Korelasi gaya kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan tingkat pendidikan guru dengan etos kerja guru di SMPN Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2013/2014 / Nurawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi gaya kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan tingkat pendidikan guru dengan etos kerja guru di SMPN Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2013/2014 / Nurawan

Nurawan (2014) Korelasi gaya kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan tingkat pendidikan guru dengan etos kerja guru di SMPN Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2013/2014 / Nurawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurawan 2013. Korelasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Iklim Sekolah dan Tingkat Pendidikan Guru dengan Etos Kerja Guru di SMPN Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (2) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. Kata kunci gaya kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah tingkat pendidikan etos kerja guru 12288 12288 12288 12288 Pencapaian tujuan pendidikan memerlukan tenaga kepemimpinan yang memiliki dasar-dasar kepemimpinan yang kuat dan tenaga-tenaga kependidikan yang memenuhi standar kualifikasi kependidikan serta memiliki semangat professionalisme yang tinggi. Kepemimpinan pendidikan berkaitan dengan masalah untuk meningkatkan kesempatan kepada staf dan pegawai dalam mendorong kinerja dengan menunjukkan iklim sekolah yang kondusif baik secara individu maupun kelompok untuk mengarahkan dan memotivasi diri dan pegawainya untuk meningkatkan etos kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya. 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalah dalam penelitianini adalah sebagai berikut 1) bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah tingkat pendidikan guru dan etos kerja guru 2) apakah ada korelasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan etos kerja guru 3) apakah ada korelasi iklim sekolah dengan etos kerja guru 4) apakah ada korelasi tingkat pendidikan guru dengan etos kerja guru dan 5) apakah ada korelasi bersama-sama gaya kepemimpinan iklim sekolah dan tingkat pendidikan dengan etos kerja guru. 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Kecamatan Pujut Dengan menggunakan metode penetuan sampel yaitu area sampling (Cluster Sampling) maka diambil tiga sekolah dengan populasi guru berjumlah 143 orang. Untuk menentukan sampel guru ditentukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Dari 143 orang guru jumlah sampel adalah 60 orang guru. Penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner dari data. Untuk menganalisa data dipergunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi dengan menggunakan program komputer (SPSS 16 for windows). 12288 12288 12288 Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi menunjukkan bahwa 1) Secara umum gaya kepemimpinan kepala sekolah termasuk dalam kategori baik secara umum iklim sekolah termasuk dalam kategori baik secara umum tingkat pendidikan termasuk dalam kategori baik dan secara umum etos kerja guru termasuk dalam kategori baik 2) ada korelasi yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan etos kerja guru 3) ada korelasi yang positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan etos kerja guru 4) ada korelasi yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan guru dengan etos kerja guru dan 5) ada korelasi yang positip dan signifikan secara bersama-sama antara gaya kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan tingkat pendidikan guru dengan etos kerja guru. 12288 12288 12288 Bertolak dari hasil penelitian ini ada beberapa saran dalam upaya meningkatkan etos kerja guru yang ditujukan kepada 1) berdasarkan hasil penelitian bahwa iklim sekolah di SMPN Kecamatan Pujut secara umum berada pada kategori baik. Bagi sekolah keadaan dan kondisi ini seyogyanya dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi serta mendapat perhatian karena iklim sekolah yang baik dan kondusif bagi sekolah akan menghasilkan interaksi edukatif yang efektif sehingga iklim sekolah yang kodusif dapat meningkatkan etos kerja guru. 2) berdasarkan hasil penelitian bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMPN Kecamatan Pujut pada umumnya masih berada pada kategori baik. Bagi kepala sekolah diharapkan untuk tetap mempertahankan dan memilih gaya kepemimpinan yang sesuai dan bisa diterapkan di sekolah yakni gaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas dan gaya kepemimpinan yang berorientasi pada manusia. 3) berdasarkan hasil penelitian ini bahwa tingkat pendidikan guru di SMPN Kecamatan Pujut berada pada kategori baik. Maka disaran kepada rekan-rekan guru untuk dapat meningkatkan pendidikannya agar mampu mengembangkan kualitas diri dan kemampuan profesinya dalam bekerja serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya di sekolah. Dengan demikian tingkat pendidikan seorang guru dapat meningkatkan daya saing dan memperbaiki etos kerja guru dalam sekolah. 4) kepada pihak UPTD Kecamatan Pujut hendaknya memberikan perhatian dalam hal membantu para kepala sekolah rekan-rekan guru dalam terciptanya iklim sekolah yang kondusif dan dapat meningkatkan pendidikan guru-guru untuk mencapai tujuan pendidikan secara umum serta dapat meningkatkan etos kerja guru secara khusus di SMPN Kecamatan Pujut. 5) kepada LPMP hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan penilaian dan evaluasi dalam meningkatkan etos kerja guru melalui gaya kepemimpinan kepala sekolah yang tepat dan sesuai iklim sekolah yang kodusif dan tingkat pendidikan yang tinggi. Dan 6) kepada peneliti lain di harapkan untuk menambah variabel-variabel dan metodelogi penelitian digunakan yang lebih mendalam baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat mempengaruhi etos kerja guru selain gaya kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan tingkat pendidikan guru karena masih banyak variabel lain yang dapat mempengaruhi etos kerja. Dengan demikian khasanah ilmu pengetahuan semakin diperkaya dengan fakta-fakta yang bersifat emferik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57526

Actions (login required)

View Item View Item