Manajemen program akselerasi pada Pendidikan Dasar (Studi multi kasus pada SD Laboratorium UM dan SMP Negeri 1 Malang) / Aisyah Amin

Amin, Aisyah (2013) Manajemen program akselerasi pada Pendidikan Dasar (Studi multi kasus pada SD Laboratorium UM dan SMP Negeri 1 Malang) / Aisyah Amin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amin, Aisyah. 2013. Manajemen Program Akselerasi pada Pendidikan Dasar Studi Multi Kasus pada SD Laboratorium UM dan SMP Negeri 1 Malang. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr.H.Ibrahim Bafadal, M.Pd., (II) Dr.H. Imron Arifin, M.Pd. Kata kunci: manajemen pendidikan, program akselerasi, pendidikan dasar     Tujuan dari Pendidikan adalah mengembangkan potensi peserta didik secara utuh dan optimal dimana pengembangan potensinya memerlukan strategi yang sistematis dan terarah. Karenanya dengan melalui penyelenggaraan pendidikan khusus, bagi mereka yang memiliki kecerdasan istimewa, maka potensi-potensi yang belum dikembangkan secara optimal akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan tujuan pendidikan.     Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pemerintah Indonesia telah memberikan payung hukum yang kuat dalam hal memberi pelayanan pendidikan bagi anak yang memilki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Oleh karena itu sekolah yang memiliki nilai plus seyogyanya harus berinisiatif menyelenggarakan program akselerasi. Dalam hal penyelenggaraan program akselerasi ada dua sekolah yang telah memiliki program akselerasi yaitu SD Laboraturium UM dan SMPN 1 Malang.     Fokus Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan program akselerasi, pengorganisasian program akselerasi, pelaksanaan program akselerasi, dan evaluasi program akselerasi di SDLaboraturium UM dan SMPN 1 Malang.     Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data adalah (1) wawancara mendalam, (2) peran serta dalam observasi, (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianaliasa secara diskriptif. Untuk teknik analisis adalah dengan cara: (1) reduksi data, (2) paparan data, (3) penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data dilakukan dengan cara: (1) observasi terus menerus, (2) trian.gulasi, dan (3) pengecekan anggot     Dari hasil analisis diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: (1) Dalam perencanaan program akselerasi yang ada di SD Laboratorium UM atau di SMPN 1 pada dasarnya melalui gagasan awal, kalau di SD Laboraturium UM gagasan utama dilontarkan oleh kepala sekolah sedang kalau SMPN berdasarkan surat dari pusat kemudian mengajukan proposal kemudian turunlah SK tentang penyelenggaraan akselerasi. Dalam perencanaan tidak bisa dilepaskan dari faktor utama dan tujuan apa yang ingin dicapai dengan adanya program akselerasi. (2) Pengorganisasian yang ada di SMPN 1 sesuai dengan petunjuk yang dikeluarkan oleh Direktorat PLS tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan untuk peserta Didik berkecerdasan Istimewa, sedangkan SD Laboratorium melaksankan sesuai dengan aturan penyelenggaraan pendidikan yang memiliki citra keunikan tersendiri. (3) Pelaksanaan program akselerasi sama-sama menggunakan moving class bedanya kalau di SD Laboraturium UM menggunakan percepatan secara alamiah tergantung kepada masing-masing peserta didik, sedangkan kalau di SMPN 1 dengan menggunakan pemampatan materi. Dalam pemampatan materi ini tentunya dengan menggunakan berbagai model pembelajarn. (4) Dalam evaluasi program akselerasi maka ada evaluasi terhadap siswa sebagai input, dengan menggunakan evaluasi yang telah ditentukan tentunya terkait dengan hasil penilaian, tentunya mengacu pada penilaian sekolah, daerah dan pemerintah. Sedangkan evaluasi terhadap program bisa dilakukan oleh pemerintah pusat, propinsi dan daerah melalui instrumen atau angket, tentunya ini berlaku bagi sekolah negeri. Sedangkan untuk SD Laboratorium UM dilakukan secara mandiri tentunya terkait dengan UM selaku UPT yang memilki kebijakan dan keberlangsungan tentang pendidikan.          Berdasarkan temuan-temuan penelitian ini disarankan agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai: (1) gambaran yang jelas bagi sekolah yang memilki program akselerasi didalam pengambilan kebijakan yang terkait dengan program akselerasi (2) masuakan bagi para Kepala sekolah dan para guru, agar dapat dijadikan salah satu sumber informasi dalam mengevaluasi kinerja sekolah dalam membuat dan merumuskan keputusan tentang program akselerasi masukan (3) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, untuk melihat kinerja sekolah yang memiliki program akselerasi (4) acuan bagi peneliti lain, hasil penelitian ini berguna sebagai salah satu rujukan dan usulan untuk melakukan sebuah penelitian yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57512

Actions (login required)

View Item View Item