Manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan melalui program manajemen berbasis sekolah di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan Kabupaten Kebumen / Syarif Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan melalui program manajemen berbasis sekolah di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan Kabupaten Kebumen / Syarif Hidayat

Hidayat, Syarif (2015) Manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan melalui program manajemen berbasis sekolah di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan Kabupaten Kebumen / Syarif Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Syarif 2015. PengembanganPendidik dan Tenaga Kependidikan Melalui Program Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan Kabupaten Kebumen. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri M.Pd. Kata Kunci pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan manajemen berbasis sekolah. Permasalahan manajemen sumber daya manusia pada Sekolah Dasar di SDN 1 dan 2 Pekutan kabupaten Kebumen berdasarkan hasil studi pendahuluan bahwa mutu penyelenggaraan pendidikan di kedua sekolah dasar tersebut dan sekolah akan berkembang dengan baik jika dikelola oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan berkomitmen terhadap tugas-tugas yang diberikan. Penelitian ini difokuskan pada 4 (empat) hal yakni 1) formulasi strategi pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan melalui program manajemen berbasis sekolah di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan Kabupaten Kebumen 2) pengorganisasian pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan melalui program manajemen berbasis sekolah di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan Kabupaten Kebumen 3) implementasi pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan melalui program manajemen berbasis sekolah di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan Kabupaten Kebumen dan 4) pengawasan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan melalui program manajemen berbasis sekolah di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs serta menggunakan induksi analitik termodifikasi.Dilakukan pada 2 Sekolah Dasar di Kabupaten Kebumen SDN 1 Pekutan dan SDN 2 Pekutan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data dalam dua tahap yaitu analisis data situs individu dan data lintas situs. Keabsahan data didasarkan pada 4 (empat) kriteria keabsahan yakni derajat kepercayaan keteralihan kebergantungan dan kepastian. Temuan dari penelitian ini yaitu1) formulasi strategi pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan SDN 1 dan SDN 2 Pekutan kabupaten Kebumen dilaksanakan melalui (a) Kajian faktor lingkungan (b) Perumusan visi misi tujuan strategi program anggaran dan prosedur (c) Perencanaan program kegiatan pengembangan. Berbagai pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan baik kedinasan atau non kedinasan diorientasikan untuk peningkatan kualitas diri dan mencapai tujuan sekolah dan (d) Perencanaan keuangan 2) pengorganisasian pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan kabupaten Kebumen dilaksanakan melalui (a) Dilakukan secara berjenjang (b) Dilakukan melalui musyawarah sekolah (c) Verifikasi data di Dapodik melalui persetujuan kepala sekolah dan (d) Keputusan kepala sekolah 3) proses pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan kabupaten Kebumen dilaksanakan melalui a) Prosedur konvensional b) Personel Development c) Social development dan d) Career Development dan 4) pengawasan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 1 dan SDN 2 Pekutan Kabupaten Kebumen dilaksanakan melalui (a) kegiatan Supervisi (b) Sistem Penghargaan (c) Penilaian Kinerja dan (d) Akreditasi. Berbagai saran dari hasil penelitian ini yaitu 1) SDN 1 dan SDN 2Pekutan.Penerapan manajemen berbasis sekolah perlu dievaluasi secara berkala agar dapat diketahui kendala dan solusi yang sudah dilakukan oleh SDN 1 dan SDN 2 Pekutan dan selanjutkan diarahkan agar semakin meningkat. Selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan kontribusi pemikiran kepada Stakeholders SDN 1 dan SDN 2 Pekutan 2) Bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten KebumenHasil penelitian tentang pengembangan pendidik dan tenaga kependididkan ini hendaknya dibaca dikoreksi dan dilengkapi sebagai sarana meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kebumen dan 3) Bagi peneliti lain. Penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam penelitian manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan melalui program manajemen berbasis sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57570

Actions (login required)

View Item View Item