Hubungan peran kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, dan kinerja guru dengan produktivitas SMA di Kabupaten Buru Selatan / Ignatius Korebima Lautloly - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan peran kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, dan kinerja guru dengan produktivitas SMA di Kabupaten Buru Selatan / Ignatius Korebima Lautloly

Lautloly, Ignatius Korebima (2014) Hubungan peran kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, dan kinerja guru dengan produktivitas SMA di Kabupaten Buru Selatan / Ignatius Korebima Lautloly. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lautloly Iginatius Korebima. 2014. Hubungan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Iklim Organisasi dan Kinerja Guru dengan Produktivitas SMA di Kabupaten Buru Selatan. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata Kunci produktivitas sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah iklim organisasi kinerja guru. Ukuran keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah kinerja guru serta suasan lingkungan kerja terletak pada produktivitas sekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti interaksi variabel baik secara langsung maupun tidak langsung yang akan berdampak kepada peningkatan produktivitas sekolah. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui gambaran peran kepemimpinan kepala sekolah iklim organisasi kinerja guru dan produktivitas sekolah 2) mengetahui hubungan secara langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan iklim organisasi 3) mengetahui hubungan secara langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru 4) mengetahui hubungan secara langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan produktivitas 5) mengetahui hubungan secara langsung antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru 6) hubungan secara langsung antara iklim organisasi sekolah dengan produktivitas 7) mengetahui hubungan secara langsung antara kinerja guru dengan produktivitas 8) mengetahui hubungan tidak langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru melalui iklim organisasi 9) mengetahui hubungan tidak langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan produktivitas 10) mengetahui hubungan tidak langsung antara iklim organisasi sekolah dengan produktivitas 11) dan hubungan langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru 12) serta hubungan langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah iklim organisasi sekolah dan kinerja guru yang secara bersama-sama terhadap produktivitas SMA di Kabupaten Buru Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Model analisis data dalam penelitian dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dimana hubungan antar variebel penelitian dibagi dalam tiga struktur yang tersusun secara hirarkis. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan ganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 186 guru sedangkan sampel penelitian sebanyak 126 guru yang diperoleh dengan menggunakan teknik proposional random sampling yang berasal dari 11 SMA di Kabupaten Buru Selatan. Hasil dekriptif data terhadap seluruh variabel penelitian menunjukan bahwa peran kepemimpinan kepala SMA di Kabupaten Buru Selatan memiliki peran kepemimpinan cukup baik dengan presentase sebesar 62 70% iklim organisasi sekolah dalam kondisi yang baik dengan presentase sebesar 45 24% guru memiliki kinerja yang cukup baik dengan presentasi sebesar 57 14% dan produktivitas SMA di Kabupaten Buru Selatan juga cukup baik dengan presentasi sebesar 57 14%. Selanjutnya hasil perhitungan dengan analisa regresi menunjukan (1) terdapat hubungan langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan iklim organisasi sekolah (2) terdapat hubungan hubungan secara langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru (3) terdapat hubungan secara langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan produktivitas SMA (4) terdapat hubungan secara langsung antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru (5) terdapat hubungan secara langsung antara iklim organisasi sekolah dengan produktivitas SMA (6) terdapat hubungan secara langsung antara kinerja guru dengan produktivitas SMA (7) terdapat hubungan tidak langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru melalui iklim organisasi SMA (8) terdapat hubungan tidak langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan produktivitas SMA di Kabupaten Buru Selatan melalui kinerja guru (9) terdapat hubungan tidak langsung antara iklim organisasi sekolah dengan produktivitas SMA di Kabupaten Buru Selatan melalui kinerja guru (10) terdapat hubungan langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru dan (11) terdapat hubungan langsung antara peran kepemimpinan kepala sekolah iklim organisasi sekolah dan kinerja guru yang secara bersama-sama terhadap produktivitas SMA. Dari hasil penelitian ini diharapkan oleh (1) dinas pendidikan pemuda dan olahraga Kabupaten Buru Selatan memprioritaskan peningkatan produktivitas sekolah pada aspek pengembangan profesi keguruan dengan jalan menyelenggarakan berbagai pelatihan baik yang diselenggarakan di sekolah maupun di luar sekolah (2) kepala dinas pendidikan pemuda dan olahraga memprioritas peran kepemimpinan kepala sekolah yang produktif terutama pada aspek perilaku kepemimpinan yang ada di sekolah karena peran kepemimpinan kepala sekolah mempunyai efek yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan produktivitas sekolah (3) kepala sekolah hendaknya terus meningkatkan kemampuan manajerial terutama meningkatkan produktivitas sekolah dengan menerapkan perannya sebagai pemimpin dalam menciptakan iklim organisasi secara efektif dan meningkatkan kemampuan kinerja guru pada masing-masing sekolah (4) paru guru dapat meningkatkan kinerjanya terutama aspek profesionalitas dalam kegiatan belajar mengajar (teaching and learning process) di dalam kelas dengan jalan berperan secara aktif di dalam mengikuti berbagai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kinerja guru (5) para guru diharapkan mampu menjaga iklim organisasi sekolah secara efektif baik dalam proses belajar mengajar hubungan antara teman sejawat hubungan dengan lingkungan sekolah serta dengan masyarakat yang berada di sekitar sekolah (6) bagi penelitian lain dalam pengembangan penelitian utamanya dalam mengkaji produktivitas sekolah agar tidak hanya memperhatikan variabel yang ada dalam penelitian ini sebab dalam penelitian ini hanya membahas tiga variabel yang mempunyai efek secara langsung dan tidak langsung dengan produktivitas sekolah yaitu peran kepemimpinan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57538

Actions (login required)

View Item View Item