Strategi manajemen moving class dalam peningkatan mutu pendidikan (studi kasus di PAUD Terpadu Anak Saleh Malang) / Ralaivao Hanginiaina Emynorane - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi manajemen moving class dalam peningkatan mutu pendidikan (studi kasus di PAUD Terpadu Anak Saleh Malang) / Ralaivao Hanginiaina Emynorane

Emynorane, Ralaivao Hanginiaina (2014) Strategi manajemen moving class dalam peningkatan mutu pendidikan (studi kasus di PAUD Terpadu Anak Saleh Malang) / Ralaivao Hanginiaina Emynorane. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Emynorane Ralaivao Hanginiaina. 2014. Strategi Manajemen Moving Class dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Studi Kasus pada PAUD Terpadu Anak Saleh di Kota Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Dr. Kusmintardjo M.Pd. Kata Kunci strategi manajemen moving class mutu pendidikan. 12288 12288 12288 Moving class adalah bentuk pembelajaran yang merupakan bagian dari Manajemen Kelas. Namun dalam pelaksanaanya moving class sangatlah luas cakupannya karena sangat berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran pengelolaan kelas serta strategi pembelajaran dan pengelolaan alat. Pengelolaan iklim menyangkut pengelolaan manuasianya (human) sedangkan pengelolaan alat menyangkut sarana dan prasarana (tools). Moving class kasusnya pendidikan di PAUD merupakan sistem belajar mengajar yang mencirikan kelas berkarakter tematik dengan demikian peserta didik akan berpindah kelas sentra dengan jadwal tema yang telah ditentukan. Konsep moving class mengacu pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan yang dipelajarinya. 12288 12288 12288 Fokus penelitian ini meliputi (1) strategi yang digunakan dalam pengelolaan moving class untuk meningkatkan kualitas pendidikan di PAUD Terpadu Anak Saleh Malang (2) kendala yang dialami PAUD Terpadu Anak Saleh Malang dalam penerapan sistem pembelajaran moving class (3) faktor pendukung sistem pembelajaran moving class di PAUD Terpadu Anak Saleh Malang. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus dimana peneliti berusaha mengetahui kebijakan serta proses pembelajaran dalam situasi pada saat penelitian sehingga peneliti dapat memahami strategi-strategi pengelolaan moving class dalam peningkatan mutu pendidikan pada PAUD Terpadu Anak Saleh Malang. 12288 12288 12288 Teknik pengumpulan data meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi ditafsir dan analisis secara mendalam baik melalui analisis dalam kasus maupun lintas kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi pengecekan anggota diskusi teman sejawat dan pengecekan kecukupan referensi. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan depada para pembimbing sebagai dependent auditor. 12288 12288 12288 Temuan penelitian secara keseluruhan adalah sebagai berikut pertama strategi yang digunakan dalam pengelolaan moving class untuk meningkatkan kualitas pendidikan di PAUD Terpadu Anak Saleh Malang (a) Adanya peniyapan media pembelajaran yang releven dengan sistem pembelajaran moving class pada awal tahun pembelajaran (b) Adanya pembinaan guru oleh kepala sekolah pada awal tahun pembelajaran (c) Adanya pemberian orientasi kepada murid-murid pada awal tahun pembelajaran (d) Kepala sekolah mengkondisikan guru untuk selalu membimbing dan melatih peserta didik mengenali kelas sentra dan guru sentra. Kedua Kendala yang dialami PAUD Terpadu Anak Saleh Malang dalam penerapan sistem pembelajaran moving class (a) diperlukan adanya waktu untuk melatih dan adaptasi bagi anak-anak dalam persiapan mengikuti pelajaran (b) diperlukan update fasilitas yang dapat mendukung kebutuhan anak-anak (c) diperlukan perhatian dari guru dalam pelaksanaan tugas mengajar (d) adanya tumpang tindih kegiatan dari luar sekolah sehingga terkadang mengganggu tanggung jawab guru terhadap tugas pokoknya mengajar di sekolah. Dan ketiga Faktor pendukung sistem pembelajaran moving class di PAUD Terpadu Anak Saleh Malang (a) pentingnya mempunyai guru-guru yang berkualifikasi dan mampu (b) pentingnya kecukupan fasilitas dan alat yang sesuai dengan kebutuhan siswa (c) mengajar anak-anak untuk saling interaksi atau bergabung (d) pemberian latihan dalam seminar/workshop pada guru dan (e) pembuatan perencanaan pembelajaran yang matang. 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini dapat disampaikan saran sebagai berikut Bagi ketua Yayasan pendidikan di PAUD Terpadu Anak Saleh Malang antara lain a) tetap mempertahankan evaluasi harian dan mingguan terhadap semua kegiatan belajar mengajar sehingga hasil pendidikan semakin berkualiti b) diperkuatkan hubungan dengan para guru sentra dan para orang tua murid sehingga adanya kerjasama yang dekat dalam mengontrol studi anak-anak dan c) mempromosikan keberadaan PAUD Terpadu Anak Saleh Malang sehingga lebih dikenal lagi di masyarakat luas. 12288 12288 12288 Bagi para guru di PAUD Terpadu Anak Saleh Malang antara lain a) Untuk meningkatkan kemampuannya dan mementingkan persiapan diri sebelum mengajar sehingga terlihat lebih profesional b) ikut berperan aktif dalam mempromosikan keberadaan PAUD Terpadu Anak Saleh Malang sehingga lebih dikenal di masyarakat luas dan c) Menjadi sumber motivasi terhdap murid-murid dalam kegiatan belajar mengajar. Bagi penelitian lain yang berminat terhadap topik penelitian ini kiranya dapat mengembangkan dan menggali lebih dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan Strategi Manajemen Moving Class dalam Peningkatan Mutu Pendidikan sehingga dapat membantu sekolah-sekolah yang lain untuk melaksanakan sistem pembelajaran moving class ini juga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57551

Actions (login required)

View Item View Item