Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar (studi multi kasus di SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 2 Kota Malang) / Sutirah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar (studi multi kasus di SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 2 Kota Malang) / Sutirah

Sutirah (2014) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar (studi multi kasus di SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 2 Kota Malang) / Sutirah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sutirah 2013 Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Studi Multikasus di Sekolah Dasar Islam Surya Buana dan Sekolah Dasar Negeri Tlogomas 2 Kota Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Huda A. Y M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata Kunci Kepemimpinan Kepala Sekolah Kompetensi Guru Sekolah Dasar. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Kepemimpinan memiliki posisi strategis dalam organisasi dan sangat mempengaruhi kinerja organisasi sehingga rasional jika keterpurukan pendidikan salah satunya disebabkan oleh kepemimpinan yang tidak dapat membuat strategi pendidikan yang dapat mempengaruhi perubahan. Kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki peranan yang kuat dalam menggerakkan semua sumber daya pendidikan yang tersedia. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kompetensi guru Sekolah Dasar melalui program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan konteks tersebut peneliti merumuskan fokus penelitian yang terdiri atas (1) Tipe kepemimpinan kepala SDI Surya Buana dan Kepala SDN Tlogomas 02 dalam menjalankan kepemimpinan (2) Peran Kepala SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 02 dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar (3) Faktor pendukung dan penghambat Kepala SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 02 dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar dan (4) Strategi kepemimpinan Kepala SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 02 dalam upaya meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar . Untuk dapat mendeskripsikan keempat fokus tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multikasus.Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam observasi dan studi dokumen. Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Islam Surya Buana dan SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah guru-guru direktur yayasan .Data penelitian berupa data deskriptif.. Analisis data dilakukan dua tahap yaitu (1) analisis data kasus individu dan (2) analisis data lintas kasus analisis menggunakan metode komparatif konstan yaitu membandingkan dan mempertentangkan temuan pada kedua kasus penelitian kemudian dipadukan untuk membentuk suatu kesimpulan substantif. Pengecekan keabsahan data melalui (1) triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data (2) pengecekan anggota dan (3) diskusi sejawat serta arahan dosen pembimbing. Beberapa temuan yang dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah (1) Tipe kepemimpinan kepala SDI Surya Buana dan Kepala SDN Tlogomas 02 dalam menjalankan kepemimpinan adalah demokratis religius. (2) Peran Kepala SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 02 dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar adalah sebagai (a) koordinator (b) motivator (c) penanggung jawab (d) penentu kebijakan (e) penentu tugas-tugas guru (f) supervisor (g) berkontribusi memberikan pengalaman kepada guru untuk memimpin organisasi dalam suatu kepanityaan (h) kepala sekolah memberikan kepercayaan kepada guru yang mendapat tugas sebagai ketua untuk menentukan ketua dalam kegiatan di tahun berikutnya. (3) Faktor pendukung Kepala SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 02 dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar meliputi (a)adanya motivasi dari yayasan (b) adanya motivasi dari dalam diri guru itu sendiri (c) faktor SDM sudah memenuhi kualifikasi (d) adanya sarana prasarana yang berasaldari dana pemerintah yayasan dan orang tua siswa. Faktor penghambat Kepala SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 02 dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar meliputi (a) adanya faktor penghambat yang berasal dari guru itu sendiri(kurang kemauan) (b) masih adanya peran yayasan dalam pengontrolan sekolah (c) peran kepala sekolah mandiri. (4) Strategi kepemimpinan Kepala SDI Surya Buana dan SDN Tlogomas 02 dalam upaya meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar terdiri atas (a) pelatihan (b) workshop (c) pembinaan dari yayasan (d) Pembinaan dari pengawas kepala sekolah (e) pembinaan kompetensi kepribadian (f) supervisi silang (g) studi banding (h) kerjasama dengan lembaga lain (i) memperingati hari besar agama (j) pembiasaan shalat berjamaah shalat dhuha (k) KKG (l) KKG mini melalui tutor sebaya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian peneliti dapat memberikan saran bagi (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang terkait dengan hasil penelitian dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar maka disarankan kepada kepala dinas untuk memberikan motivasi kepada guru sekolah dasar agar selalu meningkatkan kompetensinya (2) Bagi Departemen Agama Kota Malang dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk memutuskan suatu kebijakan dalam meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar di Kota Malang (3) Ketua Yayasan Bahana Cita Persada terkait dengan hasil penelitian sebagai bahan masukkan dalam memotivasi dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan para guru dalam meningkatkan kompetensinya (4) Kepala Sekolah Sekolah Dasar Islam Surya Buana dan Kepala Sekolah Dasar Negeri Tlogomas 02 Kepala sekolah perlu meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan seminar workshop promosi dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar (5) Guru seyogyanya memahami kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki sebagai pendidik dan terus berupaya untuk selalu meningkatkan kompetensinya serta perlu menjaga hubungan kerja antara teman sejawat dan dengan kepala sekolah untuk menciptakan keharmonisan (6) Untuk peneliti lain penelitian ini dapat memberikan sumbangan pengetahuan yang diharapkan dan disarankan dapat dikembangkan dalam penelitian selanjutnya dalam konteks kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru pada latar yang berbeda dan pendekatan penelitian yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57527

Actions (login required)

View Item View Item