Kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter (studi multi situs di MI Bustanul Ulum Batu dan SD Muhammadiyah 04 Batu) / Putri Wahyu Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter (studi multi situs di MI Bustanul Ulum Batu dan SD Muhammadiyah 04 Batu) / Putri Wahyu Kurniawati

Kurniawati, Putri Wahyu (2015) Kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter (studi multi situs di MI Bustanul Ulum Batu dan SD Muhammadiyah 04 Batu) / Putri Wahyu Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Putri Wahyu. 2015. Kepemimpinan Spiritual Kepala Sekolah dalam MenerapkanPendidikan Karakter (Studi Multi Situs di MI Bustanul UlumBatu dan SD Muhammadiyah 04 Batu). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Dr. H. A Supriyanto M.Pd M.Si. Kata kunci kepemimpinan spiritual kepala sekolah pendidikan karakter Kepemimpinan spiritual dapat dikatakan sebagai kepemimpinan yang sempurna karena selain harus memilik sifat kepemimpinan yang menonjol juga menggabungkan dengan etika dan sikap baik dari pemimpin tersebut. Kepemimpinan spiritual kepala sekolah sebagai upaya yang dapat memotivasi dan mendorong penghayatan serta internalisasi nilai-nilai yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik dalam belajar karena orientasi kepemimpinan spiritual menuju pada kejujuran tanggung jawab dan akhlak sehingga hal ini berpengaruh kepada siapa saja yang berinteraksi dengan pemimpin ini. Penelitian ini secara khusus berusaha menemukan karakteristik spiritual yang menjadi pijakan kepala sekolah dalam pembentukan karakter siswa dimana spiritualitas pemimpin tersebut akan diterapkan dan bagaimana hasil dari penerapan tersebut dalam pendidikan karakter siswa. Terdapat lima tujuan yang perlu dijawab dalam penelitian ini yakni (1) karakteristik spiritual kepala sekolah di MI Bustanul Ulum Batu dan SD Muhammadiyah 4 Batu (2)karakteristik spiritual yang diyakini kepala sekolah dalam pembentukan karakter sekolah di MI Bustanul Ulum Batu dan SD Muhammadiyah 4 Batu (3) penerapan nilai-nilai spiritual kepala sekolah dalam pendidikan karakter sekolah di MI Bustanul Ulum Batu dan SD Muhammadiyah 4 Batu (4)respon terhadap hasil kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam pembentukan karakter oleh warga sekolah di MI Bustanul Ulum Batu dan SD Muhammadiyah 4 Batu (5)hambatan yang dialami kepala sekolah dalam menerapkan kepemimpinan spiritual dalam membentuk karakter dan pemecahannya di MI Bustanul Ulum Batu dan SD Muhammadiyah 4 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dirancang menggunakan studi multi-situs yaitu di MI Bustanul Ulum dan SD Muhammadiyah 04 di kota Batu Jawa Timur. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data meliputi (1) teknik observasi (2) teknik wawancara dan (3) teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Data yang terkumpul melalui teknik tersebut diperiksa dan dilakukan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakanmeningkatkanketekunanpengamatan triangulasi tersedianyareferensi member check.Begitu data secara keseluruhan selesai diperiksa data yang terkumpul dianalisis dengan analisis dalam situs maupun analisis antar situs. Hasil penelitian meliputi (1) karakteristik spiritual kepala sekolah antara lain nilai-nilai diri nilai-nilai antara sesama dan nilai-nilai keagamaan dalam diri kepala sekolah terpenuhi yang terdiri dari teladan disiplin diri memotivasi ikhlas dan bertanggung jawab dan kereligiusan pemimpin (2) pandangan bahwa menjadi pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang bisa menjadi teladan dengan mendidik diri sendiri menjalankan semua kegiatan atas nama dan meniru kepemimpinan Nabi Muhammad (3) proses penerapan nilai-nilai spiritual kepala sekolah dalam pendidikan karakterditunjukkan dengan pemimpin spritual sebagai teladan pemimpin spiritual sebagai pendidik pemimpin spiritual sebagai motivator pemimpin spiritual sebagai pengembang kegiatan dan dalam mempimpin sekolah berpedoman pada Ahlus Sunnah Wa al-Jama ah Al-Quran serta sunah Nabi Muhammad (4) hasil penerapan kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam pembentukan karakter dianggap baik oleh warga sekolah ditunjukkan dengan peningkatan kedisiplinan siswa peningkatan perilaku siswa peningkatan prestasi dan peningkatan ibadah siswa (5) hambatan yang dialami kepala sekolah meliputisenioritas yang masih dijunjung tinggi memimpin sebatas lingkungan sekolah dan kurangnya dukungan orang tua. Berdasarkan hambatan yang dilalui penyelesaiannya yaitupendekatan secara perlahan dan tetap memberikan teladan adalah mengoptimalkan penanaman nilai-nilai karakter yang baik di sekolah Penelitian ini disarankan kepada (1) kepala sekolah agar memperhatikan lingkungan disekitar siswa dan komunikasi dengan orangtua terus dikembangkan (2) kementrian pendidikan dan kebudayan agar memberi penguatan serta pemahaman kepada kepala sekolah tentang kepemimpinan spiritual agar dapat dikembangan di sekolah-sekolah lainnya (3) mahasiswa manajemen pendidikan agar memperdalam konsep-konsep kepemimpinan dan khususnya memperkaya konsep kepemimpinan spiritual (4) Peneliti lanjutan lebih mengembangkan penelitian tentang kepemimpinan spiritual dari berbagai bidang agar bermanfaat bagi sesama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57582

Actions (login required)

View Item View Item