Manajemen Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan profesionalisme guru (studi multisitus pada Gugus 2 SD di Kecamatan Klojen dan Gugus 4 SD di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang) / Gerindo Wasono - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan profesionalisme guru (studi multisitus pada Gugus 2 SD di Kecamatan Klojen dan Gugus 4 SD di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang) / Gerindo Wasono

Wasono, Gerindo (2014) Manajemen Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan profesionalisme guru (studi multisitus pada Gugus 2 SD di Kecamatan Klojen dan Gugus 4 SD di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang) / Gerindo Wasono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wasono Gerindo. 2014. Manajemen Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Multisitus pada Gugus 2 Sekolah Dasar di Kecamatan Klojen dan Gugus 4 Sekolah Dasar di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang). Tesis. Program studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Kusmintardjo M.Pd. (II) Prof. Dr. H. M. Huda A. Y. M.Pd. Kata Kunci manajemen kelompok kerja guru profesionalisme guru. Guru memiliki peranan penting dan strategis dalam membimbing peserta didik ke arah kedewasaan kematangan dan kemandirian sehingga guru sering dikatakan sebagai ujung tombak pendidikan. Terkait peran guru tersebut maka untuk melaksanakan tugasnya secara efektif diperlukan pembinaan dan pengembangan profesi serta karier guru. Wadah pembinaan profesional guru sekolah dasar (SD) adalah KKG. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru sesuai fokus penelitian yaitu perencanaan pengorganisasian implementasi evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan KKG pada Gugus 2 SD di Kecamatan Klojen dan Gugus 4 SD di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Objek penelitian ini Gugus 2 SD di Kecamatan Klojen dan Gugus 4 SD di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan kunci sumber data tertulis dan gambar atau foto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan studi dokumen. Data dianalisis menggunakan reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Data dianalisis menggunakan analisis dalam situs dan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas dan dependabilitas. Berdasarkan paparan data ditemukan hasil sesuai fokus penelitian pada tahap perencanaan antara lain (a) menentukan jenis dan jadwal kegiatan yang akan dilakukan sesuai kebutuhan guru-guru terkait pembelajaran waktu dan dana serta narasumber pakar pembelajaran (b) personel yang terlibat adalah guru dan KS segugus pengurus KKG dan dibantu Pengawas TK/SD (c) perencanaan dilakukan setiap akhir tahun pelajaran di SD Inti (ruang PKG) (d) perencanaan dilakukan agar programnya jelas dan terarah menampung aspirasi dan membantu guru yang mengalami kesulitan terkait pembelajaran dan (e) proses perencanaan dilakukan dengan kesepakatan melalui musyawarah antara pengurus KS guru segugus dan koordinator kelas. Pada tahap pengorganisasian antara lain (a) personel yang terlibat dalam kegiatan KKG adalah guru dan KS segugus pengurus KKG guru pemandu mata pelajaran (GPMP) koordinator kelas pengawas dan KUPT Pendidikan Dasar (b) tanggung jawab guru sebagai anggota juga pengurus KKG GPMP koordinator kelas KS sebagai pembina pembimbing dan penanggung jawab utama pengawas sebagai pembina dan pendamping. Pada tahap implementasi antara lain (a) hal-hal dalam pelaksanaan KKG adalah programnya tempat PKG dana keaktifan dan semangat guru dukungan anggota KKG (b) personel yang terlibat adalah anggota KKG narasumber GPMP pengurus KKG dan KS segugus Pengawas TK/SD dan KUPT Pendidikan Dasar (c) waktu pelaksanaan KKG setiap hari Sabtu di SD Inti (ruang PKG) atau bergilir di SD Imbas (d) pelaksanaan KKG untuk melayani dan memecahkan permasalahan yang dihadapi guru sebagai sarana pengimbasan wadah menimba ilmu dan informasi baru (e) pelaksanaan KKG dilakukan dengan mendiskusikan sesuai program kegiatan awal dengan pembinaan kegiatan inti dengan dibagi kelompok perkelas/mata pelajaran dan diakhiri penutup tetapi pada acara pengimbasan dimulai dari pembukaan pengimbasan penutup. Di tahap evaluasi antara lain (a) evaluasi pelaksanaan KKG adalah programnya pelaksanaan kegiatannya dan pendanaannya (b) evaluator KKG adalah guru-guru GPMP koordinator kelas Pengurus KKG KS segugus dan Pengawas TK/SD (c) waktu evaluasi KKG dilakukan setiap akhir semester dan akhir tahun pelajaran di ruang PKG SD Inti dan atau SD Imbas secara bergilir (e) tujuan evaluasi untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan program pelaksanaan kegiatan KKG program KKG sudah terlaksana apa belum dan menjadi acuan penyusunan program berikutnya (f) cara mengevaluasi dengan menayangkan program tahun kemarin untuk dievaluasi bersama-sama sharing membuat checklist dari program yang telah terlaksana dan yang belum bersama warga guru Pengurus KKG KS segugus dan Pengawas TK/SD. Faktor pendukung kegiatan KKG yaitu Gugus 2 pernah menjadi juara I nasional lomba gugus sarana dan prasarana memadai keaktifan guru mengikuti KKG dukungan dan motivasi KS yang tinggi pendanaan cukup kerja sama seluruh komponen segugus program KKG jelas struktur dan data-data KKG lengkap dan jarak antar sekolah segugus berdekatan. Sedangkan faktor penghambatnya ada sebagian guru motivasinya rendah kesulitan mengumpulkan guru-guru dalam waktu bersamaan sarana dan prasarana pada SD Imbas kurang lengkap ruang PKG kurang besar dan dana dalam jumlah yang relatif banyak. Saran penelitian dikemukakan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang untuk (a) melakukan pemantauan dan evaluasi bersama UPT Pendidikan Dasar di Kecamatan terhadap pelaksanaan kegiatan KKG di kedua gugus (b) membentuk jaringan kerja sama dengan Perguruan Tinggi. berikutnya (2) bagi Pengawas TK/SD sebagai dasar pembinaan pengembangan profesional guru dan merumuskan kebijaksanaan teknis dalam program peningkatan kualitas pendidikan SD (3) bagi KS di SD Inti dan Imbas pada kedua gugus untuk mempertahankan (a) manajemen sekolah yang sudah baik kepemimpinan pendidikan dengan keterampilan manajerial (b) wawasan pengetahuan dan kemampuan memanfaatkan sarana dan prasarana kegiatan KKG di kedua gugus (4) bagi guru pada kedua gugus SD untuk meningkatkan (a) wawasan dan pengetahuan terkait pembelajaran dengan melanjutkan studi penataran pelatihan lokakarya atau seminar nasional (b) kemampuan dan keterampilan dalam menyelesaikan permasalahan terkait pembelajaran (5) bagi pengembangan ilmu manajemen pendidikan untuk pengembangan manajemen atau pengelolaan KKG (6) bagi peneliti lain yang berminat terhadap topik penelitian ini dapat mengembangkan dan menggali lebih dalam aspek-aspek terkait peningkatan profesionalisme guru melalui KKG pada dua gugus sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57536

Actions (login required)

View Item View Item