Manajemen pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar (studi kasus pada SD Negeri Wedoro II Pandaan) / Marina Eva Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar (studi kasus pada SD Negeri Wedoro II Pandaan) / Marina Eva Susanti

Susanti, Marina Eva (2014) Manajemen pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar (studi kasus pada SD Negeri Wedoro II Pandaan) / Marina Eva Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanti E. M. 2013. Manajemen Pembelajaran dalam Peningkatan Mutu Akademik Sekolah Dasar (Studi kasus pada SD Negeri Wedoro II Pandaan). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Prof. Hj Nurul Ulfatin M.Pd. Kata kunci manajemen pembelajaran mutu akademik sekolah dasar Manajemen pembelajaran merupakan pengaturan semua kegiatan pembelajaran. Manajemen pembelajaran dalam arti luas berisi proses kegiatan mengelolaan perencanaan pengorganisasian pengarahan atau pengendalian dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan segenap fenomena dan peristiwa yang terjadi berkaitan dengan manajemen pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar yang meliputi (1) perencanaan pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar (2) implementasi pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar (3) evaluasi pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar. Data penelitian berupa data deskripsi yang di peroleh melalui wawancara studi dokumentasi observasi tentang penyelenggaraan pembelajaran. Data dianalisis dengan reduksi data penyajian data menarik kesimpulan/verifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Wedoro II Pandaan dengan alamat di Desa Wedoro Kecamatan pandaan Kabupaten Pasuruan Propinsi Jawa Timur. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari Data primer yang diperoleh dalam bentuk verbal berupa kata-kata informasi dari guru kelas dan Kepala Sekolah Sedangkan data skunder bersumber dari dokumen-dokumen foto-foto benda-benda yang dapat digunakan sebagai pelengkap data primer. Karakteristik data sekunder yaitu tulisan-tulisan rekaman-rekaman gambar-gambar foto-foto yang berhubungan dengan manajemen pembelajaran di SD Negeri Wedoro II Pandaan. pengumpulan data penelitian ini digunakan tiga teknik yaitu (1) wawancara mendalam (in depth interview) (2) observasi partisipasi (participant observation) dan (3) studi dokumentasi (study of documents).Data penelitian berupa data deskripsi yang di peroleh melalui wawancara data dokumentasi dan data observasi mengenai penyelenggaraan pembelajaran.Analisa data yang dilakukan adalah reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut (1) perencanaan pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar disusun melalui proses sebagai berikut (a) perencanaan pembelajaran dilakukan oleh pihak sekolah setiap tahun ajaran baru (b) guru merencanakan program yang relevan dengan program sekolah.(2) implementasi pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar meliputi kegiatan sebagai berikut (a) persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran rombongan belajar beban kerja minimal guru buku teks pelajaran pengolahan kelas (b) pelaksanaan pembelajaran meliputi proses kegiatan belajar pelaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) (c) penilaian pembelajaran (d) pengawasan proses pembelajaran meliputi pemantauan supervisi evaluasi pelaporan dan tindak lanjut.(3) evaluasi pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar dilakukan dengan cara sebagai berikut evaluasi pembelajaran dalam peningkatan mutu akademik sekolah dasar dilakukan dengan cara sebagai berikut (a) melalui tes dan non tes (b) penilaian sikap (c) penilaian portofolio (d) penilaian proyek (e) penilaian kinerja. Saran-saran yang dapat kami sampaikan dalam penelitian ini adalah (a) Bagi guru diharapkan agar lebih aktif dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas yang dapat menyebabkan siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran (b) Bagi kepala sekolah diharapkan agar lebih mengembangkan dan meningkatkan keadaan dari sekolah dan para gurunya dan meningkatkan kesadaran dan hubungan kerja sama kepala sekolah dengan guru dalam mendukung mutu pendidikan khususnya dalam mutu akademik (c) Bagi Dinas pendidikan Pasuruan diharapkan agar ikut serta dalam manajemen pembelajaran baik disekolah inti dan sekolah imbas (d) Bagi sekolah lain diharapkan ikut berlomba-lomba dalam meningkatkan proses pembelajaran sekolahnya agar lebih kreatif dan maju.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57528

Actions (login required)

View Item View Item