Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, iklim organisasi, dan motivasi kerja dengan kinerja guru pada MAN di Kabupaten Tulungagung / Wahyudiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, iklim organisasi, dan motivasi kerja dengan kinerja guru pada MAN di Kabupaten Tulungagung / Wahyudiono

Wahyudiono (2013) Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, iklim organisasi, dan motivasi kerja dengan kinerja guru pada MAN di Kabupaten Tulungagung / Wahyudiono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya sekolah iklim organisasi motivasi kerja kinerja guru Kinerja guru merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan sekolah. Kinerja guru mencerminkan tingkat produktivitas sekolah sebagai suatu organisasi yang efektif dan efisien. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja dan iklim organisasi merupakan faktor ekternal yang memberikan kontribusi terhadap keberhasilan kinerja guru sedangkan faktor internal yang ikut berpengaruh antara lain adalah motivasi kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi-kondisi data variabel penelitian dan untuk menemukan bukti empirik tentang ada tidaknya hubungan langsung dan tidak langsung yang signifikan antara gaya kepemimpian budaya sekolah iklim organisasi motivasi kerja dan kinerja guru pada MAN di KabupatenTulungagung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan survey. Sampel penelitian diambil 122 guru dari populasi sebesar 178 guru MAN di Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Semua data penelitian dikumpulkan melalui instrumen angket yang telah terbukti memilki tingkat validitas dan reliabilitas yang dipersyaratkan. Setelah data terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Adapun penghitungannya dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16.00 for Windows Release. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan standar yang digunakan bahwa variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah iklim organisai dalam kategori baik variabel budaya sekolah dan kinerja guru dalam kategori yang cukup baik sedangkan untuk variabel motivasi kerja berada pada kategori yang tinggi. Adapun hasil analisis dan pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan dengan budaya sekolah (2) terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan dengan iklim organisasi (3) terdapat hubungan tidak langsung antara gaya kepemimpinan dengan iklim organisasi melalui budaya sekolah (4) terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan dengan motivasi kerja (5) terdapat hubungan tidak langsung antara gaya kepemimpinan dengan motivasi kerja melalui budaya sekolah (6) terdapat hubungan tidak langsung antara gaya kepemimpinan dengan motivasi kerja melalui iklim organisasi (7) terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan dengan kinerja guru (8) terdapat hubungan tidak langsung antara gaya kepemimpinan dengan kinerja guru melalui budaya sekolah (9) terdapat hubungan secara tidak langsung antara gaya kepemimpinan dengan kinerja guru melalui iklim organisasi (10) terdapat hubungan tidak langsung antara gaya kepemimpinan dengan kinerja guru melalui motivasi kerja (11) terdapat hubungan langsung antara budaya sekolah dengan iklim organisasi (12) terdapat hubungan langsung antara budaya sekolah dengan motivasi kerja (13) terdapat hubungan tidak langsung antara budaya sekolah dengan motivasi kerja melalui iklim organisasi (14) terdapat hubungan langsung antara budaya sekolahdengan kinerja guru (15) terdapat hubungan tidak langsung antara budaya kerja dengan kinerja guru melalui iklim organisasi (16) terdapat hubungan tidak langsung antara budaya sekolah dengan kinerja guru melalui motivasi kerja (17) terdapat hubungan langsung antara iklim organisasi dengan motivasi kerja (18) terdapat hubungan langsung antara iklim organisasi dengan kinerja guru (19) terdapat hubungan tidak langsung antara iklim organisasi dengan kinerja guru melalui motivasi kerja dan (20) terdapat hubungan langsung antara motivasi kerja dengan kinerja guru. Berdasarkan temuan penelitian sebagaimana diungkapkan di atas diberikan saran sebagai berikut (1) bagi kemenag kabupaten tulungagung dalam upaya untuk membina dan meningkatkan kinerja guru hendaknya mengadakan program pembinaan peningkatan kualitas mengajar guru dalam menciptakan budaya sekolah dan iklim organisasi yang kondusif dan kompetitif (2) bagi kepala sekolah perlu meningkatkan kemampuan untuk menentukan strategi di dalam menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat dengan jalan mengikuti pelatihan pengkajian maupun diskusi antar kepala sekolah yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan dan menajemen sekolah (3) para guru supaya tetap mempertahankan dan meningkatkan motivasi kerja yang tinggi dengan jalan mengikuti seminar pendidikan diklat workshop dll. yang bisa untuk meningkatkan motivasi kerja dalam proses pembelajaran di kelas (4) bagi peneliti dan pengembang ilmu manajemen pendidikan hasil penelitian ini adalah sebagai recomendasi dalam mengadakan pengkajian dan penelitian lebih lanjut khususnya yang berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57505

Actions (login required)

View Item View Item