Wijaksono, Agus (2014) Implementasi kurikulum 2013 pada SMP Negeri dan Swasta percontohan Kota Malang / Agus Wijaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wijaksono Agus. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 pada SMP Negeri dan Swasta Percontohan Kota Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. Kata kunci Implementasi kurikulum 2013 sekolah menengah pertama. 12288 12288 12288 12288 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menerapkan kurikulum 2013 di Kota Malang pada jenjang SMP Negeri dan Swasta untuk menjadi sekolah percontohan pada jenjang SMP di kota malang. Dalam menerapkan kurikulum ini Dinas Pendidikan Kota Malang menunjuk sekolah pada jenjang SMP Negeri dan Swasta yang terbaik di Kota Malang untuk menerapakan kurikulum baru yang mana kurikulum ini penyempurnaan dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kurikulum 2013 mendapat perhatian khusus untuk diterapkan di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sehingga setiap sekolah memiliki kurikulum yang sesuai tepat guna dengan kedudukan fungsi dan peranan serta tujuan lembaga sekolah tersebut. 12288 12288 12288 12288 Peneliti bermaksud mengungkap lebih dalam kurikulum 2013 perencanaan sampai tahap evalusi pelaksanaan kurikulum 2013 pada sekolah sasaran yaitu (1) SMP Negeri 5 Malang (2) SMP Darul Ulum Agung Malang. Fokus penelitian ini sebagai berikut (1) Perencanaan kurikulum 2013 pada sekolah sasaran jenjang SMP (2) Pelaksanaan kurikulum 2013 pada sekolah sasaran jenjang SMP (3) Evaluasi kurikulum 2013 pada sekolah sasaran jenjang SMP dan (4) Faktor pendukung dan penghambat kurikulum 2013 pada sekolah sasaran jenjang SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus dengan orientasi pendekatan fenomenologis dimana peneliti berusaha memahami makna peristiwa serta interaksi orang dalam situasi pada saat penelitian sehingga peneliti dapat memahami penerapan kurikulum 2013 di sekolah sasaran jenjang SMP kedua sekolah yang diteliti.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti (1) Wawancara (2) Observasi dan Dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian secara keseluhan yaitu sebagai berikut Pertama Perencanaan kurikulum 2013 pada SMP Negeri 5 dan SMP Darul Ulum Agung Malang bahwa sekolah ini dianggap sekolah unggulan oleh Dinas Pendidikan di Kota Malang. Sekolah tersebut ditunjuk oleh Dinas Pendidikan untuk menjadi sekolah sasaran dalam menerapkan kurikulum 2013. Sekolah ini melakukan berbagai hal persiapan seperti mengikuti pelatihan seminar yang direkomendasikan oleh dinas pendidikan kota malang. Sekolah sasaran mendapatkan modul panduan kurikulum 2013 untuk peserta didik kelas 7 beserta gurunya. Sekolah sasaran wajib hadir mengikuti pelatihan/worshop yang diadakan oleh dinas pendidikan dan mampu memepertahankan penerapan kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 Kedua Pelaksanaan kurikulum 2013 pada SMP Negeri 5 dan SMP Darul Ulum Agung Malang yaitu dilaksanakan pada semerter ganjil tanggal 13 juli 2013. Metode kurikulum yang digunakan scientific learning atau metode ilmiah yang mengedepankan peserta didik menggali informasi melalui mengamati menanya menalar mencoba dan mengkomunikasikan. Dalam buku teks kurikulum 2013 menggunkan gagasan pengembangan scientific approach sebagai instrumen utama dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Ketiga Evalusi kurikulum 2013 pada SMP Negeri 5 dan SMP Darul Ulum Agung Malang yaitu menggunakan monitoring pengisian kuesioner pada setiap 3 bulan sekali. Evaluasi juga dilaksanakan sekolah pada proses belajar penilain peserta didik seperti penilain antar teman diri sendiri guru diskusi kelompok presentasi lingkungan agama dan penilain lainnya. Keempat Pendukung dan hambatan kurikulum 2013 pada SMP Negeri 5 dan SMP Darul Ulum Agung Malang yaitu Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 banyaknya penilain yang diberikan kepada guru untuk menilai peserta didik seperti penilain antar teman diri sendiri guru diskusi kelompok presentasi lingkungan agama dan penilain lainnya.Kuarangnya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dalam pelaksanaan kurikulum 2013 seperti penyedian laboratorium padahal dalam kurikulum 2013 dituntut peserta didik untuk bisa menemukan dan memparaktekkan materi yang sudah disampaikan oleh guru. Sekolah sasaran mendapatkan buku modul kurikulum 2013 secara gratis sedangkan untuk sekolah non sasaran tidak mendapatkan akan tetapi dinjukan untuk mengcopi dan mengajurkan untuk melaksanakan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57550 |
Actions (login required)
View Item |