Manajemen partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah (studi multi kasus pada SMA Negeri 4 dan SMA Katolik Santo Petrus Kanisius Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah) / Rina Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah (studi multi kasus pada SMA Negeri 4 dan SMA Katolik Santo Petrus Kanisius Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah) / Rina Wahyuni

Wahyuni, Rina (2015) Manajemen partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah (studi multi kasus pada SMA Negeri 4 dan SMA Katolik Santo Petrus Kanisius Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah) / Rina Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni Rina. 2015. Manajemen Partisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan dan Pengembangan Sekolah (Studi Multi Kasus pada SMA Negeri 4 dan SMA Katolik Santo Petrus Kanisius Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K. H. M.A. Ph.D. (II) Dr. H. Kusmintardjo M. Pd. Kata kunci manajemen partisipasi masyarakat pengambilan keputusan pengembangan sekolah sekolah menengah atas. 12288 12288 12288 12288 Perkembangan pendidikan di era globalisasi menuntut tersedianya sumberdaya manusia berkualitas yang dapat diperoleh melalui penyelenggaraan pendidikan yang baik. Salah satu upaya mendapatkan pendidikan yang berkualitas yakni dengan melibatkan seluruh stakeholders pendidikan dalam setiap prosesnya. Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah merupakan sesuatu yang seharusnya karena tanpa dukungan dari masyarakat pendidikan tidak akan berhasil dengan optimal sebab sekolah merupakan sistem terbuka yang berada di tengah-tengah masyarakat dan sangat membutuhkan dukungan yang besar dari masyarakat. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap lebih mendalam tentang manajemen partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah pada dua sekolah menengah atas yaitu SMA Negeri 4 dan SMA Katolik Santo Petrus Kanisius Kota Palangka Raya yang memiliki karakteristik berbeda. Fokus penelitian ini tertuju pada tiga hal yaitu (a) formulasi partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah (b) implementasi partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah serta (c) monitoring dan evaluasi partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Penentuan informan dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (a) observasi (b) wawancara mendalam dan (c) studi dokumentasi. Informasi yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut dianalisis secara berulang melalui analisis kasus individu maupun analisis lintas kasus. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi (sumber dan teknik/metode) member checks dan kecukupan bahan referensi pengecekan dependabilitas data penelitian dilakukan oleh peneliti dengan berkonsultasi kepada para pembimbing sebagai auditor independent dan pengecekan konfirmabilitas digunakan untuk melihat bahwa hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya proses penelitian di lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan pertama formulasi partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah menunjukkan (a) pelibatan orang tua komite sekolah dalam pembuatan visi misi tujuan dan program sekolah hanya terdapat pada sekolah negeri sedangkan pada sekolah swasta semuanya telah dibuat oleh sekolah dan disetujui yayasan (b) orang tua dan komite sekolah juga dilibatkan dalam memutuskan besaran iuran pungutan komite sekolah pada sekolah negeri sedangkan pada sekolah swasta besaran pungutan iuran komite sudah ditetapkan oleh yayasan (c) orang tua dan komite sekolah selalu terlibat aktif dalam setiap rapat yang diselenggarakan pada sekolah negeri sedangkan pada sekolah swasta hanya dilibatkan satu kali selebihnya tidak ada (d) bentuk lain partisipasi dan dukungan masyarakat pada sekolah negeri meliputi pembangunan tempat futsal milik masyarakat sekitar sekolah pembangunan tempat parkir khusus untuk kepala sekolah dan guru serta pemasangan paving di depan ruang TU sekolah sedangkan pada sekolah swasta partisipasi orang tua dan komite hanya sebatas pembayaran iuran komite SPP dan pungutan lainnya dan (e) program-program dalam pengembangan sekolah mengacu pada delapan standar nasional pendidikan yang meliputi pelaksanaan in house training ikutserta dalam MGMP workshop pelatihan pelaksanaan bimbel bagi siswa kelas XII persiapan ujian nasional melakukan sosialisasi yang bekerjasama dengan pihak luar serta mengikuti studi banding ke sekolah-sekolah Katolik yang ada di Indonesia. Kedua implementasi partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah menunjukkan bahwa (a) pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah yang terjadi pada sekolah negeri selalu melibatkan orang tua masyarakat dan komite sedangkan pada sekolah swasta tidak pernah melibatkan orang tua komite maupun masyarakat (b) orang tua masyarakat dan komite sekolah pada sekolah negeri memiliki inisiatif untuk membantu dalam hal pembangunan di sekolah sedangkan pada sekolah swasta orang tua komite tidak dilibatkan secara keseluruhan hanya melalui ketua komite dan itupun jarang dilakukan (c) tingkat kepedulian orang tua masyarakat dan komite sekolah sangatlah positif dan bahkan sangat proaktif terutama dalam mengawasi kedisiplinan siswa di saat jam pelajaran berlangsung sedangkan pada sekolah swasta tingkat kepedulian sudah termasuk baik tetapi tempat tinggal orang tua siswa yang kebanyakan berada di daerah/ kabupaten menjadi salah satu kendala orang tua untuk dapat berpartisipasi (d) pada sekolah negeri alumni juga ikut berpartisipasi di sekolah sedangkan pada sekolah swasta alumni tidak pernah berpartisipasi dan (e) strategi sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat orang tua dan komite sekolah pada sekolah negeri yakni dengan menjalin hubungan komunikasi yang baik degan masyarakat terlebih orang tua sedangkan strategi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat orang tua dan komite pada sekolah swasta lebih kepada menciptakan suasana sekolah yang kondusif aman dan menyenangkan sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Serta ketiga monitoring dan evaluasi partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah menunjukkan bahwa (a) aspek yang dimonitor dan evaluasi mengacu pada delapan standar nasional pendidikan yang ada di sekolah (b) proses monitoring dan evaluasi pada sekolah negeri dilakukan oleh para stakeholders pendidikan dan yayasan (untuk sekolah swasta) serta (c) hasil monitoring dan evaluasi tersebut digunakan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan sekolah serta sebagai dasar sekolah dalam membuat RAKS ke depannya. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini disarankan (1) bagi kepala sekolah agar semakin meningkatkan partisipasi masyarakat orang tua dan komite sekolah dalam pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah (2) bagi wakil kepala sekolah dan guru hendaknya selalu menjalin hubungan baik dengan pihak masyarakat (3) bagi komite sekolah hendaknya mampu menjadi motivator dan mediator bagi masyarakat dan sekolah agar tercapainya tujuan pendidikan secara optimal (4) bagi masyarakat dan orang tua diharapkan selalu menjalin kerjasama dengan sekolah dalam mengawasi anak didik sehingga adanya rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap keberhasilan belajar anak (5) bagi kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya hendaknya memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada kepala sekolah untuk mengambil keputusan dan mengembangkan sekolah dengan melibatkan masyarakat serta (6) bagi peneliti lain agar dilakukan penelitian yang lebih lanjut dan mendalam dengan fokus penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57558

Actions (login required)

View Item View Item