Rama, Datiya (2014) Manajemen kurikulum berbasis karakter keislaman (studi kasus pada SDI Surya Buana Kota Malang) / Datiya Rama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Datiya Rama. 2013. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter Keislaman Studi Kasus pada SDI Surya Buana Kota Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M. Pd. Kata kunci manajemen kurikulum berbasis karakter keislaman sekolah dasar Perkembangan masyarakat ke arah kemajuan yang lebih baik memerlukan manajemen yang sesuai dengan perkembangan zaman. Makin berkembang suatu kelompok masyarakat organisasi bangsa dan negara makin berkembang pula kebutuhan mereka terhadap manajemen yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan bersama. Manajemen kurikulurn merupakan salah satu subtansi dari sistem pendidikan. Manajemen kurikulum merupakan suatu sistem kurikulum yang berorentasi pada produktifitas dimana kurikulum tersebut berorentasi pada peserta didik kurikulum dibuat sebagaimana dapat membuat peserta didik dapat mencapai tujuan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan kurikulum berbasis karakter keislaman SDI Surya Buana Kota Malang (2) pengorganisasian kurikulum berbasis karakter keislaman SDI Surya Buana Kota Malang (3) pelaksanaan kurikulum berbasis karakter keislaman SDI Surya Buana Kota Malang (4) evaluasi kurikulum berbasis karakter keislaman SDI Surya Buana Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal dimana peneliti berusaha memahami makna peristiwa serta intraksi orang dalam situasi pada saat penelitian sehingga peneliti dapat memahami konsep-konsep dan pandangan-pandangan tentang manajemen kurikulum berbasis karakter keislaman di SDI Surya Buana Kota Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu (1) wawanara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Agar memperoleh keabsahan data dilakukan dengan dua kreteria yaitu (1) kredibilitas dan (2) dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama perencanaan kurikulum di SDI Surya Buana Kota Malang mengintegrasikan nilai-nilai karakter keislaman baik dalam kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler maupun pengembangan diri. Dalam merencanakan kurikulum SDI Surya Buana Kota Malang melalui beberapa tahapan diantaranya 1) Membuat tim penyusun draf kurikulum 2) Melaksanakan program workshop dan KKG 3) Kegiatan penyususnan draf kurikulum 4) pengesahan dari pihak Dinas pendidikan dan Yayasan 5) Pelaksanaan kurikulum. Kedua pengorganisaisan kurikulum berdasarkan pembelajaran tematik dan parsial yang diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter keislaman. Ketiga pelakasanaan kurikulum di SDI Surya Buana Kota Malang dituangkan dalam kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler dan pengembangan diri. Keempat Evaluasi kurikulum di SDI Surya Buana Kota Malang dalam mengukur keberhasilan dilakukan dengan evaluasi kurikulum tingkat kelas berupa ulangan harian ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Sedangkan untuk mengevaluasi kurikulum secara keseluruhan pihak sekolah mengidentifikasi permasalahan-permasalahan baik dari perencanaan pengoganisasian maupun pelaksanaan kurikulum selama satu tahun hal tersebut dilakukan untuk perbaikan perencanaan kurikulum pada tahun berikutnya. Berdasarkan hasil temuan dari kegiatan penelitian pembahasan dan kesimpulan dapat disampaikan beberapa saran bagi pihak yang berkepentingan diantaranya adalah 1) bagi kepala sekolah hendaknya dilakukan secara menyeluruh tidak hanya melakukan kegiatan revisi-revisi yang kurang subtansial hal ini dikarenakan kebutuhan siswa setiap waktu akan berbeda-beda tantangannya sehingga perlu adanya pengembangan yang lebih inovatif lagi. 2) bagi pendidik dalam hal ini guru baik mata pelajaran maupun ekstrakurikuler hendaknya lebih termotivasi lagi untuk belajar memahami tentang pemahaman karakter keislaman bagi pendidikan khususnya di sekolah dasar hal ini dimaksudkan agar proses pembelajaran lebih terarah dan tepat sasaran. 3) Bagi Dinas Pendidikan di Kota Malang perlu adanya dorongan yang lebih serius terhadap penanaman tentang karakter keislaman dalam kurikulum sekolah dasar terutama yang berbasis islam. 4) Bagi Direktorat Pembinaan SD Kemendikbud diharapkan dapat dijadikan pertimbangan untuk mengembangkan kurikulum berbasis keislaman yang disertai dengan kebijakan-kebijakan sehingga dapat dilaksanakan pada sekolah yang sekiranya ingin menerapkan pengembangan kurikulum tersebut. 5) Bagi peneliti lain untuk dapat dijadikan bahan perbandingan dan reverensi dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan manajemen kurikulum umumnya dan khususnya kurikulum berbasisi karakter keislaman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57524 |
Actions (login required)
View Item |