Seqyon, Yolla Anita (2014) Peran kepala sekolah dalam pembaharuan kurikulum berbasis integrated curriculum (studi multi kasus PAUD dan SD Adiwiyata dan PAUD dan SD Adibudaya di Malang) / Yolla Anita Seqyon. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini digunakan untuk menjawab daripada fokus penelitian yang diantaranya adalah (1) peran kepala sekolah dalam pembaharuan kurikulum berbasis integrated curriculum (2) proses pembaharuan kurikulum berbasis integrated curriculum dan (3) faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat beserta strategi mengatasi keberhasilan implementasi pembaharuan kurikulum berbasis integrated curriculum. Penelitian ini menggunakan rancangan desktiptif kualitatif dengan desain studi multi kasus. Data penelitian diperoleh melalui hasil wawancara observasi dan studi dokumen.Hasil penelitian di kedua sekolah adalah (1) kepala sekolah harus mampu melaksanakan dan memfokuskan ketiga peran sebagai leader motivator dan supervisor secara berkesinambungan dan sangat penting dalam menciptakan keberhasilan pembelajaran di sekolah (2) proses pembaharuan kurikulum berbasis integrated curriculum melalui 4 tahap yakni merencanakan merumuskan materi menetapkan metode dan evaluasi dan (3) adanya faktor-faktor pendukung faktor-faktor penghambat beserta strategi yang merupakan penentu keberhasilan dan implementasi pembaharuan kurikulum berbasis integrated curriculum. Kata kunci peran kepala sekolah proses pembaharuan kurikulum integrated curriculum faktor-faktor pendukung faktor-faktor penghambat dan strategi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57518 |
Actions (login required)
View Item |