Manajemen pembiayaan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi multi situs pada SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang) / Indrawati Setyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembiayaan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi multi situs pada SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang) / Indrawati Setyaningsih

Setyaningsih, Indrawati (2014) Manajemen pembiayaan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi multi situs pada SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang) / Indrawati Setyaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indrawati Setyaningsih 2013. Manajemen Pembiayaan Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus pada SD Negeri Klojen dan SD Negeri Percobaan 2 Kota Malang). Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci manajemen pembiayaan mutu pendidikan sekolah dasar 12288 12288 12288 Pengelolaan pembiayaan pendidikan yang efektif merupakan salah satu komponen masukan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan bermutu di sekolah. Manajemen pembiayaan sekolah sangat penting hubungannya dengan pelaksanaan kegiatan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan pembiayaan sekolah dasar yang meliputi proses penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) serta sumber-sumber pendanaannya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan (2) menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pembiayaan sekolah dasar yang meliputi prosedur pelaksanaan pembiayaan jadwal dan keterlibatan stakeholder dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan (3) menganalisis dan mendeskripsikan evaluasi pembiayaan sekolah dasar yang meliputi ketercapaian tujuan pembiayaan dan pemecahan masalah-masalah pembiayaan serta pertanggungjawabannya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan rancangan multisitus untuk menjawab pertanyaan di atas. Data penelitian adalah temuan yang dihasilkan peneliti ketika proses pengumpulan data di tempat penelitian. Dalam mengumpulkan data melalui wawancara mendalam studi dokumentasi dan pengamatan berperan serta. Dalam penelitian ini analisis situs tunggal dan analisis data lintas situs dilakukan untuk menganalisis data. Sedangkan kredibilitas transferabilitas dipendabilitas dan konfirmabilitas diterapkan untuk mengecek keabsahan data. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen pembiayaan sekolah yang diterapkan di kedua sekolah (SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Malang) mampu meningkatkan mutu sekolah yang dibuktikan dengan prestasi lima tahun terakhir dengan 100% tingkat kompetensi lulusan. Aspek-aspek manajemen pembiayaan tersebut adalah 1) Perencanaan pembiayaan sekolah (a) SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang melakukan proses penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sekolah melalui rapat bersama antara sekolah komite orangtua siswa dan masyarakat dengan menyusun Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) dan (b) SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang menerima sumber pembiayaan dari pemerintah melaui BOSNAS BOSDA dan BOSWAJAR 2) Pelaksanaan pembiayaan sekolah (a) SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang melakukan prosedur pelaksanaan pembiayaan berdasarkan RKTS RKAS dan RAPBS (b) SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang membuat jadwal pelaksanaan pembiayaan berdasarkan RKTS RKAS dan RAPBS dan (3) Pihak-pihak (stakeholder) yang terlibat dalam pelaksanaan pembiayaan pendidikan di SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang antara lain dewan komite sekolah orangtua siswa dan tokoh masyarakat sekitar sekolah 3) Evaluasi Pembiayaan Sekolah (a) Tujuan pembiayaan pendidikan di SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang tercapai hingga 100% terlaksana dengan baik (b) SDN Klojen dan SDN Percobaan 2 Kota Malang melakukan pemecahan terhadap masalah-masalah yang mungkin terjadi secara bersama-sama dewan komite orangtua siswa dan tokoh masyarakat melalui langkah solutif dan (c) Pertanggungjawaban pembiayaan pendidikan dilakukan melalui LPJ penggunaan dana BOS setiap triwulan dalam satu tahun periode anggaran. 12288 12288 12288 12288 Saran saran penelitian diharapkan (1) kepala sekolah sebaiknya mencari alternatif solusi terbaik untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan proses pembiayaan pendidikan terutama keterlambatan penerimaan dana BOS. (2) Dinas Pendidikan mengusahakan bahwa pencairan dana BOS tidak terlambat sampai ke sekolah. Sebab aspek keterlambatan merupakan masalah terbesar yang menjadikan tidak maksimalnya pembiayaan pendidikan selama ini. (3) komite Sekolah disarankan untuk lebih kreatif di dalam menangkap peluang peluang sumber pemasukan keuangan sekolah sehingga komite sekolah dapat memberikan kontribusi nyata dalam keberlangsungan sekolah. (4) Direktorat Pembinaan SD Kemdikbud dapat dijadikan sebagai masukan dalam mengalokasikan dana pendidikan di Sekolah Dasar. (5) peneliti lain disarankan untuk melakukan kajian manajemen pembiayaan lebih spesifik seperti contoh pemanfaatan pembiayaan alternatif dalam operasional sekolah kewirausahaan sekolah sebagai alternatif keuangan sekolah dan sebagainya. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57531

Actions (login required)

View Item View Item