Manajemen peningkatan profesionalisme guru magang di TK (studi multisitus di TK Negeri Pembina Kepanjen dan TK Negeri Pembina Bululawang) / Totok Indrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen peningkatan profesionalisme guru magang di TK (studi multisitus di TK Negeri Pembina Kepanjen dan TK Negeri Pembina Bululawang) / Totok Indrianto

Indrianto, Totok (2013) Manajemen peningkatan profesionalisme guru magang di TK (studi multisitus di TK Negeri Pembina Kepanjen dan TK Negeri Pembina Bululawang) / Totok Indrianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indrianto Totok. 2013. Manajemen Peningkatan Profesionalisme Guru magang Studi Multisitus di TK Negeri Pembina Kepanjen dan TK Negeri Pembina Bululawang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata kunci manajemen profesionalisme guru magang Guru TK yang professional sangat didambakan pada saat ini untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas. Guru TK professional yang memiliki kompetensi merupakan faktor paling penting dalam melaksanakan program pendidikan Taman kanak-kanak yang berkualitas tinggi. Banyak strategi dan cara yang telah ditempuh pemerintah untuk peningkatan profesionalisme guru Taman Kanak-kanak misalnya mengikutsertakan dalam pelatihan-pelatihan pemberian tunjangan sertifikasi dan lain sebagainya namun upaya ini belum membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari masih banyaknya guru Taman Kanak-kanak yang enggan membuat rencana kegiatan harian penilaian hasil belajar peserta didik tidak memiliki dokumen dan memberikan deskripsi laporan penilaian asal-asalan. 12288 12288 12288 12288 Pemagangan bagi guru CPNS sebelum diangkat menjadi PNS di TK Negeri Pembina Kepanjen dan TK Negeri Pembina Bululawang selama satu tahun merupakan salah satu alternatif untuk peningkatan profesionalisme guru. 113 orang guru TK CPNS ditugaskan mengikuti kegiatan magang di dua lembaga TK Negeri. 58 orang CPNS di tugaskan di TK Negeri Pembina Kepanjen dan 65 guru TK CPNS ditugaskan di TK Negeri Pembina Bululawang. Kegiatan magang inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian. Untuk optimalisasi kegiatan magang bagi 113 orang guru magang ini diperlukan manajemen yang baik. Manajemen itu meliputi empat komponen kegiatan yaitu (1) perencanaan magang (2) pengorganisasian magang (3) pelaksanaan magang dan (4) evaluasi magang. Penelitian ini bertujuan untuk memerikan dan menjelaskan (1) perencanaan peningkatan profesionalisme guru magang (2) pengorganisasian peningkatan profesionalisme guru magang (3) pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru magang dan (4) evaluasi peningkatan profesionalisme guru magang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi multisitus (multi site studies). Penelitian ini dilakukan di 2 lokasi yaitu di TK Negeri Pembina Kepanjen dan di TK Negeri Pembina Bululawang pada bulan Nopember 2009 sampai dengan Januari 2010. Data penelitian bersumber dari Kepala TK guru pendamping magang guru kelas staf tata usaha guru CPNS magang dan dokumen. Untuk menjaring data peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam angket observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data sampai terselesaikannya laporan penelitian. Analisis data terdiri dari tiga langkah yaitu pengecekan (cheking) pengorganisasian (organizing) dan memberi kode data (coding). Sedangkan proses analisa data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi display data dan verivikasi data. Selanjutnya adalah penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa Manajemen peningkatan profesionalisme guru di TK Negeri Pembina Kepanjen dan Kepala TK Negeri Pembina Bululawang telah diterapkan sesuai dengan perencanaan. Manajemen Peningkatan profesionalisme guru magang itu meliputi (1) Perencanaan magang dengan kegiatan (a) pembagian kelompok-kelompok guru magang menjadi 6 kelompok (b) menyusun dan menentukan waktu pelaksanaan magang (c) menyusun materi magang (d) menentukan tempat magang (e) menentukan guru pendamping magang dan (f) menyusun rencana supervise (2) Pengorganisasian magang dengan kegiatan (a) pembagian tugas masa orientasi (b) pembagian tugas praktik mengajar dan (c) pembagian tugas penilaian. (3) Pelaksanaan magang dengan kegiatan (a) menyusun perencanaan pembelajaran (b) melaksanakan proses pembelajaran dan (c) penilaian hasil belajar pesertadidik. 12288 12288 12288 12288 Untuk mengukur keberhasilan magang dilakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan terhadap tiga kegiatan yaitu (1) evaluasi terhadap perencanaan peningkatan profesionalisme guru magang (2) evaluasi pengorganisasian peningkatan profesionalisme guru magang dan (3) evaluasi terhadap pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru magang. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Manajemen Peningkatan Profesionalisme Guru Magang di TK Negeri Pembina Kepanjen dan di TK Negeri Pembiba Bululawang dapat diterapkan sesuai yang direncanakan. Pelaksanaan peningkatan profesionalisme gutu magang di TK Negeri Pembina Kepanjen dan di TK Negeri Pembina Bululawang telah dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan guru dalam merencanakan pembelajaran meliputi kegiatan penyusunan silabus penyusunan program semester penyusunan rencana kegiatan bulanan penyusunan rencana kegiatan mingguan (RKM) dan penyusunan rencana kegiatan harian (RKH). Dalam kegiatan proses pembelajaran para guru magang telah mampu mengelola kelas melayani peserta didik dengan sabar dan mendidik serta mampu mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan interaktif inspiratif memotivasi dan menantang. Dalam kegiatan penilaian pembelajaran para guru magang telah mampu melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa sistem pemagangan dapat meningkatkan profesionalisme guru TK CPNS di TK Negeri Pembina Kepanjen dan di TK Negeri Pembina Bululawang. 12288 12288 12288 12288 Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang diajukan dan diperkirakan bisa meningkatkan profesionisme guru adalah (1) kepala TK selalu menerapkan fungsi manajemen dalam setiap kegiatannya (2) kepala TK menerapkan sistem magang bagi guru baru dan (3) kepala dinas pendidikan kabupaten/ kota menerapkan sistem magang satu tahun sebelum CPNS diangkat PNS dalam jabatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57514

Actions (login required)

View Item View Item