Sulaeha (2014) Kontribusi perilaku supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru pada sekolah dasar swasta di Kota Palu / Sulaeha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sulaeha. 2013. Kontribusi Perilaku Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SD Swasta di Kota Palu. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd . Kata kunci perilaku supervisi perilaku kepemimpinan kepala sekolah disiplin kerja guru. 12288 12288 12288 Guru merupakan ujung tombak peningkatan kualitas pendidikan nasional. Kondisi dewasa ini belum menunjukkan harapan yang maksimal sehingga masih diperlukan berbagai upaya dan strategi yang tepat guna meningkakan disiplin kerja guru dengan harapan akan berdampak pada peningkatan pembelajaran di kelas. Perilaku supervisi dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap disiplin kerja guru termasuk guru pada SD Swasta di Kota Palu. 12288 12288 12288 Untuk mengkaji lebih lanjut maka dirumuskan masalah sebagai berikut (1) apakah terdapat kontribusi perilaku supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru Sekolah Dasar Swasta Se-Kota Palu. (2) apakah terdapat kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin guru Sekolah Dasar Swasta Se-Kota Palu. Dan (3) apakah terdapat kontribusi perilaku supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di sekolah dasar swasta se-Kota Palu. 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Sembilan belas SD Swasta di Kota Palu dengan populasi sebesar 155 orang dan sampel 103 orang. Sampel diambil secara proportionale random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil analisis deskriptif supervisi kepala sekolah (X1) diperoleh skor rata-rata sebesar 89.16 dengan kategori tinggi sebesar 60.00% selebihnya pada kategori sangat tinggi sebesar 40.00%. (2) hasil analisis deskriptif perilaku kepemimpinan kepala sekolah diperoleh skor rata-rata sebesar 97.17 dengan kategori sangat tinggi sebesar 73.68% selebihnya pada kategori tinggi sebesar 26 32%. (3) hasil analisis deskriptif disiplin kerja guru diperoleh skor rata-rata sebesar 78.08 dengan kedudukan kategori sangat tinggi sebesar 100%. Berdasarkan hasil analisis uji regresi secara simultan (Uji F) perilaku supervisi kepala sekolah (X1) dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah (X2) secara bersama-sama tidak memberikan kontribusi terhadap disiplin kerja guru (Y) SD Swasta dikota Palu. Hal tersebut terlihat pada hasil uji F dimana nilai Fhitung Ftabel(df ) yaitu 1.431 3.070 dan hasil tersebut di penuhi pula pada nilai probabilitas signifikan yang diperoleh yaitu 0 2444 (0.05). Hasil uji koefisien determinasi dengan nilai multiple correlation coffecient (R) sebesar 0.167 dimana nilai tersebut tidak mendekati 1 (satu) lebih cenderung mendekati 0 (nol) yang berarti terdapat hubungan yang lemah antara variabel perilaku supervisi (X1) dan variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap variabel disiplin kerja guru (Y). Besarnya pengaruh perilaku supervisi dan variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap variabel disiplin kerja guru tersebut adalah sebesar 2.8% yang ditunjukkan oleh nilai multiple coefficient of determination (R2). Hasil tersebut menunjukkan bahwa perilaku supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah bukan merupakan faktor utama yang memberikan kontribusi terhadap disiplin kerja guru SD Swasta di Kota Palu. Nilai R2 memperlihatkan bahwa sebanyak 97.2% disiplin kerja guru dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar faktor supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut kiranya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki diri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembankan sehingga terjadi peningkatan profesionalisme diri sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta dijadikan bahan informasi yang berguna dalam rangka perbaikan perilaku kepemimpinan dengan menciptakan iklim sekolah yang kondusif serta pemberian kompensasi yang wajar sesuai kewenangannya sehingga para guru tetap berupaya meningkatkan disiplin kerja mereka kepada Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Palu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan serta instansi terkait lain kiranya hasil penelitian ini hendaknya dijadikan informasi untuk disikapi terhadap penilaian kinerja kepala sekolah dan perbaikan kompensasi kerja sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja guru PNS yang dipekerjakan pada sekolah swasta. Hal ini sebagai upaya peningkatan kesejahteraan sehingga disiplin kerja guru dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Perlu dilakukan penelitian lanjut terutama bagi mereka yang berminat untuk mengkaji perilaku supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah agar dapat meneliti variabel-variabel lain yang mungkin saja mempengaruhi disiplin kerja guru seperti latar belakang pendidikan tingkat pendidikan pengalaman mengikuti penataran dan pelatihan motivasi kerja iklim kerja pengalaman kerja lama kerja jenis kelamin sarana prasarana dan kondisi sosial lainnya. 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57523 |
Actions (login required)
View Item |