Hubungan motivasi kerja, keaktifan mengikuti kegiatan prganisasi, dan kompetensi guru dengan kinerja guru di Yayasan Persekolahan Bina Wirawan Marsudi Siei - Malang / Sofia Peridi Babe - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi kerja, keaktifan mengikuti kegiatan prganisasi, dan kompetensi guru dengan kinerja guru di Yayasan Persekolahan Bina Wirawan Marsudi Siei - Malang / Sofia Peridi Babe

Babe, Sofia Peridi (2013) Hubungan motivasi kerja, keaktifan mengikuti kegiatan prganisasi, dan kompetensi guru dengan kinerja guru di Yayasan Persekolahan Bina Wirawan Marsudi Siei - Malang / Sofia Peridi Babe. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Babe Sofia Peridi. 2013.Hubungan Motivasi Kerja Keaktifan Mengikuti Kegiatan Organisasi dan kompetensi Guru dengan Kinerja Guru di Yayasan Persekolahan Bina Wirawan Marsudi Siwi Malang. Tesis. Program studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Dr. Kusmintardjo M.Pd. Kata Kunci motivasi kerja keaktifan mengikuti kegiatan organisasi kompetensi guru kinerja guru. Kinerja guru merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan sekolah. Hasil kinerja guru mencerminkan tingkat produktivitas sekolah sebagai suatu organisasi yang efektif dan efisien. Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan mengikuti kegiatan organisasi merupakan faktor eksternal yang memberikan kontribusi terhadap keberhasilan kinerja guru sedangkan faktor internal yang ikut berpengaruh antara lain adalah semangat kerja dan motivasi kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hubungan langsung yang signifikan antara motivasi kerja guru (2) keaktifan mengikuti kegiatan organisasi (3) kompetensi guru dengan kinerja guru (4) memperoleh gambaran hubungan langsung antara motivasi kerja guru (5) keaktifan mengikuti kegiatan organisasi (6) kompetensi guru dengan kinerja guru (7) memperoleh gambaran hubungan tidak langsung yang signifikan antara motivasi kerja guru (8) keaktifan mengikuti kegiatan organisasi (9) kompetensi guru dengan kinerja guru di Yayasan Persekolahan Bina Wirawan Marsudi Siwi Malang. Penelitian ini didasarkan pada model desain survey deskriptif yang bersifat korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path Analysis). Subyek yang dijadikan populasi adalah para guru Yayasan Persekolahan Bina Wirawan Marsudi Siwi Malang yang berjumlah 125 orang. Dari populasi tersebut kemudian ditentukan sampel sebanyak 116 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan empat jenis angket selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis jalur. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa (1) motivasi kerja keaktifan mengikuti kegiatan organisasi kompetensi guru dan kinerja guru dapat dikatakan tinggi. (2) Ada hubungan langsung antara motivasi kerja dengan kinerja guru sangat tinggi. (3) Ada hubungan langsung antara keaktifan mengikuti kegiatan organisasi dengan kinerja guru termasuk dalam kategori sangat tinggi. (4) Ada hubungan langsung antara kompetensi guru dengan kinerja guru. (5) Ada hubungan langsung antara motivasi kerja dengan kompetensi guru (6) Ada hubungan langsung antara keaktifan mengikuti kegiatan organisasi dengan kinerja guru. (7) Ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru melalui kompetensi guru. (8) Ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan organisasi dengan kinerja guru melalui kompetensi guru. (9) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja keaktifan mengikuti kegiatan organisasi dan kompetensi guru dengan kinerja guru. Berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian dikemukakan beberapa saran (1) Bagi Dinas Pendidikan Kota Malang dapat memberikan masukan bagi pemerintah daerah dinas pendidikan dalam rangka membina mengawasi jalannya roda pendidikan di daerahnya agar lebih efektif sesuai tujuan yang diharapkan. (2) Bagi Yayasan (a) dapat memberikan masukan dalam pengambilan keputusan dalam rangka upaya mencari bentuk pengembangan pendidikan dan keefektifan kegiatan evaluasi terpadu selanjutnya. (b) dapat memberikan masukan bagi Yayasan pendidikan lainnya yang belum melakukan kegiatan evaluasi terpadu guna memberikan inspirasi inovasi dalam rangka keefektifan kegiatan pendidikan. (c) dapat dijadikan referensi penting dalam menetapkan kebijakan bagi guru/karyawan dalam pelaksanaan kinerja. (3) bagi sekolah dapat bermanfaat pada proses pengembangan Ilmu pengetahuan baru bagi para guru Yayasan Persekolahan Bina Wirawan Marsudi Siwi Malang. (4) Bagi Peneliti lain dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi kegiatan peneliti dalam melakukan penelitian-penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57493

Actions (login required)

View Item View Item