Aplikasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SD Muhammadiyah Kemadang Kecamatan Tangjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta / Lemiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SD Muhammadiyah Kemadang Kecamatan Tangjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta / Lemiana

Lemiana (2015) Aplikasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SD Muhammadiyah Kemadang Kecamatan Tangjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta / Lemiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lemiana 2015. Aplikasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di Sd Muhammadiyah Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. dan (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. Kata kunci kompetensi kewirausahaan Manajemen Berbasis Sekolah Kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program desentralisasi pendidikan mewujudkan peran sekolah dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan seluas-luasnya. Untuk mewujudkan hal tersebut tersebut kepala sekolah dapat mengoptimalkan peran kompetensi kewirausahaan yang merupakan salah satu strategi alternatif dalam menciptakan perubahan dan pembaharuan kegiatan sekolah. Penerapan perubahan dan pembaharuan sangat tepat apabila diterapkan pada pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Manajemen Berbasis Sekolah mencakup tujuh komponen yaitu manajemen kurikulum dan pembelajaran manajemen pendidik dan tenaga kependidikan manajemen peserta didik manajemen pembiayaan manajemen partisipasi masyarakat manajemen sarana dan prasarana serta manajemen kebudayaan dan lingkungan. Agar senantiasa tetap terjaga mutu dan eksistensinya maka pada akhir pengelolaan perlu adanya evaluasi secara menyeluruh agar dapat melaksanakan kegiatan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali inovasi dan kreativitas kepala sekolah dalam mengaplikasikan kompetensi kewirausahaan pada pelaksanaan program manajemen berbasis sekolah dan evaluasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara yang mendalam observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kegiatan yang perlu dilakukan untuk menjaga keabsahan data yaitu kepercayaan (credibility) keteralihan (tranferability) kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Manajemen Berbasis Sekolah berjalan tanpa adanya sosialisasi dan pendampingan sedangkan yang memainkan peran adalah kompetensi kewirausahaan kepala sekolah yakni mendorong pencapaian kebutuhan sekolah dengan penuh inovatif dan kreatif serta memperoleh pendidikan yang bermutu. Hasil evaluasi dipergunakan sebagai rujukan dalam melaksanakan komunikasi ke berbagai kalangan pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan keterlibatan dan pemecahan masalah bersama. Disarankan agar pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan seperti UPTD di Kecamatan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengambil langkahstrategis untuk segera mensosialisasikan program kompetensi kepala sekolah dan manajemen berbasis sekolah serta mengadakan pendampingan disertai pengevaluasiannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57564

Actions (login required)

View Item View Item