Kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai prestasi sekolah (studi multi kasus di SD Negeri Ngaglik 01 dan SD Negeri Punten 01 Kota Batu) / Ana Fikrotuz Zakiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai prestasi sekolah (studi multi kasus di SD Negeri Ngaglik 01 dan SD Negeri Punten 01 Kota Batu) / Ana Fikrotuz Zakiyah

Zakiyah, Ana Fikrotuz (2015) Kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai prestasi sekolah (studi multi kasus di SD Negeri Ngaglik 01 dan SD Negeri Punten 01 Kota Batu) / Ana Fikrotuz Zakiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Sekolah bermutu adalah sekolah yang mampu mewujudkan prestasi sekolah yang disusun sesuai dengan tujuan pendidikan nasional baik prestasi akademik maupun non akademik. Pencapaian prestasi sekolah sangat bergantung pada kepemimpinan Kepala Sekolah. Karena itu yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan kepala sekolah menjadi faktor utama dalam upaya pencapaian prestasi sekolah. Sub fokus penelitian ini (1) Kepemimpinan Kepala SD Negeri Ngaglik 01 dan Kepala SD Negeri Punten 01 Kota Batu dalam upaya mencapai prestasi sekolah (2) Faktor keberhasilan dan resistensi Kepala Sekolah dalam pencapaian prestasi sekolah dan (3) Langkah yang ditempuh Kepala Sekolah dalam meningkatkan keberhasilan dan mengatasi resistensi dalam pencapaian prestasi sekolah. Ketiga fokus penelitian ini dianalisis secara lintas situs untuk memahami dan mendeskripsikan pola temuan akibat persamaan karakteristik pada kedua situs tersebut. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut dianalisis secara berulang yang di dalamnya melibatkan kegiatan reduksi data sajian data dan verivikasi/penarikan kesimpulan baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs guna menyusun konsep temuan lapangan. Kredibilitas data di cek melalui trianggulasi sumber trianggulasi metode member check diskusi teman sejawat dan kecukupan referensi. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas diperoleh melalui pengauditan oleh dosen pembimbing. 12288 12288 12288 12288 Hasil temuan penelitian ini pertama kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam proses pencapaian prestasi sekolah baik prestasi akademik maupun non akademik. Dalam menjalankan kepemimpinan yang efektif kepala sekolah memiliki kemampuan dalam mengelola berbagai aspek dalam pendidikan yang menyangkut berbagai bidang yaitu (a) kurikulum (b) kesiswaan (c) proses belajar mengajar (d) tenaga pendidik dan kependidikan dan (5) humas. Adapun dalam kedua situs ini gaya kepemimpinan kepala sekolah lebih dekat pada gaya kepemimpinan transformasioanal dengan tipologi kepemimpinan the value-based jugger baik melalui kekuatan pengaruh maupun keberaniannya dalam berinovasi. 12288 12288 12288 12288 Kedua faktor keberhasilan tercapainya prestasi sekolah antara lain (a) sebagian besar tenaga pendidik dan kependidikan sudah memenuhi kualifikasi sebagai pendidik (b) dukungan penuh dari komite dan paguyuban sekolah (c) adanya teamwork yang baik dalam sekolah (d) optimalisasi sarana dan prasarana yang ada. Beberapa faktor keberhasilan tersebut diberdayakan seoptimal mungkin dalam pencapaian prestasi sekolah. Sedangkan faktor resistensi tercapainya prestasi sekolah antara lain (a) adanya sebagian guru yang masih menempuh pendidikan untuk memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan (b) rasio antara jumlah tenaga kependidikan dengan jumlah siswa yang kurang ideal dan (c) penambahan jumlah siswa baru yang tidak diimbangi dengan penambahan ruang kelas. Beberapa faktor resistensi tersebut diatasi dengan lebih mengoptimalkan faktor keberhasilan yang ada. 12288 12288 12288 12288 Ketiga langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan faktor keberhasilan dalam pencapaian prestasi sekolah antara lain (a) merumuskan dan mensosialisasikan program peningkatan prestasi sekolah (b) mengadakan kerjasama dan hubungan yang harmonis dengan seluruh stakeholder dan warga sekolah (c) menggunakan sarana dan prasarana secara optimal (d) menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar serta (e) menunjukkan prestasi yang diraih sekolah. Sedangkan langkah kepala sekolah mengatasi resistensi dalam pencapaian prestasi sekolah antara lain (a) koordinasi secara rutin dengan dewan guru karyawan komite dan paguyuban kelas (b) mengadakan evaluasi pelaksanaan program peningkatan prestasi sekolah dan (c) menindaklanjuti hasil evaluasi pelaksanaan program peningkatan prestasi sekolah 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini disarankan kepada para kepala sekolah agar terus mengelola berbagai aspek pendidikan secara optimal sehingga proses belajar mengajar benar-benar dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.Bagi Dinas Pendidikan Kota Batu hendaknya menilai kinerja kepemimpinan Kepala Sekolah di lingkungan Kota Batu dilakukan secara komprehensif dan integral. Sedangkan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil kebijakan-kebijakan setrategis dalam upaya peningkatan kemampuan kepemimpinan dan manajerial bagi Kepala Sekolah di Indonesia. Adapun bagi peneliti lain dapat dimanfaatkan dalam menumbuh kembangkan khasanah pengetahuan pada bidang manajemen pendidikan serta diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut guna penyempurnaan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57554

Actions (login required)

View Item View Item