Hakim, Lukmanul (2015) Implementasi budaya madrasah berbasis pesantren dalam membentuk karakter spiritual peserta didik (studi multi kasus pada Madrasah Aliyah Dakwah Islamiyah Putra Kediri dan Madrasah Aliyah Al-Aziziyah Putra Gunungsari di Kabupaten Lombok Barat NTB) / Lukmanul Hakim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ii Dakwah Islamiyah Putra dan MA. Al-Aziziyah Putra dilihat dari (a) karakteristik budaya madrasah berbasis pesantren di kedua lembaga terdiri atas nilai-nilai yang dijadikan pedoman berperilaku individu dan kelompok (b) peran dan fungsi budaya madrasah berbasis pesantren dalam melakukan proses transfer ilmu agama Islam mencetak kader-kader ulama dan mempertahankan tardisi (c) faktor-fator yang membentuk budaya madrasah berbasis pesantren di kedua lembaga seperti kepemimpinan Tuan Guru kitab-kitab rujukan umum dan sisitem nilai (value sistem) yang digunakan (d) model pendidikan dalam budaya madrasah berbasis pesantren di kedua lembaga yaitu model pendidikan keterampilan hidup (life skill) dan (e) pendekatan dan langkah-langkah dalam membentuk karakter spiritual peserta didik di kedua lembaga dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan dengan melibatkan aspek knowledge feeling loving and action. (2) proses internalisasi budaya madrasah berbasis pesantren di kedua lembaga meliputi (a) menciptakan budaya madrasah berbasis pesantren melalui kepemimpinan Tuan Guru yang mempekerjakan dan mempertahankan orang-orang yang berdedikasi tinggi dengan cara berpikir yang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut dimana Tuan Guru sendiri sebagai model peran (b) mengembang-kan budaya pondok pesantren kedua lembaga melalui cerita ritual lambang kebendaan dan bahasa dan (c) mempertahankan budaya di kedua lembaga melalui seleksi manajemen puncak dan sosialisasi. (3) sosialisasi di kedua lembaga dilak-sanakan mulai dari prakedatangan keterlibatannya dan metamorfosis. (4) dampak budaya madrasah berbasis pesantren terhadap eksistensi kedua lembaga sebagian besar ditentukan oleh konsistensi dan penekan pada pembentukan tata nilai. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan 5 hal sebagai berikut (1) bagi penyelenggara pondok pesantren penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu masukan yang konstruktif untuk melakukan self evaluations secara berke lanjutan dengan melakukan perbaikan menyeluruh pada aspek pembinaan dan penanaman nilai-nilai spiritual yang tidak hanya sebatas pemahaman dan pemberla kuan aturan semata tapi bagaimana menciptakan budaya madrasah berbasis pesantren yang benar-benar dapat menumbuhkan kesadaran moral yang bersumber dalam diri peserta didik itu sendiri (2) bagi asatidz dan dewan guru penelitian ini dapat menjadi suatu motivasi untuk terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki supaya selalu lebih di depan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dari peserta didiknya sebagai upaya untuk memberikan pembelajaran yang aktif inovatif kreatif dan efektif serta menyenangkan (3) bagi Kementerian Agama Provinsi diharapkan hasil penelitian ini menjadi masukan konstruktif bagi perbaikan sistem pendidikan Islam di wilayah tersebut khusunya madrasah dan pesantren yang berada di NTB dan umumnya yang berada pada tingkat nasional sehingga dapat membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan upaya peningkatkan kualitas anak bangsa yang mempunyai karakter spiritual yang utuh (4) bagi para peneliti lain akan menambah informasi tentang gambaran implement-tasi budaya madrasah berbasis pesantren dalam membentuk karakter spiritual peserta didik pada satuan pendidikan khususnya lembaga pendidikan yang berbasis Islam untuk meneliti lebih lanjut tentang fenomena yang lebih kompleks dengan menggunakan metode penelitian secara ilmiah melalui pendekatan kualitatif dan (5) bagi pengembang Iptek dibidang pendidikan sosial budaya dan keagamaan merupakan suatu tantangan positif yang memacu untuk berinovasi dalam mengem-bangkan berbagai solusi konstruktif dan relevan terkait dengan issu-issu degradasi moralitas bangsa melalui kajian-kajian ilmu manajemen pendidikan secara mendalam dan aplikatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57583 |
Actions (login required)
View Item |