Mungsi, Antonius (2014) Supervisi pendidikan dalam mengefektifkan kinerja guru di SMAN 8 dan SMPK Santa Maria 2 Malang / Antonius Mungsi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mungsi Antonius. 2014. Supervisi Pendidikan dalam Mengefektifkan Kinerja Guru. Studi Kasus di SMAN 8 dan SMPK Santa Maria 2 Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Ahmad Sonhadji. KH. M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Ali Imron M. Pd. M. Si. Kata Kunci supervisi pendidikan kinerja guru SMP/SMA 12288 12288 12288 12288 Salah satu penentu kualitas pendidikan adalah guru. Perkembangan jaman menuntut guru menyesuaikan diri agar pendidikan tetap berkualitas. Keterbatasan dan tuntutan pengembangan profesionalitas guru menjadi dasar perlunya supervisi pendidikan. 12288 12288 12288 12288 SMAN 8 dan SMPK Santa Maria 2 Malang berkomitmen tinggi menjalankan kegiatan supervisi pendidikan demi meningkatkan kinerja guru. Mereka merencanakan melaksanakan mencermati hasil dan menindaklanjuti supervisi dengan baik. Hasilnya kedua sekolah sangat terbantu meningkatkan kualitas pendidikan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan perencanaan pelaksanaan hasil tindak lanjut dan efektivitas kegiatan supervisi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 8 dan SMPK Santa Maria 2 Malang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus deskripsi kasus ganda. Peneliti berperan sebagai instrument kunci. Instrumen kunci lain adalah kepala sekolah. Informannya adalah para wakil kepala sekolah dan guru senior yang berperan sebagai tim supervisor. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dokumentasi dan pengamatan. Analisis data menggunakan cara reduksi data pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan cara triangulasi sumber dan metode pengecekan anggota ketekunan pengamatan dan kecukupan referensial. 12288 12288 12288 12288 Hasil temuan penelitian adalah sebagai berikut. Pertama perencanaan supervisi pendidikan berdasar pada a) pemahaman supervisi sebagai usaha membantu meningkatkan kinerja guru b) supervisi sebagai wujud tanggungjawab kepala sekolah c) perencanaan mengindahkan pengawas DikNas dan yayasan sebagai wakil lembaga terkait yang lebih tinggi dan d) supervisi pendidikan terprogramkan dengan sangat baik. 12288 12288 12288 12288 Kedua pelaksanaan supervisi pendidikan merupakan tindaklanjut program perencanaan supervisi dengan mengindahkan a) pelaksanaan secara tim yang terdiri dari para waka guru senior litbang MGMP b) melibatkan para guru murid komite para ahli pendidikan ISO motivator dan rohaniwan c) mengkolaborasikan aneka kegiatan pengembangan guru Lesson Study PKG dan PTK d) memberdayakan aneka teknik MGMP kunjungan sekolah workshop seminar observasi kelas kunjungan rumah paguyuban guru retret rekoleksi angket murid evaluasi diri penggunaan CCTV dan kamera e) kendalanya berupa keterbatasan waktu perbenturan kegiatan dan rasa sungkan f) penggunaan pendekatan direktif non direktif dan kolaboratif g) penerapan prinsip ilmiah demokratis dan konstruktif dan h) penerapan model supervisi ilmiah klinis artistik dan religious. 12288 12288 12288 12288 Ketiga mencermati hasil supervisi pendidikan meliputi a) penetapan kriteria keberhasilan belum standar standar dan melampaui standar. Keberhasilan supervisi tampak pada peningkatan prestasi murid perkembangan keempat kompetensi tertib administrasi kesadaran akan kebutuhan supervisi peningkatan persaudaraan dan soliditas tinggi. b) penggunaan instrumen evaluasi terstandardisasi berupa form supervisi form PKG form lesson study angket murid form audit ISO dan form evaluasi diri. Hasil supervisi pendidikan menjadi acuan penentu tindak lanjut pembinaan. 12288 12288 12288 12288 Keempat tindak lanjut hasil supervisi pendidikan berupa pembinaan lanjutan dan reward. Pembinaan lanjutan diberikan secara berbeda sesuai keadaan kinerja guru belum standar standar dan melampaui standar. Pembinaan berupa workshop seminar pemberdayaan MGMP dan sebagainya. Reward diberikan sebagai bentuk hadiah dan motivasi bagi guru. Reward berupa pujian buku bahkan promosi jabatan dan kenaikan pangkat. 12288 12288 12288 12288 Kelima efektivitas supervisi pendidikan bagi peningkatan kinerja guru tampak pada peningkatan kinerja dalam bentuk prestasi murid relasi guru dengan murid kebutuhan akan supervisi dan soliditas yang tinggi. Berdasar pengalaman itu sekolah berusaha melaksanakan supervisi secara kontinyu dan berkelanjutan bahkan melakukan terobosan-terobosan baru melalui kegiatan lesson study dan PKG. 12288 12288 12288 12288 Beberapa saran sebagai masukan yaitu pertama bagi Kepala SMAN 8 dan SMPK Santa Maria 2 hendaknya membuat software supervisi bagi tim supervisor kedua para guru perlu mengubah mindset supervise dari inspeksi ke pemberian bantuan profesional ketiga Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya menyiapkan anggaran dana dan supervisor (pengawas) yang kompeten penuh pengabdian keempat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah hendaknya pro aktif turun ke lapangan memantau kegiatan supervisi pendidikan secara kontinyu konsisten dan berkelanjutan. Akhirnya peneliti lain dapat menindaklanjuti hasil penelitian ini dengan lebih menfokuskan penelitian pada pemanfaatan data hasil supervisi secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57544 |
Actions (login required)
View Item |