Dulu, La Ode (2014) Kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi berprestasi guru, dan kompensasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara / La Ode Dulu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dulu La Ode. 2013. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Motivasi Berprestasi dan Kompensasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budiwiyono M. Pd (II). Dr. H. Imron Arifin M. Pd. Kata kunci gaya kepemimpinan transformasional motivasi berprestasi kompensasi kerja kinerja guru. 12288 12288 12288 12288 12288 Kinerja guru sangat menentukan keberhasilan pendidikan sebab guru merupakan pelaksana pendidikan di sekolah. Guru merupakan pribadi yang berinteraksi langsung dengan siswa. Selain itu salah satu faktor penentu keberhasilan sekolah adalah peran pokok yang dimainkan oleh kepala sekolah melalui kepemimipiannya dengan membangun dan mempertahankan semangat kerja yang positif dan tinggi. Kepala sekolah yang mempunyai tujuan secara terus-menerus untuk meningkatkan kinerja para guru dan stafnya pada dasarnya merupakan gaya kepemimpinan transformasional. Kepala sekolah harus mampu membangkitkan motivasi para guru untuk bekerja dengan sebaik-baiknya pula. Motivasi untuk mencapai prestasi sebaik-baiknya inilah yang disebut motivasi berprestasi. Kompensasi kerja yang diberikan juga dapat mempengaruhi kinerja guru. 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 2) gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 3) motivasi berprestasi guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 4) kompensasi kerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 5) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 6) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 7) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kompensasi kerja dengan kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi 8) ada tidaknya hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional motivasi berprestasi dan kompensasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 9) kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 10) kontribusi motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara dan 11) kontribusi kompensasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dirancang untuk mengetahui ada tidaknya korelasi variabel bebas terhadap variabel terikat sehingga metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas yaitu gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) motivasi berprestasi (X2) dan kompensasi kerja (X3) serta variabel terikatnya adalah kinerja guru (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara dengan jumlah 407 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik proporsional sampling (dari tiap sekolah ditetapkan 20% jumlah guru) yaitu sebanyak 81 guru. 12288 12288 12288 12288 Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik angket. Angket atau kuisioner dengan menggunakan skala Likert tingkat pengukuran interval dengan kategori jawaban terdiri atas 5 tingkatan dan dianalisis secara kuantitatif alternatif jawaban diberi skor 1 sampai 5. Analisis data deskriptif bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai subjek penelitian yang berdasarkan data variabel yang diperoleh dari kelompok subjek yang diteliti. Sedangkan analisis data inferensial untuk dimaksudkan untuk pengujian hipotesis. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara sangat tinggi 2) gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara sangat tinggi 3) motivasi berprestasi guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara sangat tinggi 4) kompensasi kerja yang diterima guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara adalah tinggi 5) gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 6) motivasi berprestasi berpengaruh signifikan dengan kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 7) kompensasi kerja berhubungan signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 8) Variabel gaya kepemimpinan transformasional motivasi berprestasi dan kompensasi kerja guru terbukti berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara 9) besar kontribusi relatif gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru adalah 23.4% sedangkan besarnya sumbangan efektifnya 18% 10) motivasi berprestasi guru mempunyai kontribusi relatif terhadap kinerja guru sebesar 109.6% sumbangan efektif sebesar 82% dan 11) besar kontribusi relatif kompensasi kerja terhadap kinerja guru adalah 48.2% sedangkan sumbangan efektifnya adalah 36%. 12288 Berdasarkan hal itu gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah motivasi berprestasi dan kompensasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun bersama-sama. Oleh karena itu kepala sekolah sebaiknya terus meningkatkan dan mempertahankan kualitas gaya kepemimpinan transformasional dan kompensasi kerja guru. Sedangkan guru harus terus meningkatkan motivasi berprestasinya agar dapat mencapai kinerja maksimal sehingga mencapai hasil belajar siswa secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |