Manajemen partisipasi masyarakat dalam keterlaksanaan pendidikan di sekolah daerah terpencil (studi multi situs pada SDN Panikel 02 dan SDN Ujunggagak 03 Kec. Kampung Laut Kab. Cilacap) / Agus Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen partisipasi masyarakat dalam keterlaksanaan pendidikan di sekolah daerah terpencil (studi multi situs pada SDN Panikel 02 dan SDN Ujunggagak 03 Kec. Kampung Laut Kab. Cilacap) / Agus Wibowo

Wibowo, Agus (2015) Manajemen partisipasi masyarakat dalam keterlaksanaan pendidikan di sekolah daerah terpencil (studi multi situs pada SDN Panikel 02 dan SDN Ujunggagak 03 Kec. Kampung Laut Kab. Cilacap) / Agus Wibowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wibowo Agus. 2015. Manajemen Partisipasi Masyarakat dalam Keterlaksanaan Pendidikan di Sekolah Daerah Terpencil (Studi Multisitus pada SDN Panikel 02 dan SDN Ujunggagak 03 Kampung Laut Kabupaten Cilacap). Tesis. Progam Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si. Kata kunci manajemen partisipasi pendidikan terpencil Sekolah dan masyarakat merupakan dua komponen pendidikan yang tak terpisahkan. Partisipasi masyarakat dalam pendidikan di sekolah sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan itu sendiri. SDN Panikel 02 dan SDN Ujunggagak 03 Kecamatan Kampung Laut adalah sekolah yang berada di kawasan kepulauan Nusakambangan termasuk sebagai daerah terpencil dan sangat membutuhkan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Walaupun sosial ekonomi masyarakat Desa Panikel dan Ujunggagak sangat rendah namun antusiasme dan kepedulian mereka terhadap pendidikan cukup tinggi secara kasat mata nampak jelas ketika mereka mengantarkan putra-putrinya berangkat ke sekolah meskipun dengan kondisi jalan darat yang sangat susah dan terkadang harus menggunakan sampan kecil menyelusuri sungai agar sampai ke sekolah. Partisipasi dari masyarakat menjadikan pendidikan lebih penting dan bermakna. Masyarakat diharapkan dapat memberikan kritik dan saran yang membangun dalam pendidikan di sekolah demi kemajuanpendidikan yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menemukan kerangka teori substantif tentang manajemen partisipasi masyarakat di SDN Panikel 02 dan SDN Ujunggagak 03 Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap sebagai sekolah di daerah terpencil dari keenam fokus tersebut. Berdasarkan konteks penelitian dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut (a)jenis-jenis partisipasi yang dibutuhkan sekolah dari masyarakat (b) unsur-unsur masyarakat yang berpartisipasi (c) pembuatan progam perencanaan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat (d) teknik-teknik yang dilakukan dalam pelaksanaan partisipasi masyarakat (e) tingkat partisipasi masyarakat yang terjadi dan (f) hasil dan dampak dari partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Pendekatan kualitatif merupakan suatu paradigma penelitian untuk mendeskripsikan peristiwa perilaku orang atau suatu keadaan pada tempat tertentu secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dibagi dalam dua tahap yakni analisis data dalam situs dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tiga kriteria dalam menjaga kebenaran hasil penelitian yakni kredibilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Berdasarkan teknik analisis data tersebut diperoleh temuan lintas situs sebagai berikut (a) jenis-jenis partisipasi yang dibutuhkan sekolah dari masyarakat adalah tenaga pikiran uang fasilitas dan barang yang dimiliki masyarakat (b) Unsur-unsur masyarakat yang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57562

Actions (login required)

View Item View Item