Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pada sekolah unggul (Studi multisitus di SMA Negeri 5 Malang dan SMA Negeri 8 Malang) / Sri Setyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pada sekolah unggul (Studi multisitus di SMA Negeri 5 Malang dan SMA Negeri 8 Malang) / Sri Setyawati

Setyawati, Sri (2014) Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pada sekolah unggul (Studi multisitus di SMA Negeri 5 Malang dan SMA Negeri 8 Malang) / Sri Setyawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setyawati Sri. 2013. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah pada Sekolah Unggul (Studi Multisitus di SMA Negeri 5 Malang dan SMA Negeri 8 Ma-lang). Tesis. Program Pascasarjana Univer-sitas Negeri Malang. Pembim-bing (I) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. (II) Dr. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Kata-kata kunci Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah sekolah unggul Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pada sekolah unggul sangat akan menentukan prestasi belajar siswa. Untuk itu penelitian tentang kepemimpinan kepala sekolah ini sangat penting dilaksanakan sehingga nantinya dapat diimplementasikan pada sekolah-sekolah non unggulan lainnya. Penelitian ini difokuskan pada kepemimpinan kepala sekolah dalam mengim-plementasi pembelajaran pada sekolah unggul yang dipimpinnya baik pada tahap pe-rencanaan proses dan evaluasi. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meme-rikan dan menjelaskan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pembel-ajaran pada sekolah unggul. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) meme-rikan dan menjelaskan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pembel-ajaran pada tahap perencanaan (2) memerikan dan menjelaskan kepemimpinan ke-pala sekolah dalam implementasi pembelajaran pada tahap proses pembelajaran serta (3) memerikan dan menjelaskan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pembelajaran pada sekolah unggul pada tahap evaluasi pembelajaran. Pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus digunakan dalam pe-nelitian ini dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Situs yang menjadi lokasi pene-litian ini adalah SMA Negeri 5 Malang dan SMA Negeri 8 Malang Sumber data pe-nelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta dan (3) studi dokumentasi. Data yang dipe-roleh kemudian dianalisis melalui analisis data multisitus. Hasil temuan penelitian di-cek melalui perpanjangan kehadiran peneliti dan trianggulasi menggunakan beberapa sumber metode peneliti dan teori. Berdasarkan pada fokus penelitian paparan data dan temuan penelitian serta pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut (1) kepemim-pinan kepala sekolah dalam implementasi pembelajaran pada sekolah unggul pada tataran persiapan adalah sebagai berikut (a) kepala sekolah mendelegasikan tugas ke-pemimpinan kepada wakilnya (b) kepala sekolah memimpin penyusunan kurikulum dan perangkat pembelajaran (c) kepala sekolah mengorganisasikan pembagian jam dan jadwal mengajar (d) kepala sekolah memersiapkan kompetensi guru (e) kepala sekolah menyeleksi siswa dan guru tidak tetap (f) kepala sekolah memimpin persiap-an berbagai sarana dan prasarana pembelajaran (g) kepala sekolah menyediakan pro-gram pembelajaran khusus seperti kelas akselerasi kelas olympiade bimbingan bel-ajar pengajaran remedial dan sebagainya (2) kepemimpinan kepala sekolah pada sekolah unggul pada tataran proses (a) kepala sekolah sebagai pemimpin pembela-jaran mengkomunikasikan berbagai aspek pembelajaran (b) menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif (c) memastikan ketersediaan dan penggunaan sarana prasarana pembelajaran (d) kepala sekolah melaksanakan supervisi pembelajaran (e) mendorong para guru untuk mengembangkan diri (f) melaksanakan pembelajaran khusus (3) kepemimpinan kepala sekolah pada sekolah unggul pada tataran evaluasi pembelajaran meliputi (a) kepala sekolah memimpin penyusunan pedoman penilai-an (b) kepala sekolah memimpin pelaksanaan penilaian yang sesuai dengan prosedur (c) kepala sekolah memimpin proses pelaporan hasil belajar siswa (d) kepala sekolah memanfaatkan hasil belajar siswa untuk penilaian kinerja dan perencanaan pengembangan guru. Penelitian ini menyarankan kepada (1) Kepala Sekolah (a) mengimplementa-si hasil penelitian ini dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya sebagai kepala sekolah (b) Mengembangkan berbagai aspek kepemimpinan pembelajaran lainnya yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah yang dipimpinnya (2) Wakil Kepala Sekolah (a) membantu kepala sekolah dalam implementasi hasil pene-litian ini (b) membantu kepala sekolah dalam mengembangkan berbagai aspek kepe-mimpinan pembelajaran lainnya yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah yang dipimpinnya (3) Guru-guru (a) untuk terus meningkatkan kemampuan diri sebagai guru yang profesional sehingga dapat mendukung kepala sekolah dalam mengimplementasi kepemimpinan pembelajarannya (b) melaksanakan tugas pembel-ajaran dengan baik (4) Pengawas Pendidikan (a) melakukan kepengawasannnya dengan baik agar kepala sekolah dapat melaksanakan kepemimpinan pembelajaran dengan baik (b) melakukan supervisi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara periodik agar para guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan professional (5) Bagi kepala Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan Provinsi (a) memperhatikan kualitas seleksi pengawas kepala sekolah dan guru yang ditempatkan di sekolah unggul dengan menerapkan persyaratan yang ketat (b) Memberikan pem-bekalan yang baik kepada kepala sekolah dalam aspek kepemimpinan pembelajaran agar kepala sekolah dapat menjalankan kepemimpinan pembelajarannya dengan baik (6) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terutama Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (a) perlu mengembangkan sekolah unggul yang lebih baik dengan perhatian pada kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah (b) perlu melakukan pembinaan kepada kepala sekolah dalam aspek kepemimpinan pembelajaran untuk sekolah unggul (7) Bagi Peneliti lain (a) perlu melaksanakan penelitian yang berkaitan dengan kepemimpinan pembelajaran dengan kasus dan situs yang berbeda (b) kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam implementasi pembelajaran pada sekolah unggul perlu diteliti lain dengan metode atau pendekatan yang lain

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57519

Actions (login required)

View Item View Item