Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kapabilitas mengajar guru (studi kasus pada SMPN 1 Kota Batu / Yusuf Bambang Trianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kapabilitas mengajar guru (studi kasus pada SMPN 1 Kota Batu / Yusuf Bambang Trianto

Trianto, Yusuf Bambang (2014) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kapabilitas mengajar guru (studi kasus pada SMPN 1 Kota Batu / Yusuf Bambang Trianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Trianto Yusuf Bambang. 2014. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kapabilitas Mengajar Guru di SMPN 1 Kota Batu. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D (II) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata kunci peran kepemimpinan kepala sekolah kapabilitas mengajar guru. Pengaruh kepemimpinan di sekolah terhadap pengelolaan fungsi dan peran pendidikan sangatlah efektif. Sehingga mengakibatkan hampir semua pemerhati sekolah efektif mengekplisitkan kepemimpinan sebagai ciri penting dalam lembaga pendidikan pada semua jenjang pendidikan baik pada jenjang pendidikan sekolah dasar sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peran kepemimpinan Kepala Sekolah SMPN 1 Batu dalam meningkatkan kapabilitas guru menyusun persiapan mengajar (2) peran kepemimpinan Kepala Sekolah SMPN 1 Batu meningkatkan kapabilitas guru dalam pelaksanaan mengajar (3) mendeskripsikan peran kepemimpinan Kepala Sekolah SMPN 1 Batu dalam meningkatkan kapabilitas guru menggunakan media pembelajaran dan (4) mendeskripsikan peran kepemimpinan Kepala Sekolah SMPN 1 Batu dalam meningkatkan kapabilitas guru mengevaluasi hasil pembelajaran. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian di SMPN I Kota Batu yang terletak di jalan KH. Agus Salim No. 55 Kecamatan Batu Kota Batu. Sumber data informan peristiwa atau aktivitas lokasi penelitian benda gambar rekaman dan dokumen. Teknik pengumpulan data wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dapat dikerjakan bersamaan dan kemudian dilanjutkan setelah pengumpulan data selesai. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut (1) Peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan kapabilitas persiapan mengajar guru mempunyai peran yang aktif sebagai supervisor fasilitator pembina pembimbing motivator dan pengarah dalam membantu meningkatkan kompetisi guru dalam menyusun program tahunan program semester. Silabus dan RPP dengan cara memberi motivasi mengadakan MGMP dan workshop yang diselenggarakan pada awal tahun pelajaran baru (2) peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan kapabilitas guru dalam pelaksanaan mengajar guru dengan bertindak sebagai fasilitator dan evaluator dalam meningkatkan kapabilitas guru menggunakan metode pembelajaran dengan baik melalui penyediaan literatur tentang metode pembelajaran supervisi akademis supervisi klinis diskusi tanya-jawab mengikutkan guru dalam kegiatan MGMPS Workshop MGMP tingkat kota provinsi dan LPMP (3) peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan kapabilitas guru dalam menggunakan media pembelajaran secara efektif dan efisien bertindak sebagai supervisor fasilitator monitoring motivator dalam meningkatkan kapabilitas guru menggunakan media pembelajaran dengan mendatangkan nara sumber melaksanakan workshop serta menyediakan media pembelajaran di kelas pengadaan LCD di setiap kelas dan (4) peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan kapabilitas guru mengevaluasi hasil pembelajaran adalah dengan berperan aktif sebagai supervisor pembimbing motivator dan fasilitator dalam menganalisis hasil evaluasi pembelajaran melalui workshop meminta tagihan laporan analisis hasil evaluasi pembelajaran melaksanakan program perbaikan dan pengayaan melalui bidang kurikulum juga mengingatkan guru untuk melaksanakan perbaikan dan pengayaan melalui rapat/brifing serta mengingatkan tentang ketuntasan belajar siswa setiap ada laporan penilaian ke wali murid. Berdasarkan temuan penelitian tersebut dikemukakan saran sebagai berikut (1) Bagi Kepala Sekolah temuan penelitian ini dapat dijadikan masukan sehingga dapat terus dicari solusi yang terbaik dalam rangka meningkatkan kualitas SDM (guru) agar lebih profesional (2) Bagi Guru sebagai rujukan dan dapat dijadikan rujukan untuk lebih meningkatkan kerjasama teamwork warga sekolah dalam mencapai tujuan-tujuan sekolah (3) Bagi Dinas Pendidikan Kota Batu temuan penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk penyempurnaan dan validasi kurikulum pembekalan calon-calon kepala sekolah dan (4) Bagi Peneliti lainnya temuan penelitian ini dapat dilanjutkan dengan ruang lingkup yang lebih luas serta dengan menggunakan pendekatan penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57545

Actions (login required)

View Item View Item