Strategi pengelolaan pembiayaan pendidikan pada sekolah gratis di SD Negeri 2 Padokan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta / Purwantiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pengelolaan pembiayaan pendidikan pada sekolah gratis di SD Negeri 2 Padokan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta / Purwantiningsih

Purwantiningsih (2015) Strategi pengelolaan pembiayaan pendidikan pada sekolah gratis di SD Negeri 2 Padokan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta / Purwantiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwantiningsih. 2015. Strategi Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Pada Sekolah Gratis di SD Negeri 2 Padokan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. Kata kunci strategi pengelolaan pembiayaan sekolah gratis. 12288 12288 12288 12288 Strategi pengelolaan pembiayaan pendidikan merupakan salah satu langkah yang strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan. Pada kebijakan sekolah gratis perlu adanya strategi untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dan mengoptimalkan sumber dana yang tersedia agar kegiatan-kegiatan sekolah dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu strategi dan transparansi pengelolaan pembiayaan sekolah perlu diterapkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembiayaan pendidikan sekolah gratis. 12288 12288 12288 12288 Tujuan pelitian ini adalah (1) mendiskripsikan profil sekolah dasar negeri yang menerapkan sekolah gratis (2) mendiskripsikan strategi sekolah dasar negeri yang menerapkan sekolah gratis dalam menggali sumber dana pendidikan dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan (3) mendiskripsikan strategi sekolah dasar negeri yang menerapkan sekolah gratis dalam mengelola pembiayaan pendidikan (4) mendiskripsikan transparansi pengelolaan pembiayaan pendidikan di sekolah dasar negeri yang menerapkan sekolah gratis dan (5) mendiskripsikan strategi sekolah dasar negeri yang menerapkan sekolah gratis dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan sekolah gratis. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data penelitian dihasilkan peneliti ketika proses pengumpulan data di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi observasi dan wawancara mendalam. Sedangkan credibility transferability dependability dan confirmability diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 2 Padokan merupakan sekolah dasar negeri yang menerapkan sekolah gratis yang mempunyai jumlah guru murid kegiatan dan prestasi yang banyak. Strategi sekolah dalam menggali sumber dana dan mengoptimalkan sumber dana yang ada antara lain adalah (1) menganalisa kebutuhan dan kemampuan sekolah (2) mengidentifikasi sumber daya yang dapat dimanfaatkan (3) mengklasifikasikan sumber dana dan alokasi dana berdasarkan skala prioritas (4) menjalin kerjasama dengan masyarakat dan lembaga-lembaga lain (5) mengajukan permohonan bantuan kepada lembaga-lembaga dalam bidang kelembagaan (6) mengajukan permohonan bantuan kepada masyarakat berupa fasilitas yang dimiliki oleh masyarakat (7) menjalin kerjasama dengan orangtua wali murid dan (8) memanfaatkan bantuan dari masyarakat dan lembaga lain untuk peningkatan mutu sekolah dan kebutuhan/kegiatan sekolah yang tidak dianggarkan pada alokasi dana yang bersumber dari pemerintah. Strategi pengelolaan pembiayaan pendidikan melalui empat tahap yaitu (1) perencanaan pembiayaan dengan menyusun RKAS (2) pelaksanaan pembiayaan dilakukan sesuai dengan prosedur dan jadwal pelaksanaan dalam anggaran oleh guru dan karyawan yang berkepentingan dalam pengalokasian anggaran sekolah dengan melakukan pertanggungjawaban kepada bendahara sekolah (3) pengawasan pembiayaan dilakukan oleh pemerintah kepala sekolah guru karyawan orangtua/wali murid dan masyarakat dan (4) evaluasi pembiayaan dilakukan dengan menyusun laporan pertanggungjawaban penggunaan dana sekolah baik dana yang bersumber dari pemerintah masyarakat orangtua wali murid maupun dana yang bersumber dari lembaga-lembaga lain. Transapransi pengelolaan pembiayaan dilakukan mulai dari proses perencanaan pelaksanaan pengawasan dan evaluasi pembiayaan pendidikan dengan peran serta pihak yang terkait dalam pengelolaan pembiayaan dan ditempelnya dokumen RKAS dan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS. Strategi sekolah dalam mengatasi masalah-masalah pembiayaan sekolah gratis antara lain (1) mengalokasikan anggaran rutin dengan sumber dana dari pemerintah pusat yang bisa dipastikan waktu penerimaannya (2) memberikan tugas tambahan yang menghasilkan honor tambahan kepada GTT dan PTT agar kesejahteraan mereka meningkat dan (3) membentuk paguyuban wali murid. 12288 12288 12288 12288 Saran-saran penelitian diharapkan (1) pemerintah pusat sebaiknya menjadikan masalah-masalah yang dialami sekolah sebagai masukan untuk mengevaluasi kebijakan yang telah dicanangkan dan menjadikan acuan untuk menetapkan kebijakan pendidikan di masa yang akan datang (2) pemerintah daerah sebaiknya mengelola keuangan daerah dengan baik agar tidak terjadi keterlambatan pencairan dana BOS daerah dan memberikan peluang yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dan lembaga lain yang ingin memberikan bantuan kepada sekolah (3) sekolah sebaiknya menjalin hubungan yang baik dengan alumni lembaga lain dan masyarakat agar peran serta mereka dapat dioptimalkan (4) masyarakat sebaiknya memberikan kontribusi dalam bentuk tenaga pikiran waktu maupun fasilitas yang dimiliki terhadap sekolah untuk mendukung terlaksananya kegiatan sekolah dan peningkatan mutu sekolah dan (5) peneliti selanjutnya sebaiknya melanjutkan/mengembangkan penelitian ini baik dengan fokus penelitian yang sama maupun aspek-aspek lainnya mulai dari lembaga pendidikan dasar hingga lembaga pendidikan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57561

Actions (login required)

View Item View Item