevaluasipeningkatanmutupendidikan di sekolahberdasarkanhubungansekolahdenganmasyarakatmeliputiprestasiakademikdan non akademik lulusan penyelenggaraankegiatanpembelajaran kondisisekolah danadajuga yang mengevaluasipendidikankarakter (guru murid dan orang tuamurid). Saran-saran yang dapatdikemukakanolehpenelitiadalah (1) bagiKepalaDinasPendidikan Kota Tegal Kepala UPPD Kecamatan di Kota Tegal danparapengawas SD untukmenggunakanhasilpenelitianinisebagaipengetahuantentangbagaimanaseharusnyamanajemenhubungansekolahdenganmasyarakat yang ada di sekolah agar dapatdijadikanmasukandalammeningkatkanmutupendidikan di lingkungankerjanya (2) bagikepalasekolahadabaiknyamenjadikanhasilpenelitianinisebagaisalahsatubahanrujukandalammengelolahubungansekolahdenganmasyarakatdalampeningkatanmutupendidikan di sekolah (3) bagi orang tuamuriddanmasyarakatuntukmenumbuhkankesadarantentangpentingnyakerjasamaaktifdari orang tuamuriddanmasyarakatterhadap program-program/kegiatan-kegiatan yang ada di sekolahgunapeningkatanmutupendidikan agar nantinyamasyarakatmenjadilebihpeduliterhadapmutupendidikan di sekolah dan (4) bagipeneliti lain agar dapatmempertimbangkanhasilpenelitianinisebagaibahanreferensidalammelakukanpenelitianpadakasussejenisdenganlatar yang berbeda agar dapatmelakukanstudilebihlanjuttentangperananataupengaruh variable hubungansekolahdenganmasyarakatdalammeningkatkanmutupendidikan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57591 |
Actions (login required)
View Item |