Manajemen penjaminan mutu internal dalam pendidikan karakter di SDIT Al Uswah Surabaya dan SDIT Insan Permata Malang / Rakhma Agustina Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen penjaminan mutu internal dalam pendidikan karakter di SDIT Al Uswah Surabaya dan SDIT Insan Permata Malang / Rakhma Agustina Sulistyowati

Sulistyowati, Rakhma Agustina (2015) Manajemen penjaminan mutu internal dalam pendidikan karakter di SDIT Al Uswah Surabaya dan SDIT Insan Permata Malang / Rakhma Agustina Sulistyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyowati Rakhma Agustina 2015. Manajemen Penjaminan Mutu Internal dalam Pendidikan Karakter di SDIT Al Uswah Surabaya dan SDIT Insan Permata Malang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H. Achmad Supriyanto M.Pd. M.Si (II) Dr. Hj. Mustiningsih M.Pd. Kata kunci penjaminan mutu internal SDIT pendidikan karakater Pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah menjadi perhatian banyak pihak. Pembentukan karakter peserta didik menjadi inti dari pendidikan di seluruh jenjang pendidikan baik jenis pendidikan formal maupun nonformal.Pembentukan karakter dikaitkan dengan mutu pendidikan merupakan bagian dari layanan jasa yang diberikan sekolah kepada pelanggan pendidikan dalam hal ini guru siswa orang tua dan masyarakat. Penjaminan mutu pendidikan (quality assurance) merupakan salah satu bagian dari manajemen mutu terpadu pendidikan. Penjaminan mutu dalam pendidikan karakter dimaksudkan agar layanan pendidikan yang diberikan sekolah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan sehingga menghasilkan profil karakter siswa yang sesuai dengan standar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penjaminan mutu internal dalam pendidikan karakter di SDIT Al Uswah Surabaya dan SDIT Insan Permata Malang meliputi (1) landasan implementasimanajemen penjaminan mutu internal dalam pendidikan karakter (2) proses penetapan standar mutu dalam pendidikan karakter (3) pelaksanaan standar mutu dalam pendidikan karakter (4) mekanisme evaluasi standar mutu dalam pendidikan karakter (5) langkah pengendalian standar mutu dalam pendidikan karakter (6) langkah peningkatan standar mutu dalam pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Situs yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDIT Al Uswah Surabaya dan SDIT Insan Permata Malang. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa kebenaran kecocokan dan kehandalannya melalui proses triangulasi yang dalam penelitian ini digunakan triangulasi metode dan sumber. Data hasil wawancara di triangulasi dengan data dari dokumen dan observasi. Data hasil wawancara dari satu responden juga dilakukan pengecekan terhadap responsen yang lain. Data yang terkumpul ditabulasi diberi kode dimaknai dan kemudian disimpulkan pada setiap situs penelitian selanjutnya dibandingkan dengan data pada situs penelitian yang lain dan kemudian ditarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini pertama landasan implementasi sistem penjaminan mutu internal dalam pendidikan karakter antara kedua situs memiliki persamaan yaitu jaminan kualitas merupakan implementasi visi dan misi sekolah. Jaminan kualitas menjadi acuan dalam penyusunan standar mutu yang berpijak pembelajaran holistik. Jaminan kualitas sebagai sarana pengukuran mutu untuk perbaikan terus menerus dalam pendidikan karakter.Keduapenetapan standar mutu dalam pendidikan karakter dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru dengan menggunakan mekanisme menggunakan rapat kerja. Acuannya adalah standar mutu JSIT visi misi sekolah dan daya dukung sekolah. Bentuk penetapan standar mutu adalah jaminan kualitas dalam pendidikan karakter dan indikator pencapaian jaminan kualitas di tiap jenjang sistem pelaksanaan penjaminan mutu yang berupa program-program penjaminan mutu. Ketiga pelaksanaan standar mutu dalam pendidikan karakter menggunakan program pencapaian standar mutu guru dan tenaga administrasi sekolah dan standar mutu siswa yang pelaksanaannya menggunakan pendekatan siklus PDCA.Keempat evaluasi standar mutu dalam pendidikan karakter meliputi a) evaluasi standar mutu siswa melalui rapat per jenjang dimana data didapatkan dari evaluasi harian pekanan dan semester dengan metode lapor diri observasi dan unjuk kerja serta instrumen yang digunakan adalah check list lembar observasi dan rating scale.Output adalahnya rapot karakter rapot Al Qur an dan tahfidz dan rapot akademik b) evaluasi standar mutu guru dan tenaga administrasi sekolah dilaksanakan harian bulanan dan tahunan. Metode yang digunakan lapor diri dan observasi serta instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan check list. Outputnya adalah rapot guru (penilaian kinerja guru) c) evaluasi standar prosedur dengan telaah dokume LPJ dan jurnal kegiatan. Outputnya evaluasi standar prosedur dengan revisi SOP. Hasil evaluasi menunjukkan 96% standar mutu guru dan tenaga administrasi sekolah di SDIT Al Uswah Surabaya terpenuhi dan 90% standar mutu siswa di SDIT Al Uswah Surabaya dalam pendidikan karakter terpenuhi. Standar mutu guru dan tenaga administrasi sekolah di SDIT Insan Permata Malang terpenuhi 80% dan standar mutu siswa dalam pendidikan karakter terpenuhi 88% Kelima pengendalian standar mutu mutu dalam pendidikan karakter untuk memperbaiki faktor penyebab standar mutu dalam pendidikan karakter tidak tercapai. Pengendalian standar mutu dengan pembinaan rutin guru pendampingan siswa revisi SOP melalui perubahan indikator dan perubahan prosedur pelaksanaan meningkatkan komuniasi dan kerjasama orang tua di rumah. Keenam peningkatan standar mutu dalam pendidikan karakter berdasarkan pada data lebih dari 80% siswa telah mencapai ketuntasan standar pencapaian jaminan kualitas dan adanya identifikasi kebutuhan pendidikan di masa datang.Mekanisme pencapaian standar melalui peningkatan indikator jaminan kualitas peningkatan SDM guru dan penyusunan sistem pencapaian standar. Guna meningkatkan manajemen penjaminan mutu internal dalam pendidikan karakter disarankan kepala sekolah lebih memperhatikan dokumentasi data pelaksanaan penjaminan mutu kepala sekolah meningkatkan mekanisme kontrol guru dalam pendampingan siswa kepala sekolah membentuk tim penjaminan mutu internal kepala sekolah melaksanakan penelusuran profil karakter alumni untuk mengetahui perkembangan karakter siswa kepala sekolah sebaiknya meningkatkan komunikasi dengan orang tua dalam pengasuhan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57577

Actions (login required)

View Item View Item