Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekol;ah dasar berbasis keislaman (studi kasus pada SD Muhammadiyah 9 "Panglima Sudirman' Malang) / Mahrup - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekol;ah dasar berbasis keislaman (studi kasus pada SD Muhammadiyah 9 "Panglima Sudirman' Malang) / Mahrup

Mahrup (2014) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekol;ah dasar berbasis keislaman (studi kasus pada SD Muhammadiyah 9 "Panglima Sudirman' Malang) / Mahrup. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahrup. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Berbasis Keislaman. (Studi Kasus pada SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang). Tesis Jurusan Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. A. Sonhadji K. H. M. A. Ph.D. (II) Dr. H. Imron Arifin M. Pd. Kata Kunci Kepemimpinan Mutu Sekolah Berbasis Keislaman Kepemimpinan kepala sekolah adalah segala usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi mendorong membimbing mengarahkan dan menggerakkan seluruh guru staf sekolah dan masyarakat agar dapat bekerja secara efektif dalam rangka merencanakan dan melaksanakan program-program sekolah untuk meningkatkan dan mencapai mutu pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendiskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah dasar berbasis keislaman yang berkaitan dengan (1) profil SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang sebagai sekolah berbasis keislaman (2) mutu SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang (3) strategi kepemimpinan Kepala SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang dalam menerapkan peningkatan mutu sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus dimana peneliti berusaha memahami makna peristiwa serta intraksi orang dalam situasi pada saat penelitian sehingga peneliti dapat memahami konsep-konsep dan pandangan-pandangan tentang kepemimpinana kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah dasar berbasis keislaman.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Agar memperoleh keabsahan data dilakukan dengan dua kriteria yaitu (1) kredibilitas (2) konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari profil sekolah sebagai sekolah bermutu yang berbasis keislaman memiliki penunjang pendidikan yaitu sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan jumlah peserta didik kurikulum yang diperkaya dengan pengembangan Al-Islam dan kemuhammadiyahan sistem pendidikan yang berbasis karakter Islam sistem pembelajaran integratif laboratorium dan sistem penilaian kualitatif dan kuantitatif struktur organisasi yang sederhana namun efektif sumber daya yang profesional dan pengelolaan keuangan yang tansparan adil dan penuh tanggung jawab dapat meningkatkan mutu sekolah (2) perolehan mutu sekolah yang membanggakan diimplementasikan melalui kepemimpinan yang profesional sumberdaya yang profesional berlandaskan pada manajemen yang kuat sarana prasarana yang memadai pemberdayaan partisipasi masyarakat pemberdayaan tim pengembang yaitu UMM pengelolaan dan pemberdayaan input pendidikan proses pendidikan dan output pendidikan (3) strategi kepemimpinan Kepala SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang dalam menerapkan peningkatan mutu sekolah dasar berbasis keislaman dari keempat kepala sekolah berbeda-beda namun pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu ingin meningkatkan mutu sekolah sehingga dapat diterima di masyarakat luas dan ingin menjadikan SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang menjadi sekolah yang terbaik dari sisi kualitas maupun kuantitas punya andil yang kuat baik ditingkat kecamatan kabupaten/kota provinsi dan nasional serta lulusan yang berkualitas. Implementasi atau upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam menerapkan peningkatan mutu sekolah yaitu keterbukaan atau transparansi dalam pengelolaan sekolah ditunjukkan dalam pengambilan keputusan perencanaan pelaksanaan kegiatan selalu dikordinasikan dengan warga sekolah. Penggunaan dana sekolah yang transparan terbuka dalam menerima saran kritik dan masukan dari internal maupun eksternal sekolah sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan program ke depan. Berdasarkan hasil penelitian saran-saran yang dikemukakan sebagai berikut bagi (1) Kepala Sekolah terkait dengan hasil temuan penelitian sebagai bahan masukan maka disarankan kepada kepala sekolah agar selalu meningkatkan sumber dayanya melalui jalur formal maupun non formal memiliki manajemen yang kuat dedikasi yang tinggi ide kreatif dalam inovasi pembelajaran sikap yang dapat diteladani warga sekolah dan nilai-nilai keislaman yang kuat agar dalam kepemimpinannya dapat menerapkan kepemimpinan yang profesional dalam meningkatkan mutu sekolah berbasis keislaman yang tangguh (2) Ketua Yayasan terkait dengan hasil penelitian sebagai bahan masukan bagi ketua yayasan dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan mutu institusi pendidikan yang dikelolanya maka disarankan untuk dapat memenuhi fasilitas pendidikan menempatkan seorang pemimpin sekolah yang memiliki kualifikasi ilmu yang sesuai dengan jabatannya memiliki pengalaman kepemimpinan profesional dan memiliki nilai-nilai agama agar mampu mengelola sekolah dengan baik sehingga sekolah dapat menjadi sekolah yang bermutu berbasis keislaman (3) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang terkait dengan hasil penelitian maka disarankan untuk memberikan dorongan semangat dan motivasi bagi sekolah yang belum memperoleh predikat sekolah bermutu untuk dapat memperoleh predikat sekolah bermutu. Selain itu sebagai acuan dalam mengambil suatu keputusan dan kebijakan dalam meningkatkan mutu sekolah dasar di Kota Malang (4) Kepala Kementerian Agama Kota Malang terkait dengan hasil penelitian maka disarankan dapat dijadikan dasar atau acuan dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan untuk meningkatkan kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah dasar berbasis keislaman di Kota Malang (5) peneliti lain terkait dengan hasil penelitian untuk menambah ilmu pengetahuan dan khasanah keilmuan khususnya prodi manajemen pendidikan maka disarankan kepada mereka yang berminat melakukan penelitian lanjutan dengan topik bahasan yang sama dengan objek penelitian yang berbeda maka hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57521

Actions (login required)

View Item View Item