Manajemen pendidikan pesantren tradisional dan pesantren modern (Studi multi kasus Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan dan Pesantren Al-Amin Prenduan Sumenep Madura) / Faishal Baidlawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pendidikan pesantren tradisional dan pesantren modern (Studi multi kasus Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan dan Pesantren Al-Amin Prenduan Sumenep Madura) / Faishal Baidlawi

Baidlawi, Faishal (2013) Manajemen pendidikan pesantren tradisional dan pesantren modern (Studi multi kasus Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan dan Pesantren Al-Amin Prenduan Sumenep Madura) / Faishal Baidlawi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen pendidikan pesantren tradisional pesantren modern. Pada awal-awal pendidikan yang diselenggarakan di pesantren satu sama lainnya memiliki corak kesamaan sebab diantara pesantren mempunyai hubungan hirarki keilmuan dan tradisi yang tersambung pada pendiri pertama pesantren. Adanya kesamaan corak ini berjalan sampai datangnya kolonial Belanda membawa sistem persekolahan dalam dunia pendidikan. Kalangan pesantren memberikan respon yang beragam terhadap modernisasi pendidikan tersebut ada yang responsif dan apatis. Kalangan apatis menolak dan mempertahankan model pendidikan yang sudah ada sedangkan yang responsif mengadopsi dan mengadaptasikan dengan dunia kepesantrenan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara konfrehensif tentang manajemen pendidikan pesantren tradisional dan pesantren modern yaitu di Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Palengan Pamekasan dan Pesantren Al-Amin Prenduan Sumenep Madura. Dalam pelaksanaannya penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian studi multi kasus dan menggunakan metode komparatif konstan. Dalam hal ini peneliti sebagai instrumen utama dengan mengunakan teknik pengumpulan data melalui (1) observasi atau pengamatan (2) interview dan (3) dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan (1) uji kredibilitas yang menggunakan teknik trianggulasi pengecekan anggota dan pendapat ahli (2) dependebilitas dan (3) konfirmabilitas. Teknik analisis datanya menggunakan analisis kasus tunggal dan analisis data lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen di pesantren modern telah dilakukan secara transparan akuntabel pola kerja kiai asatidz dan santri diatur dalam mikanisme yang telah ditetapkan oleh majlis tertinggi lembaga sudah menjadi milik umat Islam. Sedangkan manajemen di pondok pesantren tradisional yang klasifikasinya termasuk pesantren besar pada prinsipnya sudah menjalankan kaidah-kaidah kemanajemenan pendelegasian wewenang dari kiai kepada santri-santri senior terlaksana walaupun di sini masih ada hak veto kiai dan lembaga merupakan hak milik pribadi kiai. Terkait dengan manajemen pendidikan yang meliputi enam aspeknya baik Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata ataupun Pesantren Al-Amin Prenduan pada dasarnya sama-sama menjalankan langkah-langkah perencanaan peorganisaian pengerahan dan pengawasan di keenam aspek manajemen pendidikan tersebut. Namun yang membedakan keduanya adalah Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata melaksanakan manajemen pendidikan secara sederhana sedangkan Pesantren Al-Amin Prenduan melaksanakan manajemen pendidikan secara holistik sebagaimana lazimnya lembaga-lembaga pendidikan modern. Hal yang sangat membedakan diantara keduanya adalah tujuan pendidikan yang ingin dicapai pesantren tradisional bertujuan untuk mencetak santri yang tafaqquh fi al-dien bermanfaat bagi umat dan penguasaan kitab-kitab salaf (kitab kuning) menjadi standarnya. Sedangkan pesantren modern bertujuan untuk mencetak santri yang paham agama mengamalkan dan menjadi pemimpin umat di segala aspek kehidupan dengan tidak memasukkan penguasaan kitab-kitab salaf (kitab kuning) menjadi standarnya. Dengan demikian pesantren tradisional bukannya tidak bersentuhan sama sekali dengan manajemen melainkan telah mengadopsi walaupun secara sederhana. Sebab disana sudah ada proses kerjasama untuk mencapai keinginan belajar baik kiai santri dan wali. Bagi pesantren baik pesantren tradisional maupun pesantren modern hendaknya terus meningkatkan kwalitas pendidikannya sehingga menjadi jujukan wali santri untuk mempercayakan pendidikan putra-putrinya di dunia pendidikan pesantren. Bagi pihak lain untuk terus memberikan dukungan bagi pendidikan pesantren agar pendidikan pesantren kedepannya menjadi pendidikan yang bisa mewarnai di semua aspek kehidupan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57510

Actions (login required)

View Item View Item