Moehadjir, Endah Sumarsih (2014) Keterampilan majerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (studi multi situs pada SDN Percobaan 2 dan SDN Klojen di Kota Malang) / Endah Sumarsih Moehadjir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Moehadjir EndahSumarsih. 2014. KeterampilanManajerialKepalaSekolahDalamPeningkatanKinerja Guru (Studi Multi Situspada SDN Percobaan2 dan SDN Klojen di Kota Malang).Tesis Program StudiManajemenPendidikan PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Prof. H.A Sonhadji KH M.A Ph.D (II) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata kunci keterampilanmanajerial kepalasekolah kinerja guru sekolahdasar Kepemimpinankepalasekolahmerupakansalahsatufaktorpendorongbagisekolahdalammewujudkanvisi misi tujuandansasaransekolahmelalui program program yang dilaksanakansecaraterencanadanbertahap.Olehkarenaitukepalasekolahdituntutmemilikikemampuanmanajemen yang tangguh agar mampumengambilkeputusandaninisiatifuntukmeningkatkanmutusekolah.Peningkatanketerampilanmanajerialkepalasekolahsebagaiupayauntukpeningkatandanperbaikankinerja guru disampingpengadaandanpenyediaansaranadanprasanapendidikansertaperbaikancarakerja yang berdampaklangsungterhadaphasilbelajarsiswa. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif denganmenggunakanstudi multi situs.Penelitianinidilakukan di duasitus yaitu SDN Percobaan 2 dan SDN Klojen di Kota Malang yang bertujuanuntukmendeskripsikanberbagaikegiatan yang terjadiberkaitandenganketerampilanmanajerialkepalasekolah yang meliputi (1) Keterampilankonseptual (2) Keterampilanhubunganmanusia (3) Keterampilanteknis.Data penelitianberupa data deskriptif yang diperolehmelaluiwawancara data dokumentasi dan data observasi. Temuanpenelitianmenunjukkanbahwa (1)Padakeduasituspenelitianmemilikikesamaanketerampilankonseptualkepalasekolah yang mancakuppenyusunanperencanaansekolah pendayagunaansumberdayasekolah pengelolaanperubahandanpengembangansekolah danmenciptakanbudayadaniklimsekolah yang kondusif. (2) Padakeduasituspenelitianmemilikikesamaanketerampilanhubunganmanusiayang mencakuppengelolaandanpendayagunaansumberdayamanusia pengelolaanpesertadidikbaikpenerimaan penempatandanpengembangankapasitas. (3) Padakeduasituspenelitianmemilikikesamaanketerampilantekniskepalasekolah yangmencakuppengelolaansumberdayasekolah danpemanfaatankemajuanteknologiinformasi. Berdasarkantemuanpenelitiandapatdisaransebagaiberikut (1) Pemerintah/DinasPendidikan Kota Malang dapatdijadikanmasukandalammembinakepalasekolahdan guru menujusekolah yang efektifdanberkualitassertabermutudalampeningkatansumberdayamanusia (2) BagiKepalasekolahuntukmeningkatkankomitmenbersamadalammewujudkanvisidanmisisekolahkepadaseluruhsekolahsertamenjadikanketeladanan etoskerja tanggungjawabbersama (3) Bagi guru untukmeningkatkan SDM khususnyakepadapara guru denganmengikuti workshop workshop danpelatihan pelatihansertamelanjutkankuliahkejenjang yang lebihtinggi (4) BagiPenelitilaindiharapkanuntukmenelitilebihspesifiktentangketerampilanmanajerialkepalasekolahdalampeningkatankinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57532 |
Actions (login required)
View Item |