Implementasi pendidikan karakter pada sekolah dasar Islam terpadu (studi kasus pada SDIT Daarul Fikri Kabupaten Bandung Barat / Iman Nurman Ramadhaniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter pada sekolah dasar Islam terpadu (studi kasus pada SDIT Daarul Fikri Kabupaten Bandung Barat / Iman Nurman Ramadhaniawan

Ramadhaniawan, Iman Nurman (2015) Implementasi pendidikan karakter pada sekolah dasar Islam terpadu (studi kasus pada SDIT Daarul Fikri Kabupaten Bandung Barat / Iman Nurman Ramadhaniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramadhaniawan Iman Nurman. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (Studi Kasus SDIT Daarul Fikri Kabupaten Bandung Barat). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A . Ph.D. dan (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. Kata kunci implementasi pendidikan karakter Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Fikri Seiring berkembannya zaman melihat realita yang ada bangsa Indonesia mendapatkan ancaman yang serius dalam hal lunturnya karakter bangsa. Globalisasi secara tidak langsung membawa kepada degradasi moral bangsa Indonesia. Pada sisi lain pengaruh globlisasi membawa dampak yang baik namun pada kenyataannya karakter bangsa Indonesia yang terkenal memiliki nilai-nilai luhur semakin hari semakin memprihatinkan. Situasi dan kondisi karakter bangsa yang sedang memprihatinkan tersebut telah mendorong pemerintah untuk mengambil inisiatif untuk memprioritaskan pembangunan karakter bangsa. Pendidikan karakter di sekolah direncanakan dilaksanakan dan terintegrasi dalam pembelajaran pada penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang terintegrasi dalam proses pembelajaran yang tertuang dalam mata pelajaran. Oleh sebab itu pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada ranah kognitif tetapi menyentuh pada ranah afektif serta psikomotoriknya dan mampu mengamalkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini difokuskan dan dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) dasar implementasi pendidikan karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Fikri (2) proses implementasi pendidikan karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Fikri (3) faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Fikri (4) hasil implementasi pendidikan karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Fikri. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang dugunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus sehingga peneliti dapat memahami secara mendalam tentang tentang implementasi pendidikan karakter pada SDIT Daarul Fikri Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu (1) wawanara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Agar memperoleh keabsahan data dilakukan dengan dua kreteria yaitu (1) kredibilitas dan (2) dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama SDIT Daarul Fikri dalam mengimplemntasikan pendidikan karakter memiliki dasar yaitu kurikulum sekolah yang telah disusun dengan mengitegrasikan karakter dasar sekolah ke dalam proses pendidikan karaktekter. Kedua proses implementasi pendidikan karakter bagi peserta didik pada SDIT Daarul Fikri yaitu dengan pemberian keteladanan pembiasaan dan pengembangan diri yang terintegrasi secara menyeluruh pada kegiatan sekolah kelas dan rumah. Strategi pencapaian 8 (delapan) karakter dasar SDIT Daarul Fikri dilakukan selama satu bulan dengan satu indokator karakter yang perlu dicapai oleh peserta didik. Selanjutnya laporan evaluasi pencapaian karakter dituangkan dalam lembar penilaian karakter berupa huruf A B atau C kemudian dideskriptifkan oleh guru kelas laporan tersebut diberikan kepada orang tua setiap satu bulan dan secara keseluruhan diberikan pada waktu tiap akhir semester. Ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan implementasi pendidikan karakter di SDIT Daarul Fikri dibagi kedalam dua bagian yatiu faktor insani berupa manusia yang terdiri dari seluruh warga sekolah baik itu siswa guru.dan faktor non-insani seperti kurikulum sarana prasarana serta lingkungan sekolah semuanya faktor-faktor tersebut mempengaruhi kefektifan pelaksanaan pendidikan karakter. Keempat hasil implementasi pendidikan karakter bagi peserta didik di SDIT Daarul Fikri adalah berupa pencapaian indokator tiap karakter yang mengkristal pada diri setiap peserta didik agar menjadi manusia yang utuh pada akhirnya sekolah tersebut menginginkan peserta lulus yaitu lulus dengan karakternya yang berakhlaq mulia sebagai bekal dan pondasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat. Berdasarkan hasil temuan dari kegiatan penelitian pembahasan dan kesimpulan dapat disampaikan beberapa saran bagi pihak yang berkepentingan diantaranya (1) bagi Sekolah Dasar Islam Terpadu sebelum melaksanakan pendidikan karakter terlebih dulu melakukan kegiatan asesmen kebutuhan mengenai pendidikan karakter dasar kemudian dilanjutkan dengan penyusunan standar pendidikan karakter. (2) bagi yayasan diperlukan pengembangan pendidikan karakter bagi seluruh anggota yayasan agar dalam menyelenggarakan sekolah berbasis pendidikan karakter dapat berjalan secara meyeluruh tidak hanya dilaksanakan dalam proses pendidikan di sekolah saja namun semua warga yang terlibat dalam penyelengaraan proses pendidikan karakter dapat berjalan dengan optimal (3) bagi kalangan Pendidik dalam hal ini guru kelas baik mata pelajaran maupun ekstrakurikuler hendaknya lebih termotivasi lagi untuk belajar memahami tentang ppengembangan program karakter bagi pendidikan khususnya di sekolah dasar hal ini dimaksudkan agar proses pembelajaran lebih terarah dan tepat sasaran dan berkesan bagi peserta didik menjalin hubungan dengan orang tua siswa hendaknya diprogramkan dengan optimal agar pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah semakin baik dan menyeluruh (4) bagi Dinas Pendidikan di Kabupaten Bandung Barat perlu adanya dorongan yang lebih serius terhadap penanaman tentang karakter mulia dalam kurikulum sekolah dasar secara umum bukan saja hanya pada sekolah dasar islam terpadu saja diharapkan seluruh sekolah dasar memiliki dasar dalam implemntasi pendidikan karakter di sekolahnya (5) bagi Direktorat Pembinaan SD Kemendikbud diharapkan dapat dijadikan pertimbangan untuk mengembangkan kebijakan-kebijakan pengembangan program pendidikan karakter secara luas sehingga dapat dilaksanakan pada seluruh sekolah dasar sebagai pondasi kehidupan bangsa (6) bagi peneliti lain untuk dapat dijadikan bahan perbandingan dan reverensi dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter bagi peserta didik pada sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57557

Actions (login required)

View Item View Item