Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Wlingi 03 Kabupaten Blitar / Akbar Resi Wiyatma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Wlingi 03 Kabupaten Blitar / Akbar Resi Wiyatma

Wiyatma, Akbar Resi (2015) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Wlingi 03 Kabupaten Blitar / Akbar Resi Wiyatma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiyatma Akbar Resi. 2015. Penerapan ModelPembelajaran Problem Based Learning (PBL) untukMingkatkanAktifitasdanHasilBelajarSiswadalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Wlingi 03KabupatenBlitar. Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus JE Toenlioe M.Pd (II) SaidahUlfa S.T M.Edu Ph.D Kata Kunci ModelpembelajaranProblem Based Learning (PPL) aktifitasbelajar hasilbelajar. Dalampembelajaran IPA SDN Wlingi 3 masihadabeberapakendala.Masihterpusatnyapembelajaranpada guru danbelumaktifnyasiswadalampembelajranmenjadikendala yang harusdiperbaiki.Berdasarkanhasilwawancara yang dilakukantanggal 15 januari 2015ditemukanbahwapembelajaran yang dilakukan guru masihbersifatklasikaldimanabukuteksdan guru sebagaisumberbelajar. Padapembelajaranklasikalsiswadapatmengikutipembelajaran IPA denganbaik siswamampumemahamiapa yang disampaikanoleh guru. Hasilbelajarsiswajugacukupbaik namunpadapembelajaranklasikaliniketikasiswadihadapkanpadapermasalahan yang nyatasiswatidakbisamenghadapinya.Siswatidakbisamengahadapipermasalahan yang nyatakarenahanyaaktifmenerimainformasidari guru danbukutekssaja.Sehinggasiswatidakmengetahuipermasalahan yang nyatadisekitarnyakarenainformasi yang didapatberasaldari guru danbukutekssaja.Untukmencapaipengembangandirisiswa yang optimal dalampembelajaran IPA perlunyamenggunakan modelpembelajaran yang cocokseperti model pembelajaranProblem Based Learning . Penerapan modelpembelajaranProblem Based Learning (PBL) dengan 8 tahapanpembelajaran PBL yang di ungkapkanolehWena (2010 94) 1) menemukanmasalah 2) mendefiniskanmasalah 3) MengumpulkanFakta 4) menyusunhipotesis 5) melakukanpenyelidikan 6) menyempurnakanpermasalahan yang telahdidefinisikan 7) menyimpulkan alternative pemecahanmasalahsecarakolaboratif 8) melakukanpengujianhasilsolusipemecahanmasa-lah.Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) atauClassroom Action Ressearch. PengertianpenelitiantindakankelasmenurutWardoyo (2013) adalah PTK secarasederhanadapatdiartikansebagaipenelitian yang dilakukan di kelas. Hasilpenelitianmenunjukanbahwaaktivitasbelajarsiswameningkatdarisiklus I dansiklus II.Presentaseaktivitasbelajarsiswapadasiklus I 87 41%danpadasiklus II aktivitasbelajarsiswamenigkat 2 14% atausebanyak 89 61% dengankategorikeaktifansiswabelajarbaik. Sedangkanketuntasanhasilbelajarsiswapadasiklus I dansiklus II jugamengalamipeningkatansebesar 13 3% yaitudari86 67%menjadi 100%. Adapunkesimpulan yang diperolehyaitu PenerapanmetodepembelajaranProblem Based Learning (PBL)dalammatapelajaran IPAdapatmeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelas IV SDN Wlingi 03 KabupatenBlitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item